Pikiran Rakyat Online

   

 
Unik : Data Kantor Pos Sejak 1737, Ada 3.000 Pria Bernama Pat
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   23:50)
IBTIMES/"PRLM"

LONDON, (PRLM).- Ada 3.000 pria bernama Pat, lalu kaum perempuan yang tetap menjalan kantor pos ketika para pria terlibat perang dunia. Demikian hal-hal unik dari catatan sejarah kantor pos di Inggris sejak tahun 1737 hingga kini.

Laman situs sejarah (silsilah) keluarga ancestry.co.uk mengungkapkan koleksi sekitar 1,5 juta nama termasuk rincian pembayaran gaji, pembayaran, transfer, dan pengunduran diri dari nama-nama tersebut.

read more


 
Wanita Rusia Aksi Robek Baju untuk Dukung Vladimir Putin
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   23:24)

MOSKOW, (PRLM).- Wanita muda di seluruh Rusia diimbau memperlihatkan dukungan kepada Perdana Menteri Vladimir Putin dengan merobek-robek baju mereka. Kampanye politik yang tidak lazim ini digalang oleh gerakan pemuda yang menamakan diri ''Tentara Putin''. Demikian seperti dikutip BBC, Sabtu (23/7).

Sebagian massa wanita pendukung Vladimir Putin mengadakan arak-arakan dengan mengenakan kaos tanpa lengan yang dihiasi potret tokoh idola mereka, lapor wartawan BBC di Moskow.

read more


 
Tinggi Badan Pengaruhi Risiko Kanker
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   22:48)

OXFORD, (PRLM).- Penelitian terhadap lebih dari satu juta wanita mengindikasikan ada hubungan antara tinggi badan dan kanker. Tim peneliti di Universitas Oxford, Inggris, mendapati wanita yang tinggi badannya 10cm di atas rata-rata menghadapi risiko mengidap kanker lebih tinggi.

Hasil penelitian ilmiah tersebut mengindikasikan orang berbadan tinggi lebih berisiko untuk mengidap sepuluh jenis kanker umum, termasuk kanker usus besar, payudara, ginjal, dan otak. Penelitian ilmiah ini memantau 1,3 juta wanita tengah baya di Inggris dalam periode antara 1996 dan 2001.

read more


 
Mancini Ingin Wewenang Lebih Besar
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   22:21)

LOS ANGELES, (PRLM).- Pelatih Manchester City, Roberto Mancini menginginkan wewenang lebih besar untuk memastikan prestasi terbaik bagi klub Inggris itu musim depan.

Mancini mengatakan di Los Angeles, Sabtu, ia membutuhkan wewenang dalam hal strategi transfer pemain, menentukan staf medis serta penandatanganan kontrak baru para pemain.

read more


 
Lansekap Kuno Mirip Dunia yang Hilang Ditemukan
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   21:29)
LiveScience/"prlm"

CAMBRIDGE, (PRLM).- Terkubur jauh di bawah sedimen Samudera Atlantik Utara terletak sebuah lansekap kuno yang hilang, dengan alur-alur sungai dan puncak yang dulunya pegunungan. Para ahli geologi baru-baru ini menemukan lansekap berusia sekitar 56 juta tahun ini menggunakan data yang dikumpulkan untuk perusahaan minyak.

"Tampaknya seperti peta kecil negara daratan," kata Nicky White, pakar geologi dari Universitas Cambridge, Inggris. "Ini seperti fosil lansekap kuno yang diawetkan 2 kilometer di bawah dasar laut," tambahnya seperti dikutip LiveScience, baru-baru ini.

read more


 
Patung Herakles Dipulangkan ke Museum Antalya
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   20:33)

BOSTON, (PRLM).- Museum Seni Boston, MFA, di AS akan memulangkan penggalan patung Herakles ke Turki.

Patung tersebut dibeli oleh museum tersebut pada tahun 1981. Namun, benda seni bersejarah itu kemudian menjadi sumber sengketa.

MFA menyatakan akan mengirim penggalan atas patung Herakles ke Museum Antalya, di Turki tahun ini untuk di satukan dengan penggalan bawah.

