Pikiran Rakyat Online

   

 
Sopir Truks Boks "Nagreg" Jadi Tersangka
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   20:13)

SOREANG, (PRLM).- Supir truk boks Mitsubishi bernopol B 9308 SI berinisial J (28) warga Desa Mulyoharjo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang ditetapkan menjadi tersangka terkait kecelakaan lalu lintas di Tanjakan Nagreg, Kamis (19/5) lalu.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan satu orang tewas dan 15 orang lainnya mengalami luka ringan. J (28), dinilai lalai dalam mengendarai truks boks bermuatan minyak goreng kemasan hingga menyebabkan korban jiwa. Ia terancam kurungan penjara maksimal 6 tahun penjara.

read more


 
Tim Arcamanik Pemkab Bandung akan ke Depdagri dan Depkeu
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   20:05)

SOREANG, (PRLM).- Tim kecil penanganan sengketa lahan Arcamanik Kabupaten Bandung bersama Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Bandung akan mengagendakan khusus untuk datang ke Kementerian Dalam Negeri (Depdagri) serta Departemen Keuangan (Depkeu).

Tim tersebut bermaksud menanyakan perihal prosedur yang tepat untuk mekanisme pos penggantian yang seharusnya dilakukan Provinsi Jawa Barat. Penempatan pos yang salah, nantinya akan berakibat pada penemuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

read more


 
Kongres PSSI 2011 Kembali Berjalan Alot
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   19:58)

JAKARTA, (PRLM).- Setelah diskors kurang lebih satu jam, Kongres PSSI yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (20/5) kembali berjalan alot.

Peserta kembali banyak melakukan interupsi untuk menuntut Komite Normalisasi memberikan kesempatan pada komite banding mempersentasikan alasan mengapa George Toisutta dan Arifin Panigoro tidak masuk ke dalam bursa calon ketua umum dan wakil ketua umum.

read more


 
Kompetisi Politik Bakal Sengit Dengan Banyak Capres pada 2012
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   19:56)

JAKARTA, (PRLM).- Meski pelaksanaan pemilu 2014 lama, namun kondisi politik di Indonesia terus mengalami kompetisi sengit sehingga deklarasi bakal calon presiden pun kemungkinan mulai bermunculan pada tahun 2012.

Demikian diungkapkan pakar komunikasi dan ekonomi Firmanzah pada acara pelantikan Pengurus Media Center dan Diskusi Terbuka "Peran Media Center Dalam Pencitraan Partai Politik" di Kantor DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Jln. Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (20/5).

read more


 
Projek Perbaikan Jalan di Kab.Bandung Akan Mulai Pertengahan Juni
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   19:43)

SOREANG,(PRLM).-Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Kab. Bandung akan mulai pekerjaan pemeliharaan jalan dengan anggaran Rp 10 miliar pada pertengahan Juni mendatang. Sedangkan projek peningkatan jalan dengan aspal hotmix maupun beton rigid akan dimulai pada awal Juli 2011.

read more


 
Pameran Batik Klasik Jawa Barat
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   19:34)
ADE BAYU INDRA/"PRLM"
Fotografer: 
ade bayu 1

 
Pemilik Tanah Minta Lahan yang Ditempati Gedung PLTU DIbebaskan
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   19:25)

SUKABUMI, (PRLM).- H. Ucok Haris Maulana Yusuf, S.H., M.M., selaku kuasa Ny. Tuniah, pemilik lahan Hak Guna Bangunan (HGB) 7 di lokasi projek PLTU Palabuhanratu, Ds. Citarik, Kec. Palabuhanratu, menuntut kepada PLN PLTU Palabuhanratu untuk membebaskan lahan HGB 7 seluas 2,8 hektare. Sebab, di lahan HGB 7 itu kini sudah dibangun gedung PLTU.

“Dikarenakan di tanah HGB 7 kini sudah dibangun gedung PLTU, sehingga kami menuntut supaya PLN PLTU Palabuhanratu secepatnya membebaskan lahan kami tersebut,” kata H. Ucok ketika ditemui di rumahnya di Ds. Cidadap, Kec. Simpenan, Jumat (20/5).

read more


 
Sistim Pendidikan Nasional Mulai Dimasuki Kurikulum Asing
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   19:16)

BANDUNG,(PRLM).-Sistem pendidikan Indonesia kini tidak hanya mengantarkan pada era liberalisasi ekonomi melainkan juga liberalisasi ideologi. Kurikulum pendidikan Indonesia pun mulai dimasuki kurikulum pendidikan asing yang tidak membawa nilai moral.

read more


 
Anang dan Ashanty Jadi Duta Volly
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   19:07)
DOK. "PRLM"

JAKARTA, (PRLM),- Pasangan penyanyi Anang Hermansyah dan Ashanty dinobatkan sebagai duta volly dalam acara perebutan gelar tim bola volly terbaik tanah air 2011.

Secara kebetulan sekali Anang sejak dulu sudah senang berolahraga volly bersama anak-anak dekat rumahnya .Jadi ketika dirinya dinobatkan sebagaoi duta volly tentunya diterima dengan senang hati

read more


 
Iwan Sulandjana Akan Maju Dalam Pemilihan Ketua DPD PD Jabar 2011-2915
(Pikiran Rakyat Online, 20 May 2011   18:54)

BANDUNG, (PRLM).-Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jawa Barat Iwan Sulandjana menyatakan diri akan maju dalam bursa pemilihan Ketua DPD PD Jabar periode 2011-2015, yang digelar saat Musda DPD PD Jabar, bulan mendatang. Hal itu diungkapkan Iwan, usai peluncuran program pembinaan sepakbola usia dini "Tunas Garuda" di Stadion Persib, Kota Bandung, Jumat (20/5) siang.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Agum: Kongres Dipastikan tanpa George dan Arifin
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   20:11)

JAKARTA, (PRLM).- Kongres pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif (exco) periode 2011-2015 yang akan berlangsung hari ini, Jumat (20/5), di Hotel Sultan Jakarta, dipastikan akan berjalan tanpa George Toisutta dan Arifin Panigoro.

Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar menegaskan hal tersebut. Dia berpatokan pada tiga keputusan FIFA tertanggal 4, 21 April dan 6 Mei lalu. Dimana FIFA melarang kedua nama tersebut untuk maju dalam bursa Ketua Umum dan Calon Ketua Umum PSSI.

read more


 
1.371 Warga Cimahi Manfaatkan Layanan Akte Kelahiran Massal
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   19:58)

CIMAHI, (PRLM).- Kesadaran warga kota Cimahi dalam membuat akta kelahiran semakin meningkat. Hal ini terbukti dalam membludaknya jumlah pemohon sampai 1.371 orang, dalam program pembuatan akta kelahiran massal di empat kelurahan se-Kota Cimahi.

read more


 
APEC Didesak Kurangi Hambatan Perdagangan
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   19:47)

MONTANA, (PRLM).- Para pejabat tertinggi perdagangan Asia-Pasifik sedang didesak untuk berbuat lebih banyak untuk menghapuskan perintang perdagangan dalam pertemuan di negara bagian Montana, Amerika Serikat.

Menteri Perniagaan Amerika Gary Locke mengatakan pada Rabu (18/5), seperti dikutip VOA, Kamis (19/5), bahwa perintang demikian menghambat perusahaan-perusahaan Amerika berdagang lebih banyak di Asia.

read more


 
Sekolah Keluhkan Tagihan SIAP Online
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   19:39)

BEKASI, (PRLM).- Implementasi program Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) Online di Kota Bekasi tidak berjalan optimal. Sejumlah sekolah yang tidak siap mengimplementasikan program yang dikerjasamakan Dinas Pendidikan Kota Bekasi dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. tersebut pun akhirnya mengeluhkan iuran yang terus ditagihkan setiap bulannya.

read more


 
BKC Pertanyakan Penurunan Anggaran Pembinaan Cabor dari Pemkot Tasikmalaya
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   19:26)
NOVIANTI/"PRLM"

TASIKMALAYA, (PRLM).- Ratusan anggota Bandung Karate Club (BKC) Kota Tasikmalaya berunjuk rasa mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya, Jln RE Martadinata, Kamis (19/5). Mereka mempertanyakan penurunan anggaran pembinaan cabang olah raga dari pemerintah Kota Tasikmalaya terhadap 50 cabang olah raga yang bernaung dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tasikmalaya pada tahun 2011 ini.

read more


 
Polsek Palabuhanratu Usut Kasus Trafficking Sejumlah ABG
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   19:12)

PALABUHANRATU, (PRLM).- Polsek Palabuhanratu tengah mengembangkan kasus trafficking (perdagangan manusia) sejumlah anak baru gede (ABG) warga Palabuhanratu yang diduga dipekerjakan di tempat prostitusi di Maluku Tenggara. Pengembangan kasus trafficking tersebut, menyusul tertangkapnya dua tersangka yang akan memberangkatkan tiga orang korban warga Palabuhanratu, Jumat (13/5) lalu. Kedua tersangka, yakni Bb (41) warga Kel/Kec. Palabuhanratu dan RN (25) warga Maluku yang kelahiran Kp. Cipatuguran, Kel/Kec. Palabuhanratu.

read more


 
Astronot Memasang Magnet Besar di Stasiun Ruang Angkasa
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   18:57)

WASHINGTON DC, (PRLM).- Para astronot pesawat ulang-alik Endeavour berhasil menuntaskan misi pertamanya bergabung dengan stasiun antariksa internasional (ISS) yang berada di orbit bumi.

Kamis (16/5) lalu, dua kru berhasil mengangkat detektor sinar kosmik dari Endeavour, untuk dipasang di ISS. Spektrometer magnetik Alpha seharga $2 miliar ini dibawa pesawat ulang-alik Endeavour.

read more


 
Pemakai Ganja 1 Gram pun Tetap Harus Dihukum
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   18:48)

BANDUNG, (PRLM).- Anggota DPR-RI, Ustaz Ma’mur Hasanuddin, menilai Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar, sedang mengigau ketika mengeluarkan keputusan orang yang kedapatan membawa ganja di bawah 1 gram tidak akan masuk penjara. Bahkan dengan alasan penjara akan penuh jika hukum tetap di tegakkan akibat ganja ini, semakin terlihat bahwa menteri satu ini sedang kehilangan kesadaran.

read more


 
Petani Karawang Waspada Ancaman Kekeringan
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   18:35)

KARAWANG, (PRLM).- Meski curah hujan masih turun, namun petani di Kabupaten Karawang tetap harus waspada terhadap prediksi kekeringan dan kekurangan air yang akan terjadi. Pasalnya, hingga saat ini, Tinggi Muka Air (TMA) Waduk Jatiluhur yang menjadi sumber air irigasi pertanian di Karawang masih berada dibawah normal.

"Memang hujan masih sering turun, namun itu tidak menambah TMA di Waduk Jatiluhur. Oleh karena itu, kami masih tetap mengingatkan petani untuk waspada ancaman kekurangan air," ucap Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Karawang, Ndjam Djamzir, Kamis (19/5).

read more


 
Beredar Kabar, Dewan Ciamis Terima “Uang Pulsa”
(Pikiran Rakyat Online, 19 May 2011   18:26)

CIAMIS, (PRLM).- DPRD Ciamis dihembus kabar soal adanya “uang pulsa” yang diterima secara rutin tiap bulan. Besarnya uang tersebut sebesar Rp 3,5 juta setelah dipotong pajak, dan masuk dalam penghasilan bulanan anggota DPRD Ciamis.

Akan tetapi kabar tersebut cepat ditepis anggota Badan Anggaran DPRD Ciamis Iwan M. Ridwan kepada wartawan, Kamis sore (19/5). “Itu bukan uang pulsa melainkan Tunjangan Komunikasi Intensif (TKI),” kata Iwan.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Unpad Terima 874 Peserta Melalui Jalur Undangan
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   19:58)

BANDUNG, (PRLM).- Universitas Padjadjaran menerima 874 pelamar dari 27.296 yang melamar melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 jalur undangan. Dari 874, sebanyak 490-nya merupakan kandidat penerima Bidik Misi. Humas Unpad Weny Widyowati mengatakan, Unpad masih melakukan verifikasi data siswa yang akan menerima Bidik Misi. Verifikasi dilakukan tim Unpad yang turun langsung ke tempat tinggal para kandidat penerima.

read more


 
Taufik Hidayat Mundur, Peluang Indonesia Berat
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   19:46)

JAKARTA, (PRLM).- Peluang Indonesia di ajang kejuaraan beregu Sudirman Cup 2011 akan semakin berat. Pasalnya, Merah Putih akhirnya kehilangan satu kekuatan lagi, setelah tunggal putra andalan Indonesia Taufik Hidayat memilih mundur dari tim.

read more


 
650 Mahasiswa Baru ITB Dapat Pembebasan Biaya Penuh
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   19:34)

BANDUNG, (PRLM).- Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Charmadi Machbub menuturkan, secara keseluruhan ITB akan menerima mahasiswa baru sekitar 3.200 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 650 mahasiswa akan mendapat pembebasan uang kuliah secara penuh.

“Saat ini dari jalur undangan sudah ada 495 peserta yang mengajukan beasiswa bidik misi. Selain itu ada juga 55 orang yang meminta pembebasan penuh. Nanti akan kita verifikasi dulu, bagaimana kondisi ekonomi mereka. Belum tentu semua mendapat pembebasan penuh,” ujarnya.

read more


 
Rem Blong, Mobil Bak Itu Tergelincir Menabrak Empat Kendaraan
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   19:25)
NOVIANTI/"PRLM"

SINGAPARNA,(PRLM).- Gara-gara rem blong, mobil angkutan sayur-mayur tergelincir sehingga terjadi tabrakan beruntun menimpa tiga kendaraan roda empat dan satu sepeda motor di Jln Mangunreja, Desa Regol, Kec. Mangunreja, Kab. Tasikmalaya, Rabu (18/5) petang. Tidak ada korban jiwa, namun sopir angkutan sayur mayur mengalami luka-luka.

Tabrakan tersebut mengakibatkan kemacetan di ruas jalan tersebut selama 30 menit. Hal itu dapat diatasi ketika aparat kepolisian dan warga setempat membereskan kendaraan yang terjungkal.

read more


 
Disnakan KBB: Jangan Khawatir Kematian Mendadak Ternak
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   19:19)

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung Barat drh. Wiwin Aprianti menuturkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kematian ternak yang terjadi di Desa Ciharashas beberapa waktu lalu.