Pengumuman ini dipandang sebagai kemenangan bagi Turki yang sedang mencoba mendapatkan kembali artefak-artefak yang diyakini oleh negara itu menjadi sasaran penjarahan.

read more


 
Tottenham Incar Adebayor
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   19:28)

LONDON, (PRLM).- Striker internasional Togo, Emmanuel Adebayor bisa menciptakan langkah sensasional jika Tottenham Hotspurs jadi meminjamnya dari Manchester City.

Pelatih Spurs, Harry Redknapp menyebutkan Sabtu di London, ia menginginkan kedatangan Adebayor secepatnya. Seperti diketahui, Adebayor tak diinginkan oleh pelatih City, Mancini.

Musim lalu Adebayor dipinjamkan ke Real Madrid. Adebayor saat ini tengah menantikan tawaran dari Real Madrid karena merasa betah tampil bersama klub Spanyol itu.

read more


 
"Superman" Ditunda Hingga 2013, Demi Lancarkan "The Hobbit"
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   18:51)
REUTERS/"PRLM"

CALIFORNIA, (PRLM).- Akibat perubahan jadwal produksi, para penggemar sosok hero Superman harus bersabar hingga tahun 2013. Pasalnya bos Warner Bros menunda peluncuran Superman demi memuluskan peluncuran film "The Hobbit" tahun depan. Keduanya diharapkan tidak bersaing jika diluncurkan berbeda tahun.

Semula sang manusia baja, Superman yang kali ini diperankan oleh Henry Cavill akan dilepas pada Desember 2012, namun akhirnya ditunda selama enam bulan sehingga masuk ke musim panas Juni 2013.

read more


 
Fisikawan Temukan Partikel Subatomik Baru
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   18:25)
Physical Review/"prlm"

BATAVIA, (PRLM).- Tumbukan dengan kecepatan tinggi di sebuah pemercepat atom raksasa telah menghasilkan apa yang fisikawan katakan sebagai partikel baru, relatif lebih berat dari partikel neutron.

read more


 
Pelatih Paraguay Kena Sanksi
(Pikiran Rakyat Online, 23 July 2011   17:57)

BUENOS AIRES, (PRLM).- Paraguay akan mengalami kerugian besar setelah pelatih mereka, Gerardo Martino dilaran berada di pinggir lapangan pada saat pertandingan final Copa America 2011, Minggu.

Hukuman itu dijatuhkan setelah terjadinya kericuhan usai semi final antara Paraguay melawan Venezuela. Pertandingan itu berakhir dengan kemenangan penalti bagi Paraguay.

Kerusuhan terjadi ketika Paraguay memastikan kemenangan lewat adu penati atas Venezuela. Saat itu Martino mendatangi pelatih Venezuela, Cesar Farias dan keduanya terlibat adu mulut dan saling memaki dengan kata-kata kasar.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Bazis Sumedang Bantu Dana Rehab 40 Rumah Tidak Layak Huni
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   19:52)

SUMEDANG, (PRLM).- Badan Amil Zakat Infaq dan Sodakoh (Bazis) Kab. Sumedang sejak tanggal 1 Juni 2011 hingga saat ini telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp 117 juta dari gerakan menghimpun infaq seribu (Rp 1.000).

Ketua BAZIS Kab. Sumedang H. Ali Badjri, Selasa (19/7) menyebutkan, sekitar 80 persen dari dana tersebut pada Rabu (20/7) akan disalurkan pihaknya untuk membantu biaya rehab 40 unit rumah tidak layak huni milik masyarakat tidak mampu tersebar di 26 kecamatan, masing-masing rumah mendapat bantuan Rp 2 juta.

read more


 
Warga yang Tenggelam di Kolam Dermaga Ditemukan Tewas
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   19:37)
ADANG JUKARDI/"PRLM"

PALABUHANRATU, (PRLM).- Ukar (70) warga Kp. Pangsor Sirnasari RT 01/RW 34, Kel/Kec. Palabuhanratu yang hilang tenggelam di kolam Dermaga II Palabuhanratu, Senin (18/7) lalu pukul 7.00 WIB, akhirnya ditemukan sudah menjadi mayat oleh tim penyelam Skuba Palabuhanratu, Selasa (19/7) pukul 8.30 WIB. Jasad korban ditemukan sekitar 10 meter dari tempat kejadian perkara, di kolam Dermaga II dengan kedalaman lima meter.

read more


 
Seluruh Sampel Urine Penghuni Lapas Bebas Narkoba
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   19:24)