“Dari hasil penjelasan pemilik ternak dan pemeriksaan gejala klinis, diagnosa sementara kami tidak mengarah ke penyakit hewan menular strategis berbahaya,” ungkapnya, Rabu (18/5).

read more


 
Disdik Jabar: Segera Laporkan Kejanggalan Nilai UN
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   19:08)

BANDUNG, (PRLM).- Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengimbau kepada kabupaten/kota di Jawa Barat untuk segera melaporkan jika ada kejanggalan dalam hal nilai ujian nasional yang diterima siswanya. Jika memang terbukti ada kesalahan teknis saat pemindaian lembar jawaban ujian nasional (LJUN), maka ketidaklulusan siswa bisa diubah.

read more


 
Kelompok 78 Kumpulkan Surat Mosi Tidak Percaya untuk KN
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   18:56)

JAKARTA, (PRLM).- Kongres PSSI pada Jumat (20/5) nanti, disinyalir akan berbuntut panjang. Pasalnya, dua hari jelang pelaksanaan kongres di Hotel Sultan, Jakarta, mayoritas pemilik suara sah PSSI yang tergabung dalam kelompok 78 mulai mengumpulkan surat mosi tidak percaya atas Komite Normalisasi.

read more


 
Polsek Cileunyi Amankan Penipu Elpiji
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   18:43)

SOREANG, (PRLM).- Setelah hampir dua tahun berkelana melakukan penipuan di daerah Bandung Selatan, Bandung Timur dan Kab. Sumedang, akhirnya DA (22 tahun) dibekuk aparat Polsek Cileunyi. DA ditduga telah melakukan penipuan terhadap 75 orang dengan modus mengangkat agen elpiji mencatut PT. Ma'soem dan PT. Luxindo Raya Jln. Mitra Batik 610 Tasikmalaya sebagai anak perusahaan Ma'soem Group.

read more


 
1.979 Peserta Diterima di ITB Melalui Jalur Undangan
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   18:31)

BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak 1.979 peserta diterima dalam SNMPTN jalur undangan Institut Teknologi Bandung. Mereka berhasil lolos setelah bersaing bersama 13.000 peminat yang mendaftar ke ITB melalui jalur undangan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Charmadi Machbub menuturkan, jumlah yang diterima tahun ini merupakan 60 persen dari total mahasiswa baru yang diterima ITB di tahun 2011. Sisanya 40 persen mahasiswa akan diterima melalui jalur SNMPTN ujian tertulis pada 31 Mei mendatang.

read more


 
46.000 Siswa Lolos Jalur Undangan ke 60 PTN
(Pikiran Rakyat Online, 18 May 2011   18:28)

BANDUNG, (PRLM).- Dari 233.912 pelamar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 jalur undangan, sebanyak 46.000 lolos ke 60 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Pengumuman kelulusan sudah bisa diakses di laman http://undangan.snmptn.ac.id mulai Selasa (17/5) pukul 19.00 WIB.

Humas Panitia Lokal SNMPTN Bandung Weny Widyowati mengatakan, bagi siswa yang lulus jalur undangan dan tidak mengambilnya, sekolah yang merekomendasikannya akan mendapat catatan khusus. Untuk itulah, Weny mengimbau agar siswa yang lulus jalur undangan mengambil kesempatan tersebut.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Normalisasi Sungai Cikileuy Dilakukan Juni Mendatang
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   19:49)
RETNO HY/"PRLM"

BANDUNG, (PRLM).- Perbaikan dan normalisasi kirmir dan bantaran Sungai Cikileuy dan Sungai Cironggeng, di Kel. Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung akan dilakukan Juni mendatang. Tingginya curah hujan mengakibatkan sejumlah titik kirmir dan bantaran Sungai Cikileuy kembali mengalami jebol dan dikhawatirkan peristiwa banjir tahun (2010) lalu kembali akan terulang.

read more


 
Dua Pelaku Curanmor Diringkus Polisi
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   19:44)

SUKABUMI, (PRLM).- Unit Buru Sergap (Buser) Polres Kota Sukabumi berhasil meringkus dua orang pelaku pencuriaan kendaraan bermotor (curanmor). Pelaku spesialis roda dua yang kerap beropasi di wilayah hukum Polresta Sukabumi kini diamankan di Mapolresta beserta sejumlah barang bukti.

read more


 
Jenazah Diplomat Arab Saudi Dishalatkan
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   19:38)
Fahad Shadeed/REUTERS/"prlm"

 
Keluarga Empat Nelayan Hilang Melapor ke Satpolair
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   19:28)

PALABUHANRATU, (PRLM).- Pihak keluarga empat nelayan warga Kp. Panyairan Majlis RT 01/RW 19, Kel/Kec. Palabuhanratu yang diduga hilang di laut empat bulan lalu, Selasa (17/5) mendatangi kantor Satuan Kepolisian Perairan (Satpolair) Wil. Palabuhanratu. Kedatangan mereka, untuk melaporkan secara resmi empat nelayan anggota keluarganya diduga hilang ketika mencari ikan di tengah laut, Januari lalu. .

read more


 
Peringatan Waisak di India
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   19:23)
Ajay Verma/REUTERS/"prlm"

 
PKB Nilai LGN yang Kampanye Melegalkan Ganja tak Bermoral
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   19:18)

JAKARTA, (PRLM).- Ketua DPP PKB, Marwan Ja’far mengajak ormas-ormas keagamaan dan masyarakat lainnya untuk terus menerus mengkampanyekan haramnya ganja/narkoba dengan segala macam konsekuensi buruknya.

Negara harus lebih serius memikirkan masa depan generasi muda sebagai aset bangsa dan negara. "Jangan sampai mengorbankan generasi muda gara-gara kampanye, provokasi, dan desakan untuk melegalkan ganja," kata Marwan di Jakarta, Senin (17/5).

read more


 
Andien Menjajal Bisnis Pakaian Pria
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   19:06)
RATNA DJ/"PRLM"

JAKARTA, (PRLM).- Penyanyi jazzy Andien punya bisnis baru. Tidak tanggung-tanggung, Ia mendirikan bisnis pakaian jadi yang tidak ada kaitannya dengan dunia musik seperti yang telah membesarkan namanya selama ini

"Bisnis ini belum lama. Baru juga setahun lalu. Saya mengkhususkan diri pada garis busana pria, yakni jas," ujar Andien di sela-sela acara penghargaan Seputar Indonesia Awards 2011, di Studio 4 RCTI, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (17/5).

read more


 
Agum Gumelar: Sangat Disayangkan Jika Benar-benar Terjadi Boikot
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   18:53)

NGAMPRAH, (PRLM).- Ketua Komite Normalisasi (KN) PSSI Agum Gumelar berharap kongres yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei ini bisa terhindar dari upaya-upaya yang tidak diinginkan. Hal tersebut diutarakannya menanggapi adanya ancaman boikot pada kongres yang akan berlangsung nanti.

read more


 
Galian Pasir Longsor, Dua Pekerja Tewas Tertimbun
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   18:40)
KISMI DWI ASTUTI/"PRLM"

BOGOR, (PRLM).- Dua orang pekerja tewas tertimbun longsor galian pasir milik PT AM yang berada di Kp. Nagrak RT 16 RW 08, Desa Cipeucang, Kec. Cileungsi, Kabupaten Bogor, Senin (16/5) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Hingga Selasa (17/5) petang, kedua korban masih belum bisa dievakuasi karena tertimbun pasir beserta lumpur sedalam lebih dari lima belas meter.

read more


 
236 Rumah di Citeureup Rusak Dihantam Puting Beliung
(Pikiran Rakyat Online, 17 May 2011   18:27)
KISMI DWI ASTUTI/"PRLM"

BOGOR, (PRLM).- Ratusan rumah warga di Kp. Nyangkokot Desa Gunungsari, Kec. Citeureup, Kab. Bogor rusak dihantam angin puting beliung, Senin (16/5) petang sekitar pukul 18.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, sekitar 236 rumah yang ada di wilayah RT 1,2, dan 3 RW 5 serta RT 1,3, dan 4 di wilayah RW 6 rusak.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Valdano Bantah Tinggalkan Real Madrid
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   20:45)

MADRID, (PRLM).- Manajer umum Real Madrid, Jorge Valdano mengatakan ia takkan meninggalkan klb Spanyol itu. Hal itu dikatakannya di Madrid, Senin.