TASIKMALAYA, (PRLM).- Polres Tasikmalaya Kota dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tasikmalaya menyidak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) 2B Kota Tasikmalaya, di Jln Ooto Iskandardinata Kota Tasikmalaya, Selasa (19/7) siang. Hal itu dilakukan guna membuktikan adanya dugaan peredaran obat-obat terlarang marak terjadi di lapas.

read more


 
Marzuki Alie: Saya Minta Media tak Menyebut Lagi Kubu Marzuki di PD
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   19:12)

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat meminta pengertian awak media untuk tidak lagi menyebut istilah kelompok atau kubu tertentu di Partai Demokrat terkait permasalahan yang terjadi di Internal Partai Demokrat. Dia pun meminta khususnya tidak menyebut kader-kader yang pernah mendukungnya sebagai kubu Marzuki Alie.

read more


 
Pemkab Banyumas tak akan Mampu Biayai Operasional Pejabat dengan Pertamak
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   18:57)

BANYUMAS, (PRLM).- Pejabat PNS di daerah sulit untuk memenuhi imbuan pemerintah pusat untuk menggunakan Pertamak dalam perjalanan dinas. Sebab jatah BBM untuk opersional dinas hanya Rp 270.000 per bulan atau 2-3 liter premium sekitar Rp 13.000 per hari, artinya jika untuk beli pertamak hanya dapat 1 liter. Sebab harga pertamak Rp 9.500 per liter.

read more


 
Sejumlah SPBU di Cianjur Kehabisan Stok BBM
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   18:45)

CIANJUR, (PRLM).- Beberapa SPBU di kawasan Jalan Raya Sukabumi Kabupaten Cianjur, Selasa (19/7) pagi sempat mengalami kehabisan stok BBM. Akibatnya mereka tidak bisa melayani permintaan konsumen (masyarakat). Diperkirakan penyebabnya kiriman BBM mengalami keterlambatan dan permintaan konsumen paska akhir pekan meningkat, sehingga stok sudah habis sebelum pasokan datang.

read more


 
Tim Indonesia Raih Lima Medali pada Olimpiade Fisika Internasional
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   18:32)

JAKARTA, (PRLM).- Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) berhasil meraih lima medali, meliputi 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu pada ajang Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) ke-42yang berlangsung di Bangkok, Thailand, 10-18 Juli 2011.

Kedatangan tim disambut Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Totok Suprayitno di terminal kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta Kota Tangerang, Provinsi Banten, Senin (18/7) malam.

read more


 
Tiket Mudik KA Jurusan Jawa Ludes Terjual
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   18:16)

BEKASI, (PRLM).- Tiket kereta api tujuan sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Stasiun Kota Bekasi ludes terjual untuk keberangkatan 25, 26, 27, dan 28 Agustus 2011. Penjualan untuk tanggal keberangkatan 29 baru dibuka pada Rabu (20/7) pagi.

Kepala Stasiun Bekasi Eman Sulaeman mengatakan, penjualan tiket dilakukan 40 hari menjelang waktu keberangkatan. Penjualan yang setiap harinya dibuka mulai pukul 7.00 WIB selalu habis dalam waktu singkat. Baik untuk tiket kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

read more


 
Harga Perhiasan Emas Melonjak
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   18:08)
USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"
Fotografer: 
usep 1

 
Kapolresta: Setiap Ramadan Biasanya Kriminalitas Naik Hingga 100 Persen
(Pikiran Rakyat Online, 19 July 2011   17:56)

BEKASI, (PRLM).- Kepolisian Resor Kota Bekasi Kota mulai mengintensifkan razia dalam rangka Operasi Cipta Kondisi. Razia yang biasanya hanya digelar dua kali sehari, kini mulai ditingkatkan menjadi tiga sampai empat kali.

Kepala Polresta Bekasi Kota Komisaris Besar Imam Sugianto mengatakan, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir tingkat kriminalitas di wilayah hukumnya. "Setiap Ramadan, kriminalitas justru tinggi. Peningkatannya bisa sampai seratus persen," katanya di Mapolresta Bekasi Kota, Selasa (19/7).

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Indonesia Siap Masuk Dewan ICAO
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   20:52)

JAKARTA, (PRLM).- Indonesia akan mencalonkan diri menjadi anggota dewan organisasi penerbangan sipil internasional atau International Civil Aviation Organization (ICAO) periode 2013-2016.

Untuk memperkuat rencana pencalonan tersebut, Indonesia berusaha untuk meningkatkan citra positif melalui peningkatan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia melalu capacity building.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Freddy Numberi saat menerima kunjungan Presiden ICAO, Roberto Kobeh Gonzales di Kementerian Perhubungan Jln. Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (18/7).

read more


 
Direktur PD Pembangunan Ditahan
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   20:46)

CIREBON, (PRLM).- Direktur Umum dan Keuangan, Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Cirebon Hj. Sofiani akhirnya ditahan di rumah tahanan kelas 1 Cirebon Senin (18/7) sore sekitar pukul 17.45 WIB.

Selain Sofiani, turut ditahan pula staf PD Pembangunan Otong Mulyadi. Kedua tersangka ditahan karena diduga terlibat kasus korupsi penjualan aset milik PD Pembangunan yang merugikan negara senilai Rp 765 juta.

read more


 
PM Jepang Berterima Kasih pada Tim Sepak Bola Wanita
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   20:39)

TOKYO, (PRLM).- Perdana Menteri Jepang Naoto Kan berterima kasih kepada tim sepak bola wanita Jepang atas kemenangan pertama Jepang dalam Piala Dunia.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Senin (18/7), seperti dikutip NHK, Perdana Menteri Kan berterima kasih kepada mereka karena memberikan hadiah terindah bagi seluruh rakyat Jepang, terutama warga yang tinggal di daerah-daerah bencana.

read more


 
Harga Gula Merah Merangkak Naik
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   20:31)

CIAMIS,(PRLM).- Menjelang datangnya bulan puasa, harga gula merah di tatar Galuh Ciamis menunjukkan kecenderungan terus meningkat. Saat ini harga gula merah mencapai Rp 7.500 - Rp 8.000 per kilogram, atau mengalami kenaikkan Rp 1.000 dibandingkan awal bulan ini.

read more


 
Bio Farma Gandeng Perguruan Tinggi
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   20:22)

BANDUNG, (PRLM).- Direktur Utama PT Bio Farma Iskandar mengatakan, selain menggandeng dinas pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya imunisasi dan vaksinasi, pihaknya juga berupaya untuk menggandeng perguruan tinggi dalam hal riset dan inovasi. Terutama untuk menciptakan inovasi dalam pembuatan vaksin dengan harga terjangkau.

“Strategi riset nasional dan inovasi nasional dengan menggendeng perguruan tinggi sudah ada, namun harus diakui implementasinya masih minim,” ujarnya.

read more


 
Sukman Tewas di Penginapan
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   20:13)

SOREANG,(PRLM).- Sukman Hermawan (59), warga Kampung Cilaki RT 3 RW 5, Kecamatan Pangelengan, Kab. Bandung, ditemukan tewas di sebuah kamar di penginapan Karya Ayu, Pangalengan, Kab. Bandung pada Senin (18/7) siang.

Korban ditemukan telah tewas oleh penjaga penginapan yang ketika itu akan mengingatkan korban bahwa waktu sewa kamar telah habis.

Kepala Polres Bandung, Ajun Komisaris Besar Sony Sonjaya mengatakan, kejadian itu diketahui oleh Cuncun (24) yang merupakan pegawai di penginapan itu.

read more


 
Dedi Gumelar: Pencairan Dana SEAG Mendesak
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   20:06)

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi X lainnya dari fraksi PDIP Dedi Gumelar mengatakan di Jakarta, Senin, pencairan anggaran dana pelaksanaan SEA Games ini sangat mendesak. Pasalnya menurut dia, pihaknya mengkhawatirkan dengan minimnya waktu persiapan, penggunaan mekanisme normal pencairan dana justru akan menghambat persiapan SEA Games.