Sepert diketahui, sepanjang akhir pekan lalu beredar kabar mantan pemain Real Madrid dan timnas Argentina itu akan meninggalkan klub Real Madrid. Keputusan itu merupakan hasil pembicaraan antara Valdano dengan Presiden Real Madrid, Florentino Perez.

read more


 
Sebanyak 9.200 Pengungsi Tak Diketahui
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   20:33)

TOKYO, (PRLM).- Pemerintah Provinsi Fukushima mengatakan, pihaknya tidak dapat memastikan keberadaan lebih dari 9.000 orang yang terpaksa mengungsi setelah kecelakaan di PLTN Fukushima Daiichi.

Menurut kantor berita NHK, Senin (16/5) sebelumnya warga dari delapan pemerintahan tingkat dua di dalam radius 20 kilometer dari PLTN tersebut harus meninggalkan rumah akibat larangan memasuki wilayah itu. Pemerintah setempat kini tidak mengetahui keberadaan sekitar 9.200 orang di antara mereka, atau sekitar 12 persen dari keseluruhan populasi.

read more


 
Endeavour Diluncurkan ke Stasiun Antariksa
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   20:18)
NASA TV/"PRLM"

CAPE CANAVERAL, (PRLM).- Badan antariksa Amerika NASA meluncurkan pesawat ulang-alik Endeavour, Senin (16/5) 09:10 waktu setempat (20:10 WIB). Penerbangan ke stasiun antariksa ini yang terakhir sebelum Endeavour dipensiunkan.

Endeavour sedianya akan diluncurkan akhir bulan April, tapi ditunda karena adanya sejumlah gangguan teknis.

Penerbangan ke stasiun antariksa itu dipimpin oleh astronaut Mark Kelly, suami anggota DPR Amerika Giffords yang cedera gawat karena ditembak kepalanya di negara bagian Arizona bulan Januari lalu.

read more


 
West Ham Cari Pengganti Grant
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   20:04)

LONDON,(PRLM).- Klub West Ham United berupaya mencari pengganti vram Grant setelah memecat pelatih asal Israel itu, Minggu di London.

Grant langsung dipecat menyusul kekalahan West Ham 2-3 di tangan Wigan yang memastikan klub London itu langsung degradasi ke Divisi I Liga Inggris (Championship Division).

read more


 
Gen Penyebab Depresi Ditemukan
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   19:51)

LONDON, (PRLM).- Satu tim ilmuwan Inggris mengatakan mereka telah menemukan petunjuk yang membuktikan bahwa gen menyebabkan depresi, penyakit mental yang paling umum di dunia.

Para peneliti di King's College di London menyebut temuan mereka "benar-benar menarik." Mereka mengatakan, mereka telah menemukan kromosom, yang disebut 3p25-26, di mana gen penyebab depresi itu berada.

Para ilmuwan mengatakan mereka sekarang akan berusaha untuk menemukan gen yang tepat, yang bisa mengarah pada pengobatan yang efektif.

read more


 
Libya Tawarkan Gencatan Senjata ke PBB
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   19:39)

TRIPOLI, (PRLM).- Perdana Menteri Libya menawarkan gencatan senjata kepada utusan PBB yang berkunjung dan meminta pihak NATO dengan segera menghentikan serangan.

Perdana Menteri Baghdadi al-Mahmoudi berkomentar di Tripoli, Minggu (15/5), setelah bertemu dengan utusan khusus PBB Abdul Ilah Khatib. Segera setelah Khatib tiba, televisi pemerintah Libya melaporkan serangan udara NATO terbaru yang menghantam kota Zuwara barat, dekat perbatasan Tunisia.

read more


 
Oposisi Thailand Calonkan Adik Thaksin
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   19:22)

BANGKOK, (PRLM).- Yingluck Shinawatra (43), adik perdana menteri Thailand yang digulingkan Thaksin Shinawatra telah diajukan sebagai calon partai oposisi utama di negara tersebut dalam pemilihan 3 Juli.

Yingluck akan menjadi perdana menteri pertama Thailand jika partai Pheu Thai menang dalam pemilihan. Dia dikenal sebagai pengusaha dan bisa dikatakan tidak memiliki pengalaman politik.

Thaksin Shinawatra dilengserkan dari kekuasaan dalam kudeta militer tahun 2006, namun dia menjalin hubungan yang erat dengan massa pendukungnya dari tempat pengasingannya di Dubai.

read more


 
Gubernur Heryawan "Momotoran" Lewat Jalur Tengah
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   19:03)

BANDUNG, (PRLM).- Setelah berhasil melakukan perjalanan sejauh 70 kilometer di jalur selatan, kali ini Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) bermotor sejauh 54 KM di "jalur tengah" yang melintas mulai Purwakarta hingga Subang.

Kegiatan dimulai Senin (16/5) malam hingga Selasa (17/5) sore. Acara kunjungan kerja tersebut dimulai di kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah (BKPPW) II Purwakarta.

read more


 
Tarantula Hasilkan Benang Lewat Kaki
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   18:47)
animalsgallery/"PRLM"

NEWCASTLE, (PRLM).- Tarantula mengeluarkan benang melalui kaki untuk mencegah agar binatang itu tidak tergelincir di permukaan curam, demikian menurut tim peneliti.

Penemuan yang diterbitkan di Journal of Experimental Biology, menunjukkan cara laba-laba besar tarantula yang sangat rentan ini terhindar dari jatuh.

Seperti halnya laba-laba lain, tarantula memiliki bulu di kaki. Namun untuk tarantula besar, bulu yang berfungsi untuk merekatkan diri di permukaan terbatas.

read more


 
Pesta Kelulusan Diwarnai Pelemparan Kaca Jendela
(Pikiran Rakyat Online, 16 May 2011   18:23)
CECEP SA/"PRLM"

TASIKMALAYA, (PRLM),- Pesta perayaan kelulusan SMA dan SMK di Kota Tasikmalaya terpaksa dibubarkan anggota Polresta Tasikmalaya, karena ditakutkan terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, Senin (16/5). Kendati polisi berusaha melarang mereka, tapi siswa – siswi tetap saja melakukan aksi curat-coret seragam sekolah dan konvoi sepeda motor, tanpa mengindahkan aturan berlalu lintas.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Menag Telah Kunjungi Al Zaytun
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   21:31)

BANDUNG, (PRLM).- Menteri Agama Suryadarma mengaku sulit mengaitkan lembaga pendidikan Al Zaytun dengan NII. Hal itu dikatakannya kepada wartawan di Bandung, Minggu petang.

Suryadarma menjelaskan telah melakukan kunjungan ke Al Zaytun bersama puluhan wartawan. Kunjungan ke Al Zaytun tersebut, kata Suryadarma, merupakan satu cara untuk mengkonfirmasi langsung tuduhan-tuduhan tersebut, kepada Panji Gumilang.

read more


 
Kelompok 78 Minta Prioritas
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   21:14)

JAKARTA, (PRLM).- Mayoritas pemilik suara sah PSSI yang tergabung dalam Kelompok 78 meminta kepada Court of Arbitrase for Sport (CAS) untuk memprioritaskan berkas gugatan mereka atas keputusan FIFA yang tetap menolak hasil keputusan banding Komite Banding Pemilihan yang meloloskan George Toisutta dan Arifin Panigoro. Mereka optimis bahwa gugatan mereka akan dikabulkan.

read more


 
Pemerintah Diminta Tegas Soal NII
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   20:58)

BANDUNG,(PRLM).- Mantan Ketua Umum PB NU Hazim Muzadi, menuturkan, pemerintah harus bersikap tegas terkait isu NII. "Harus hati-hati. Apalagi jika menuduh adanya keterkaitan antara lembaga pendidikan Al Zaytun dengan NII. Kalau menuduh harus disertai bukti. Karena kalau tidak beres, ini bisa jadi embrio perpecahan yang luar biasa," katanya.

Hal itu dikatakannya usai pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Jabar, di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Minggu (15/5) petang.

read more


 
Gubernur Jabar Puji Hasil Kelulusan
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   20:46)

BANDUNG, (PRLM).- Gubernur Prov. Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku puas dan memuji hasil tingkat kelulusan siswa SMA/SMK di Jabar, untuk tahun ajaran 2010-2011. Berdasarkan data yang diperolehnya, tingkat kelulusan SMA/SMK di Jabar hampir menyentuh angka 100 persen.

read more


 
Menag Pertanyakan Sikap Kepolisian
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   20:33)

BANDUNG, (PRLM).- Menteri Agama Republik Indonesia Suryadarma Ali mempertanyakan sikap pihak keamanan, yaitu kepolisian, tentang keterkaitan antara Pondok Pesantren Al-Zaytun dengan Negara Islam Indonesia (NII).

Disebutkannya, jika polisi memang memiliki bukti adanya keterlibatan tersebut, hal itu harus dikuti mengambil langkah hukum.

Suryadarma menuturkan hal itu, usai menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Jabar, di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Minggu (15/5) petang.

read more


 
Stoner Juarai GP Prancis di Le Mans
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   20:27)
REUTERS/"PRLM"

LE MANS, (PRLM).- Pembalap Repsol Honda, Casey Stoner meraih kemenangan kedua musim ini setelah menjuarai GP Motor Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu.

Stoner mencatat waktu tercepat 44 menit 3,955 detik dan unggul atas rekan setimnya, Andrea Doviziosso asal Italia.

Mantan juara dunia yang kini menjadi pembalap Ducati, Valentino Rossi berada di peringkat ketiga dengan catatan waktu 44 mtnit 18,519 detik.

read more


 
Permainan Video PlayStation Diluncurkan Lagi
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   20:10)
REUTERS/"PRLM"

TOKYO, (PRLM).- Sony mengumumkan akan mulai memasukkan kembali jaringan permainan video PlayStation hari Minggu (15/05).

Layanan perbaikan bertahap akan dimulai di AS, Eropa, Australia, Selandia Baru dan Timur Tengah.

Tindakan ini dilakukan lebih tiga minggu setelah Sony menemukan pelanggaran pengamanan serius yang menimbulkan terjadinya pencurian data pribadi jutaan pengguna.

Perusahaan tersebut memperkirakan jaringan, termasuk layanan Qriocity, dapat berfungsi penuh pada akhir bulan Mei.

Perbaikan layanan Jepang dan Asia akan dimulai segera, tambahnya.

read more


 
Petani Bawang Sisir Gudang di Pantura
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   19:56)

SUMBER, (PRLM).- Para petani menyisir sejumlah gudang bawang merah yang ada di pantai utara (pantura) Losari Kabupaten Cirebon, mereka menemukan komoditas tersebut yang didatangkan dari Filipina.

Informasi yang dihimpun Minggu (15/5) para tokoh petani bawang selain menemukan bawang merah juga berhasil menemui importir yang memesan bawang dari Filiphina. Kepada importir petani meminta agar tidak melakukan pengiriman bawang dari luar negeri ketika musim panen.

"Aspirasi dari petani bawang Cirebon telah disampaikan dengan cara yang baik," kata seorang sumber, Minggu (15/5).

read more


 
Alasan Pemerintah Dipertanyakan
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   19:41)

JAKARTA, (PRLM).- Alasan pemerintah menghapus sejumlah bab dan pasal dalam RUU BPJS. Dia menganggap keterangan menteri keuangan kurang jelas. Hal itu dikatakan Anggota Pansus DPR Rieke Diah Pitaloka dari F-PDIP di Jakarta Minggu dalam rapat panitia khusus (pansus) RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Seperti diketahui, pemerintah minta 143 daftar inventarisasi masalah (DIM) Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial untuk dihapus dan sebagian di antaranya disubstansikan ke dalam daftar lainnya.

read more


 
Kelayakan Rumah Korban Gempa di Kab. Ciamis
(Pikiran Rakyat Online, 15 May 2011   19:28)

CIAMIS (PRLM).– Sejumlah personel Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) melakukan uji lapangan kelayakan sejumlah rumah korban bencana gempa di wilayah Kabupaten Ciamis. Uji kelayakan dilakukan Jumat dan Sabtu (13,14/5), untuk mengetahui jumlah rumah yang berhak direlokasi pemerintah.

Bupati Ciamis Engkon Komara dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Drs. Odang Wijaya, menyebutkan, sejumlah tempat yang dikunjungi tim BNPB tersebut yaitu lokasi bencana di Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari dan Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Pengumuman Via Pos atau Langsung di Sekolah
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   21:03)

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Dinas Pendidikan Prof. Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi menjelaskan, untuk pengumuman kepada siswa, Disdik Jabar menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing daerah dan juga sekolah. Sekolah bisa mengumumkannya secara langsung di sekolah atau juga melalui pos.

"Meskipun sedang cuti bersama, tetapi pengumuman kelulusan bisa dilakukan, diserahkan kepada masing-masing daerah. Pakai pos atau langsung, di daerah juga banyak kurir jasa pos. Meski mungkin ada beberapa yang tidak bisa diterima siswa hari itu juga kalau pakai pos," tuturnya. (A-157/das)***


 
Tahan Imbang Blackburn Rovers, MU Juara Liga Premier Inggris 2011
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   20:58)
REUTERS/"PRLM"

EWOOD PARK, (PRLM).- Manchester United berhasil meraih juara Liga Premier Inggris 2010/2011 meski bermain imbang 1-1 melawan Blackburn Rovers di Ewood Park, Sabtu (14/5). Dari hasil seri menambah satu poin bagi MU menjadi 77, dan tak bisa dikejar pesaing terdekatnya, Chelsea.

Chelsea berada di urutan kedua klasemen baru mengantongi 70 poin, dengan sisa dua pertandingan. Meskipun di dua pertandingan sisa Chelsea mampu meraih poin penuh, tetap tertinggal satu poin dari MU di puncak klasemen.

read more


 
Nilai Rata-rata UN Jabar Naik
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   20:47)

BANDUNG, (PRLM).- Berdasarkan data hasil rekapitulasi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Prof. Wahyudin Zarkasyi menuturkan, rata rata nilai UN tahun ini mengalami kenaikan. Tahun lalu nilai rata-rata SMA/MA 7,69, sementara tahun ini 8,03. Begitupun untuk rata-rata nilai SMK dari tahun lalu 7,07 menjadi 7,30 di tahun 2011 ini.