Dia mengusulkan, agar bisa mempercepat proses pencairan dana yang dialokasikan dari APBN-P, pemerintah harus bisa menemukan formulasi yang pas.

read more


 
Kesulitan Premium Warga Selatan Cianjur Belum Teratasi
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   19:53)

CIANJUR, (PRLM).- Kesulitan warga beberapa kecamatan di wilayah Selatan Kabupaten Cianjur mendapatkan BBM jenis premium belum bisa tertanggulangi. Sebab SPBU masih memberlakukan pembatasan pembelian BBM terhadap para pengecer. Padahal warga di Selatan Kabupaten Cianjur selama ini membeli BBM di pengecer karena jarak ke SPBU terdekat sangat jauh.

read more


 
Polresta Bekasi Kota Ciduk Sindikat Penipuan Sayembara Berhadiah
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   19:44)
RIESTY YUSNILANINGSIH/"PRLM"

BEKASI, (PRLM).- Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Bekasi Kota mengungkap sindikat penipuan melalui modus penyebaran kupon undian fiktif. Sindikat beromset ratusan juta rupiah ini tak hanya beroperasi di Kota Bekasi, tapi juga Jakarta, Bogor, Tangerang, Karawang, serta sejumlah kota lain di Pulau Jawa dan Sulawesi.

read more


 
Panpel SEAG Tanya Anggaran
(Pikiran Rakyat Online, 18 July 2011   19:37)

JAKARTA, (PRLM).- Panitia Pelaksana SEA Games XXVI/2011 (INASOC) minta kejelasan mengenai anggaran dana pelaksanaan SEA Games. "Selain masalah waktu pencairan, kami juga membutuhkan kejelasan soal jumlah anggaran yang akhirnya dikeluarkan. Dengan begitu kami bisa mengkalkulasi kebutuhan dana dari sponsor," ujar Ketua Harian INASOC Rahmad Gobel dalam Rapat Dengar Pendapat Menpora, Panitia SEA Games (INASOC), dan Kemenpora, di DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/7).

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Daging Tercemar Nuklir Menyebar di Jepang
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   20:37)

TOKYO, (PRLM).- Keresahan menyebar hari Minggu (17/7) di Jepang terkait daging sapi yang tercemar zat radioaktif, seraya makin banyak wilayah di negara itu melaporkan adanya daging tercemar. Media Jepang mengatakan daging dari 132 ternak yang mengkonsumsi jerami terkontaminasi zat cesium radioaktif tingkat tinggi, telah dikapalkan ke seluruh penjuru negara itu.

Para pejabat menyalahkan seorang peternak yang mengabaikan larangan pemerintah untuk tidak menggunakan pakan ternak jerami yang terkontaminasi tersebut.

read more


 
Kepemimpinan Abubakar-Ernawan di KBB Masih Loyo
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   20:18)

NGAMPRAH, (PRLM).- Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB) di bawah kepemimpinan pasangan Abubakar dan Ernawan dianggap mengalami stagnansi. Kondisi perkembangan pemerintahan yang seakan jalan di tempat itu dinilai akibat langkah kepemimpinan yang kurang berani dalam mengambil keputusan penting.

Hal itu diungkapkan Ketua KPKBB Anwar dalam refleksi tiga tahun kepemimpinan Abubakar-Ernawan. Ia menilai, sejak dilantik pada 17 Juli tiga tahun lalu, pasangan kepala daerah itu belum membawa kemajuan yang pasti.

read more


 
Dani Pedrosa Menangkan MotoGP Jerman
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   20:02)
REUTERS/"PRLM"

SACHSENRING, (PRLM).- Dani Pedrosa (Repsol honda) berhasil memenangkan MotoGP Jerman, Minggu (17/7). Pedrosa yang merebut kemenangan keduanya musim ini, mencatat waktu 41 menit 12,482 detik mengalahkan dua rival beratnya, Jorge Lorenzo (Yamaha) di urutan kedua dengan catatan waktu 41 menit 13.959 detik, dan Casey Stoner (Repsol Honda) di urutan ketiga dengan catatan waktu 41 menit 14.050 detik.

read more


 
Patung Marilyn Monroe Hiasi Chicago
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   19:52)
REUTERS/"PRLM"

CHICAGO, (PRLM).- Pengunjung kota Chicago, Amerika Serikat, sekarang bisa menikmati patung raksasa bintang Hollywood Marilyn Monroe karya perupa Seward Johnson. Demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (17/7).

Patung baja dan alumunium setinggi delapan meter ini memperlihatkan Monroe dalam pose ikonik, mengenakan rok putih yang diterbangkan angin, dengan mata terpejam, dan senyum mengembang. Pose ini diambil dari film The Seven Year Itch yang dibuat pada 1950-an.

read more


 
Paraguay akan Matikan Pergerakan Ganso
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   19:37)

BUENOS AIRES, (PRLM).- Menjelang pertandingan perempat final Copa America 2011 menghadapi Brasil, Senin (18/7) dini hari, pelatih timnas Paraguay, Gerardo Martino, menyatakan lebih mewaspadai Paulo Henrique Ganso ketimbang Neymar.

"Neymar tak mengkhawatirkan kami. Tapi kami harus mencoba agar bola tak bisa mencapai Ganso," kata Martino sekaligus menggambarkan pentingnya Ganso bagi Brasil, seperti dikutip BBC, Minggu (17/7).

read more


 
Sukabumi Diguncang Gempa 5,3 SR
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   19:20)

SUKABUMI, (PRLM).- Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang Sukabumi, Minggu (17/7) pukul 17:59:09 WIB, namun gempa tidak berpotensi tsunami.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa gempa tersebut berpusat di 7.16 LS-106.27 BT dengan kekurtan 5.3 SR, kedalaman 59 Km di 76 km Barat Daya, Sukabumi. (das)***


 
Tiket KA H-5 dan H-4 Lebaran Ludes Terjual
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   19:11)

PURWOKERTO, (PRLM).- Tiket mudik lebaran untuk kereta api komersial kelas eksekutif, bisnis dan kelas ekomoni komersial untuk pemberangkatan tanggal 25 dan 26 atau H-5 dan H-4 Hari Raya Idul fitri sudah terjual semua. Loket dibuka hanya 30 menit kemudian langsung ditutup karena sudah habis.

Para calon penumpang langsung menyerbu ke loket penjualan stasiun atau pembelian melalui sistem on line setelah PT KAI mengumumkan tiket mudik lebaran akan mulai dibuka pada Sabtu (16/7).

read more


 
Sosis Terpanjang di Paraguay Pecahkan Rekor Dunia
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   18:59)

ASUNCION, (PRLM).- Ada sosis baru di Guinnes Book of Records setelah satu sosis di Paraguay mengklaim diri sebagai peraih rekor "terpanjang di dunia" dengan panjang 203,8 meter. Demikian dikatakan penyelenggara kegiatan pada Sabtu (16/7), seperti dikutip AFP, Minggu (17/7).

Wakil Guinness Johanna Hessling, yang menghadiri acara tersebut, mengkonfirmasi sosis Paraguay memecahkan rekor sebelumnya, dengan panjang 150 meter, yang dipegang oleh Spanyol, demikian laporan AFP, Minggu (17/7).

read more


 
Menkes: Anak Indonesia Harus Banyak Membaca
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   18:47)

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyampaikan lima pesan penting untuk anak-anak Indonesia. Antara lain, agar anak Indonesia belajar dengan baik dan banyak membaca, mengembangkan krativitas dan selalu menjaga kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Menkes pada Festival Anak Indonesia 2011 bertema Anak Indonesia Sehat, Kreatif dan Berahlak Mulia di Silang Monas Jakarta, Minggu (17/7), sebagai rangkaian Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli, seperti dikutif kominfo.

read more


 
Tata di India akan Luncurkan Rumah Rp 6 Juta per Unit
(Pikiran Rakyat Online, 17 July 2011   18:32)

NEW DELHI, (PRLM).- Kelompok usaha Tata di India akan meluncurkan rumah murah untuk kalangan tidak mampu. Demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (17/7).

"Prototipe rumah tersebut tengah kami uji di 30 lokasi di seluruh India," kata Sumitesh Das, kepala program riset global Tata seperti dikutip koran The Hindustan Times.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

Rijsbergen Tak Paham Pemain Indonesia
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 20:18)

JAKARTA, (PRLM).- Pelatih tim nasional (timnas) senior Indonesia Wim Rijsbergen mengakui dirinya belum dapat terlibat banyak dalam tim. Pasalnya, sang pelatih asal Belanda ini mengakui tidak memiliki pemahaman yang cukup mengenai karakter pemain Indonesia.