"Beberapa daerah juga kelulusan siswanya mencapai 100 persen. Di antaranya adalah Sumedang untuk tingkat SMA/MA, dan untuk SMA saja Banjar serta Kota Cirebon. Untuk SMK tidak ada daerah yang lulus 100 persen," ujarnya.

read more


 
Lee dan Goh Mundur dari Kabinet Singapura
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   20:39)

SINGAPURA, (PRLM).- Mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew, Sabtu (14/5), mengumumkan pengunduran dirinya dari kabinet karena ingin memberikan generasi muda kesempatan memimimpin negara kaya tersebut. Hal yang sama juga dilakukan mantan PM Singapura lainnya Goh Chok Tong. Goh yang merupakan pengganti Yew saat mengundurkan diri sebagai PM pada 1990 lalu, mengatakan, Singapura butuh pemimpin-pemimpin muda.

read more


 
Persib Siap Tampil Menghibur
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   20:33)

MATARAM, (PRLM).- Tanpa target dan beban apapun, para pemain Persib Bandung siap menghibur penonton yang menyaksikan aksi mereka saat menghadapi tim Pra-PON Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pertandingan eksebisi di Stadion 17 Desember Cakranegara Mataram, NTB, Minggu (15/5), mulai pukul 16.00 WITA. Dalam pertandingan ini, Pelatih Daniel Roekito menjanjikan bakal menurunkan semua pemainnya secara bergantian.

read more


 
99,93 Persen Siswa SMA/SMK Jabar Lulus UN
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   20:11)

BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak 189.588 siswa SMA/SMK atau sekitar 99,93 persen siswa SMA/SMK di Jabar dinyatakan lulus Ujian Nasional 2011. Sementara sekitar 135 siswa SMA/MA atau 0,07 persen siswa tidak lulus UN 2011.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Prof. Wahyudin Zarkasyi, Sabtu (14/5).

read more


 
Google Mencari Legalitas Mobil tanpa Pengemudi
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   19:59)

NEVADA, (PRLM).- Dalam sebuah langkah tak terduga, Google, raksasa pencarian di internet, mencoba berkecimpung dalam teknologi yang tampaknya tidak ada hubungan dengan bisnis intinya, Seperti dikutip laman Physorg.com, Jumat (13/5), Google telah mempekerjakan pelobi David Goldwater untuk mendorong melegalkan kendaraan otonom di jalanan Nevada, ini dilakukan kurang dari setahun setelah Google berhasil melakukan uji coba kendaraan tanpa sopir ini di jalanan California.

read more


 
Pengemis Manfaatkan Kemacetan di Jln. Dr. Setiabudi
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   19:47)
USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"
Fotografer: 
usep 1

 
Film Terbaru tentang Lady Diana Diputar di di Festival Film Cannes
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   19:34)
DOK. "PRLM"

CANNES, (PRLM).- "Unlawful Killing", film dokumenter Inggris yang menurut pembuatnya diklaim sebagai pencerahan atas sejumlah isu terkait kematian Diana, Princess of Wales di tahun 1997, menjadi salah satu film yang menarik perhatian media di Festival Film Cannes tahun ini.

Sutradara Keith Allen ketika keterangan pers berlangsung saat pemutaran perdana, berkali-kali ditanya seputar bukti baru yang dipercayainya diungkap film ini.

read more


 
Marzuki Alie: Anggaran Kunjungan DPR RI Kecil Sekali, Hanya 0,2 Persen dari APBN
(Pikiran Rakyat Online, 14 May 2011   19:13)
DOK. "PRLM"

NGAMPRAH, (PRLM).- Ketua DPR RI Marzuki Alie mengaku, anggaran kunjungan kerja anggota DPR RI hanya menghabiskan anggaran sekitar 0,2 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dana tersebut ia anggap tidak sebesar yang dibicarakan selama ini.

"Anggaran untuk (kunjungan) itu kecil sekali," tuturnya, seusai membuka secara resmi Festival Budaya dan Pariwisata Gunung Tangkubanparahu 2011, di Curug Mini, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (14/5).

read more


 
This is your new blog post. Click here and start typing, or drag in elements from the top bar.
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Ron Paul Calonkan Diri Jadi Presiden AS untuk Ketiga Kalinya
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   21:13)

TEXAS, (PRLM).- Politisi kawakan Partai Republik asal Texas Ron Paul (75), Jumat (13/5) mengumumkan, dirinya akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden Amerika pada pilpres 2012. Ini berarti, Ron mencalonkan diri untuk ketiga kalinya.

Pada pencalonan sebelumnya, dia gagal. Pria yang dijuluki dengan sebutan "Dr. No" ini, dikenal konstituennya sebagai sosok yang "nyeleneh". Salah satu janji politiknya pada kampanye pilpres 2008 lalu adalah melegalkan penggunaan ganja di Amerika. (A-133/das)***


 
Jabar Belum Dapat Hasil UN
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   21:10)

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Ujian Nasional Provinsi Jawa Barat Dedi Sutardi menuturkan, untuk kelulusan provinsi termasuk Jawa Barat masih menunggu kabar dari pusat. Saat ini petugas dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat masih terus berkoordinasi dengan petugas pusat terkait waktu pengambilan hasil kelulusan UN untuk semua daerah.

"Kemungkinan untuk provinsi baru akan diserahkan Minggu. Sampai saat ini kami masih terus berkomunikasi dengan pusat. Petugas kami juga stand by di sana," kata Dedi yang juga sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

read more


 
Bom Bunuh Diri di Pakistan Tewaskan 80 Orang
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   21:03)

SHABQADAR, (PRLM).- Juru bicara kepolisian Pakistan Liaqat Ali, Jumat (13/5), mengatakan, pelaku bom bunuh diri di kompleks pelatihan militer Frontier Constabulary.adalah dua orang, yang meledakkan diri mereka di depan pintu gerbang kompleks itu. Usia pengebom tersebut diperkirakan sekitar awal 20 tahun-an.

Jenis bom yang digunakan bermaterial paku dan sejumlah bahan lainnya. Berat bahan peledak itu diperkirakan sekitar enam sampai dengan delapan kilogram. Dari tempat kejadian dilaporkan, pecahan kaca dan sejumlah material bangunan berserakan bercampur dengan darah para korban yang tewas.

read more


 
Tingkat Kelulusan SMA/MA Mencapai 99,22 Persen
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   20:48)
DOK. "PRLM"

JAKARTA, (PRLM).- Tingkat kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA Tahun Ajaran 2010/2011 mencapai 99,22 persen. Dari sebanyak 1.461.941 peserta UN SMA/MA se-Indonesia, jumlah peserta yang lulus mencapai 1.450.498 orang, sedangkan yang tidak lulus, 11.443 (0,78%) peserta.

Demikian pengumuman kelulusan UN SMA/MA tingkat nasional yang disampaikan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh saat memberikan keterangan pers di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Jumat (13/5).

read more


 
Hilton, "Seperti di Brasil"
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   20:31)
DOK. "PRLM"

MATARAM, (PRLM).- Striker Persib Bandung, Hilton Mauro Moreira mengatakan, pesisir pantai yang mengelilingi Pulau Lombok dan terlihat pada saat pesawat yang ditumpangi rombongan Persib mendarat di Bandara Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat seperti pemandangan yang ada di kampung halamannya, Brasil. Karena itu, Hilton berjanji akan menikmati keindahan pantai di Pulau Lombok ini selama berada di Mataram.

read more


 
Vectrix Menangi European e-Scooter of the Year Award
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   20:25)
dok. Vectrix /"prlm"

BRUSSELS, (PRLM).- Keberadaan skuter listrik menjadi kian penting guna memenuhi sarana transportasi perkotaan, dan Vectrix salah satu perusahaan yang memimpin pasar skuter listrik baru-baru ini memenangi ajang penghargaan "European e-Scooter of the Year" untuk skuter listrik mereka model VX-1 Li/Li+ dan VX-2.

read more


 
Cara Osama Mengirim Email tanpa Diketahui AS
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   20:18)

ISLAMABAD, (PRLM).- Banyak orang mempertanyakan bagaimana cara Osama bin Laden mengirimkan email tanpa jejaknya diketahui pihak manapun. Tambahan pula, persembunyiannya di Abbottabad tidak memiliki jaringan internet.