Dalam latihan sehari-sehari jelang leg pertama Pra Piala Dunia (PPD) 2014 melawan Turkmenistan di Asgabath pada 23 Juli mendatang, Wim mengatakan bahwa dia menyerahkan 90 persen tanggung jawab di lapangan kepada asistennya yakni Rahmad Darmawan.

read more


Ribuan Orang Hadiri HUT ke-6 Motor Besar Club
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 20:06)
CECEP WIJAYA/

NGAMPRAH, (PRLM).- Ratusan motor besar berkapasitas 400 cc hingga 1.500 cc memenuhi pelataran parkir Grand Hotel Lembang, Kabupaten Bandung Barat dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-6 Motor Besar Club (MBC) Bandung, Sabtu (16/7) malam. Sekitar dua ribu pengunjung dan pencinta otomotif dari seluruh Indonesia turut menghadiri kegiatan yang berlangsung hingga Minggu (17/7) siang.

read more


Valentino Rossi Berlatih di Sirkuit Sachsenring
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 19:53)
REUTERS/

Banyak Sapi Makan Jerami Tercemar Radiasi
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 19:37)

TOKYO, (PRLM).- Provinsi Fukushima melaporkan bahwa pihaknya telah menemukan lima peternak sapi lainnya yang memberi makan ternak mereka dengan jerami yang tercemar radioaktif cesium kadar tinggi.

Pemerintah Provinsi Fukushima menambahkan kelima peternak itu telah mengirim total 84 sapi yang memakan jerami terkontaminasi itu ke pasar di dalam provinsi tersebut dan empat provinsi lainnya, termasuk Tokyo, sejak akhir Maret hingga pertengahan Juli.

Jerami tersebut terdeteksi mengandung radioaktif cesium hingga 379 kali lebih tinggi daripada batas yang ditetapkan pemerintah.

read more


Liverpool Kontrak Alexander Doni
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 19:21)

LONDON, (PRLM).- Liverpool menandatangani kontrak dengan penjaga gawang Brazil Alexander Doni dari klub AS Roma dengan transfer bebas pada Jumat (15/7).

Doni merampungkan perpindahannya ke Anfield itu setelah menyetujui ketentuan pribadi dengan klub Liga Utama Inggris (Liga Premier) itu dan melalui suatu pemeriksaan medis.

Doni (31) akan menjadi pemain pengganti bagi penjaga gawang asal Spanyol Jose Reina.

Direktur sepak bola Damien Comolli mengaku bahwa penting untuk mengontrak wakil yang lebih berpengalaman bagi Reina.

read more


Dibantah Isu Kehamilan Fergie
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 19:08)
orange co uk/

LONDON, (PRLM).- Kabar hamilnya satu pentolan Black Eyed Peas, Fergie dibantah oleh juru bicaranya. Kabar yang sempat muncul adalah pasangan Fergie - Josh Duhamel tengah menantikan putra pertama mereka.

Kabar tersebut kemudian dipicu informasi lanjutan dari pelantun tembang hit "I Gotta Feeling" ini akan mengambil jeda setelah mengakhiri tur Eropa pada Kamis (14/7).

Isu kehamilan Fergie sontak dibantah juru bicaranya, "Dia tidak hamil kok."

Pasangan artis Fergie dan aktor Josh Duhamel menikah tahun 2009. (orange.co.uk/A-88)***


Pantai Dipenuhi Alga
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 18:54)
REUTERS/
Fotografer:
reuters

Kiper Wanita AS, Hope Solo Berlatih
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 18:42)
REUTERS/
Fotografer:
reuters

Restoran Melarang Pengunjung di Bawah Enam Tahun
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 18:31)
orange co uk/

MONROEVILLE, (PRLM).- Satu restoran di Monroeville, Pennsylvania, AS memicu kontroversi dengan larangan masuk bagi pengunjung anak-anak di bawah enam tahun. Alasannya? Teu pira, cuma akibat volume suara anak-anak itu tidak bisa dikontrol alias suka menjerit.

"Ini bukan tempat untuk anak-anak," ujar Mike Vuick, pemilik restoran McDain's, di Monroeville, Pennsylvania. "Volume suara mereka tidak bisa diatur, berkali-kali pelanggan yang lain terganggu oleh suara mereka," tambahnya.

read more


Persipasi Targetkan ke Penyisihan Nasional
(Pikiran Rakyat Online, 16 July 2011 18:16)

BEKASI, (PRLM).- Persipasi Kota Bekasi U-18 menargetkan diri lolos ke babak penyisihan nasional Piala Suratin 2011. Materi tim yang ada saat ini menjadi bekal meletupnya optimisme tersebut.