Laporan AP, Jumat (13/5) menunjukkan, Osama adalah pengguna email aktif. Dia sering kali mengirimkan pesan kepada anggota jaringan Al Qaida melalui email.

read more


 
Daftar Calon Tetap Ketum, Waketum dan EXCO PSSI 2011-2015
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   20:06)

JAKARTA, (PRLM).- Daftar nama calon tetap Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Komite Eksekutif (EXCO) PSSI periode 2011-2015:

KETUA UMUM (19)
1. Achsanul Qosasih
2. Adnan Dambea
3. Adhaysa Dault
4. Agusman Effendi
5. Johar Arifin Husein
6. Erwin Aksa
7. Habil Marati
8. IGK Manila
9. Iman Arief
10. Hendra Mukhlis
11. Japto S. S
12. Jusuf Rizal
13. Robertus Indratmo
14. Sarman Hakim
15. Sutiyoso
16. Sarif Bastaman
17. Tahir Mahmud
18. Wahidin Halim
19. Yesaya Buinei

WAKIL KETUA UMUM (16)
1. Achsanul Qosasi
2. Adnan Dambea
3. Adhyaksa Dault
4. Agusman Effendi

read more


 
Jabar Dirikan Autis Center
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   19:57)

BANDUNG, (PRLM).- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun Autis Center untuk melayani kebutuhan anak-anak penderita autis di Jawa Barat. Sebagai tahap awal, pemerintah pusat telah mengucurkan dana sebesar Rp 3,5 miliar untuk pembangunan fisik autis center di Provinsi Jawa Barat.

"Pencairannya sedang dalam proses, diharapkan tahun depan sudah selesai proses pembangunan fisiknya. Tahap awal untuk fisik, selanjutnya akan ada lagi bantuan untuk peralatan dan fasilitas lain," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Prof. Wahyudin Zarkasyi, Jumat (13/5).

read more


 
Pembelian PIN dan Pendaftaran Peserta Lulusan 2009/2010 Diperpanjang Sampai 24 Mei
(Pikiran Rakyat Online, 13 May 2011   19:43)

BANDUNG, (PRLM).- Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 memperpanjang jadwal pembelian PIN dan pendaftaran bagi calon peserta lulusan 2009 dan 2010. Bagi yang belum sempat melakukan pembelian PIN masih mendapat kesempatan untuk membeli PIN sampai dengan 24 Mei 2011 pukul 12.00 WIB. Adapun batas akhir pengisian formulir pendaftaran online sampai dengan 25 Mei 2011 pukul 24.00 WIB.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Kejaksaan Panggil Sejumlah Pejabat di Disnakertrans Ciamis
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   20:55)

CIAMIS, (PRLM).- Kejaksaan Negeri Ciamis memanggil sejumlah pejabat di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ciamis. Pemanggilan dilakukan untuk meminta keterangan mereka terkait dugaan kasus “pencaloan projek” di dinas tersebut.

Pejabat yang dipanggil tersebut, menurut informasi diterima “PRLM” di Kejaksaan Negeri Ciamis, Kamis (12/5), antara lain, Kepala Disnakertrans Drs. Herdis S dan Kepala Bidang Tenaga Kerja Drs. Elan, dan mantan Kadisnakertrans Drs. H. Yasmin Sambas. “Selain mereka ada juga pejabat lain,” tutur sumber itu.

read more


 
Pasokan Listrik Bertambah Baik, Investasi di Bidang Pertekstilan Terus Meningkat
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   20:47)

JAKARTA, (PRLM).- Investasi di bidang pertekstilan Indonesia terus meningkat hingga 600 juta USD pada Agustus 2010 akibat pasokan listrik bertambah baik. Jaminan pasokan listrik diduga telah membuat investor percaya menanamkan modalnya kembali di industri yang sempat disebut sebagai sunset industry itu.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudradjat mengatakan itu dalam Diskusi bertema "Blak-blakan Soal BBM" yang diselenggarakan Centre for Economic and Democracy Studies CEDeS di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Kamis (12/5).

read more


 
Mahasiswi Padaherang Diduga Direkrut NII
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   20:34)

CIAMIS, (PRLM).- Seorang mahasiswi berinitial Ay (18), warga Padaherang dicurigai oleh pemuka agama setempat dipaksa terlibat dalam kegiatan NII di Bandung. Namun hingga sejauh ini, belum ada konfirmasi dari pihak keluarga Ay.

Informasi adanya mahasiswa yang diduga terlibat dalam kegiatan tersebut disampaikan Nanang Nurholis, Pengurus Pesantren Riyadussalikin ketika bertemu “PRLM” di Gedung DPRD Ciamis, Kamis (12/5). “Kami sudah melakukan penelusuran. Informasinya seperti itu,” kata dia.

read more


 
Polresta Banjar Gagalkan Pengiriman Ratusan Liter Miras
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   20:26)

BANJAR, (PRLM).- Jajaran Polresta Banjar berhasil menggagalkan upaya pengiriman minuman keras tradisional atau tuak sebanyak 625 liter. Barang yang berasal dari wilayah Kabupaten Cilacap Prov. Jateng tersebut sedianya akan dikirim ke Kota Cimahi.

Kapolresta Banjar Ajun Komisari Besar Tedi Hermansyah didampingi Kasat Lantas Ajun Komisaris Asep Sudrajat mengungkapkan, kendaraan yang membawa miras tradisional tersebut sempat hendak kabur saat dilakukan razia di wilayah Cijolang tidak jauh dari perbatasan antara Kota Banjar dengan Cilacap, Prov. Jateng.

read more


 
Kerudung Maroko Diserbu Pembeli
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   20:18)
ERIYANTI/"PRLM"

BANDUNG, (PRLM).- Kerudung Maroko yang bergaya Arabian Style menjadi rebutan kaum ibu pada acara Alisha Fancy Shop Universary, di Butik Alisha Fancy Shop, Jln. Salendro Utara* Bandung, Kamis (12/5).

Acara ini menurut PR Alisha Fancy Shop, Yessy Andrian, merupakan ungkapan berbagai kebahagiaan sekaligus terima kasih Alisha kepada para pelanggannya. Sejalan dengan usia Alisha yang sudah memasuki 11 tahun. "Sebenarnya acara seperti ini kita gelar setiap tahun. Tapi karena setiap tahun trennya berbeda, maka barang yang diserbu pun berbeda," tutur Yessy.

read more


 
Nelayan Harus Laporkan Data Produksi Ikan Tuna kepada PPNP
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   20:09)

PALABUHANRATU, (PRLM).- Semua nelayan penangkap ikan tuna komoditas ekspor di Palabuhanratu, harus menyerahkan logbook (buku harian) tentang laporan produksi ikan tuna hasil tangkapannya kepada kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP). Laporan tersebut akan diolah kembali oleh Ditjen (Direktorat Jenderal) Perikanan Tangkap kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai acuan nelayan dalam melakukan aktivitas penangkapan ikannya.

read more


 
Batavia Air Sediakan Beasiswa Pilot dan Pramugari
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   19:56)

JAKARTA, (PRLM).- Terkait program Corporate Social Responsibility (CSR), maskapai penerbangan swasta nasional, Batavia Air menyediakan beasiswa pilot, pramugari, pramugara, Flight Operation Officer (FOO) dan teknik. Hal itu sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap dunia pendidikan, khususnya sektor penerbangan di Tanah Air.

"Kami menyediakan beasiswa untuk pilot, pramugari, pramugara, FOO, dan teknik. Persyaratan mengikuti beasiswa dapat dilihat di website Batavia Air, www.batavia-air.com," kata PR Manager Batavia Air, Elly Simanjuntak di Jakarta, Kamis (12/5).

read more


 
Didin Supriadin Jadi Ketua SC Musda DPD PD Jabar
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   19:47)

BANDUNG, (PRLM).- Menjelang musyawarah daerah (musda) yang digelar dalam waktu dekat, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Barat, menggelar rapat awal pada Rabu (11/5) lalu. Rapat yang dipimpin Ketua DPD PD Jabar Iwan Sulandjana itu memutuskan Didin Supriadin sebagai Ketua Steering Comittee (SC) dan Awing Asmawi sebagai Ketua Pelaksana. Hadir dalam rapat tersebut para pengurus DPD PD Jabar, serta ketua dan anggota fraksi Partai Demokrat di DPRD Prov. Jabar.

read more


 
PPP Jabar Bertransformasi Jadi Partai ”Gaul"
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   19:38)

BANDUNG, (PRLM).- Demi meraih suara dari para pemilih muda, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat, akan mengambil langkah baru. Dewan Perwakilan Wilayah PPP Jabar di bawah kepemimpinan Rahmat Yasin, bakal merubah penampilannya menjadi partai yang ”gaul”.

read more


 
Peringatan Tiga Tahun Gempa Cina
(Pikiran Rakyat Online, 12 May 2011   19:25)
Kevin Zhao/REUTERS/"prlm"

 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Perlindungan TKI Dilakukan dari Hulu hingga Hilir
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   19:48)

JAKARTA, (PRLM).- Organisasi baru pengirim tenaga kerja ke Arab Saudi hasil penggabungan (Indonesian Manpower Supplier for Saudi Arabian/IMSSA), menyatakan siap mengedepankan perlidungan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk penempatan ke negara itu dari hulu sampai hilir. Dengan demikian, diharapkan kasus-kasus yang menimpa TKI di Arab Saudi bisa semakin ditekan.

read more


 
Sejumlah Ternak Ditemukan Mati Mendadak
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   19:36)

NGAMPRAH, (PRLM).- Sejumlah hewan ternak di Desa Ciharashas, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat ditemukan mati mendadak. Bahkan, beberapa peternak menemukan hewan ternaknya sudah mati dengan kondisi masih berdiri.

"Ketika ditemukan, saya kira hewan itu sedang makan, karena masih dalam keadaan berdiri. Tetapi ketika disentuh, hewan itu jatuh dengan kondisi kaku," ujar Ketua Kelompok Ternak Sauyunan Kampung Cininggul RT 02 RW 03 Kudis, di Desa Ciharashas, Kecamatan Cipeundeuy, Rabu (11/5).

read more


 
Cecep Darmawan: Mahasiswa Memang Menjadi Target NII
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   19:23)

BANDUNG, (PRLM).- Direktur Direktorat Kemahasiswaan UPI Cecep Darmawan menuturkan, mahasiswa memang menjadi salah satu target dalam pergerakan NII karena merupakan kelompok yang rentan. Mahasiswa merupakan kelompok yang masih mencari jati diri dan rawan terhadap ajakan-ajakan kelompok radikal.

"Modus menyusup melalui kelompok pengajian yang disalahgunakan, sangat tertutup, dan sangat eksklusif dan terbagi dalam kelompok kecil. Biasanya yang menjadi korban adalah mahasiswa yang pengetahuan agamanya dangkal," ujarnya. (A-157/das)***


 
Film Terbaru Woody Allen di Pembukaan Festival Film Cannes 2011
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   19:15)
"PRLM"

CANNES, (PRLM).- Festival Film Cannes 2011 yang diakui sebagai ajang pemutaran film terpenting di dunia, dimulai Rabu (11/5) ini dan merupakan festival ke-64. Mengawalinya akan dibuka dengan film terbaru Woody Allen, "Midnight in Paris".

Festival juga akan memutar pula film-film dari sutradara terkemuka dari Eropa dan Asia. Dalam "Midnight in Paris", Carla Bruni-Sarkozy -istri Presiden Prancis- bermain selintasan sebagai cameo.

Film ini akan turut bersaing untuk hadiah utama, piala Palem Emas, dan cukup diunggulkan.

read more


 
Mendiknas telah Memanggil Pimpinan Perguruan Tinggi Terkait NII
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   19:06)

BANDUNG, (PRLM).- Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan UPI Dadang Sunendar mengatakan, Menteri Pendidikan Nasional telah memanggil para rektor PTN di Indonesia serta koordinator perguruan tinggi swasta beberapa waktu lalu. Pemanggilan ini terkait dengan merebaknya isu pergerakan NII di kampus-kampus.

“Dalam pertemuan tersebut Mendiknas mengeluarkan deklarasi bersama pimpinan PT. Intinya untuk mengamalkan empat pilar bangsa, seperti mengamalkan pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan menjaga NKRI,” ungkapnya. (A-157/das)***


 
Kepsek SMKN 15 Bandung Sesalkan Tindakan Oknum Guru Lakukan Kekerasan
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   18:54)

BANDUNG, (PRLM).- Kepala SMKN 15 Bandung Erna Ratnasih menyesalkan tindakan oknum guru di sekolahnya yang menerapkan kedisiplinan sampai mencederai siswa. Menurut Erna, oknum guru tersebut selama ini memang terkenal dengan kedisiplinannya.

Saat kejadian, oknum tersebut sedang mencari siswa yang berkeliaran di luar kelas, dan dia melihat Rommy Andrian serta temannya berada di\ kantin. Merasa ketahuan, Rommy dan temannya lari dan bersembunyi.

read more


 
Asep Zaenal Ausof: Kebanyakan yang Masuk NII Jamaah Tertutup
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   18:41)

BANDUNG, (PRLM).- Pengamat Sosial Keagamaan yang juga Dosen Institut Teknologi Bandung Asep Zaenal Ausof menuturkan, kebanyakan yang masuk anggota NII adalah orang yang memisahkan diri dari jamaahnya.

"Aktivitas NII ini tertutup, pengajian dirahasiakan, nama pun dirahasiakan. Mereka hanya menyebut abi dan umi. Ini sama dengan di Alzaitun," ujarnya. (A-157/das)***


 
Kadis Bimarta Kota Bekasi Menolak Diperiksa
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   18:33)

BEKASI, (PRLM).- Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air (Bimarta) Kota Bekasi, AS, yang ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi sebesar Rp 150 juta menolak mengikuti proses pemeriksaan perdananya sebagai tersangka di Kejaksaan Negeri Bekasi, Rabu (11/5). Ia menolak karena ingin menjalani proses praperadilan terlebih dahulu.

"Saya sudah daftarkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Bandung pada Selasa (10/5). Sidangnya dijadwalkan digelar Rabu (18/5)," ucap Kuasa Hukum AS, Refer Harianja.

read more


 
Olahraga Bisa Kembangkan Watak Bangsa
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   18:25)
AAM P SUTARWAN/PRLM"

CIAMIS, (PRLM).- Sebanyak 12 tim peserta Liga Pendidikan Indonesia (LPI) 2011 tingkat wilayah 4 Jawa Barat, mulai bergulir, Rabu (11/5) di Lapangan Stadion Galuh Ciamis. Sebanyak 12 tim tersebut, 6 tim kesebelasan tingkat SLTP dan 6 tim tingkat SLTA, utusan dari 7 kabupaten/kota se Jabar.

Bergulirnya acara diawali dengan kick off oleh Wabup Ciamis H. Iing Syam Arifin didampingi Kadisdik Ciamis H. Akasah dan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Jabar Daud Ahmad. Sebelumnya digelar pula acara seremonial sederhana.

read more


 
Guru yang Lakukan Kekerasan terhadap Siswa SMKN 15 Bandung, Mengundurkan Diri
(Pikiran Rakyat Online, 11 May 2011   18:21)

BANDUNG, (PRLM).- Oknum guru yang diduga melakukan tindakan kekerasan terhadap salah seorang siswa SMKN 15 Bandung, Rommy Andrian akhirnya mengundurkan diri. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Oji Mahroji mengungkapkan, dirinya sudah ke SMKN 15 dan mendapat klarifikasi dan kronologis kejadian dari kepala sekolah. Oknum guru tersebut, kata Oji, sudah mengundurkan diri dan tidak akan mengajar di SMKN 15 lagi.

read more