Pelatih Persipasi U-18 Tiastono Taufik mengungkapkan, setengah kekuatan timnya merupakan tim inti SMAN 8 Kota Bekasi yang melenggang ke final Liga Pendidikan Indonesia. Capaian ke final tim LPI SMAN 8 Kota Bekasi baginya cukup membuktikan kekuatan anak asuh yang dimilikinya saat ini tidak main-main.

read more


 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Pasis Dikreg XLIX Seskoad Gelar Malam Budaya Nusantara dan Mancanegara
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   21:49)

BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak sepuluh negara sahabat yakni Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Philipina, Cina, Pakistan, Amerika Serikat, dan Korea mengikuti "Malam Budaya Nusantara dan Mancanegara" yang dilaksanakan perwira siswa pendidikan reguler XLIX Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad), di Lapangan Tennis Court Indoor & Fitness Center, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Jumat (15/7).

Sejumlah negara tersebut merupakan perwakilan perwira siswa pendidikan reguler XLIX Seskoad 2011.

read more


 
Anton Moeliono Sudah Tiga Minggu Dirawat di RS Medistra
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   21:29)
IMAM JP/"PRLM"

SEJAK 24 Juni 2011, tokoh bahasa terkemuka Prof. Dr. Anton Moedardo Moeliono (82) dirawat di Rumah Sakit Medistra Jln. Gatot Subroto Jakarta. Karena kondisi sakitnya terbilang serius, Guru Besar Emeritus Universitas Indonesia itu dirawat di ruang ICCU (Intensive Coronary Care Unit).

read more


 
AS Luncurkan Layanan Musik Online
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   19:35)
wired/"prlm"

LONDON, (PRLM).- Spotify, layanan musik digital yang telah populer di Eropa, sekarang tersedia di Amerika Serikat.

Layanan ini, seperti dikutip dari orange.uk.co, Jumat (15/7), memungkinkan pengguna mendengarkan lagu di komputer dan perangkat selular. Menawarkan akses ke lebih dari 15 juta lagu dan memberikan pengguna kemampuan untuk menambahkan file musik digital yang siap jadi milik mereka.

Perusahaan Swedia meluncurkan layanan di Amerika Serikat pada hari Kamis (14/7). Orang-orang dapat meminta undangan untuk bergabung di situsnya.

read more


 
Unsil Negeri Bakal Berlokasi di Kota Tasikmalaya
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   19:27)

TASIKMALAYA, (PRLM).- Kelurahan Mugarsari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya dipastikan menjadi bakal lokasi Universitas Siliwangi Negeri. Pemerintah Kota Tasikmalaya pada akhirnya mengambil inisiatif melakukan penyerahan Fatwa Pengarahan Lokasi Penegrian Universitas Siliwangi (Unsil) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat di tengah wacana penegerian yang semula akan dibangun di Kec. Manonjaya, Kab. Tasikmalaya. Tanah seluas 30 hektare tanah rakyat di Mugarsari difatwakan sebagai upaya mempercepat proses penegerian Unsil.

read more


 
BK DPRD Kota Tasikmalaya Panggil Zaenal Abidin, Selasa (19/7)
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   19:12)

TASIKMALAYA, (PRLM).- Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya Segera memanggil Zaenal Abidin, anggota DPRD yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Metro Jakarta Timur, Selasa (19/7) nanti. BK akan melakukan verifikasi, penyelidikan dan klarifikasi langsung kepada Zaenal Abidin. Namun, saat ini keberadaan anggota DPRD itu sulit ditemukan.

read more


 
Viking Rayakan Ultahnya ke-18, Minggu (17/7)
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   19:04)

BANDUNG, (PRLM).- Kelompok suporter Persib Bandung, Viking, akan merayakan ulangtahunnya yang ke-18 pada Minggu (17/7) nanti, dengan sederhana. Tema ulang tahun yang diusung kali ini adalah "Persib Juara".

Pentolan viking, Rudi 'Boseng' Rahadian mengatakan, tema tersebut diusung sebagai bentuk harapan bobotoh akan prestasi "Maung Bandung". "Tema itu menggambarkan bobotoh yang merindukan Persib juara. Iraha atuh?" katanya ketika ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jumat (15/7).

read more


 
Transaksi Prostitusi di Cirebon Capai Miliaran Rupiah Setiap Harinya
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   18:57)

SUMBER, (PRLM).- Transaksi seks di Kabupaten Cirebon setiap hari bisa mencapai tiga miliar rupiah, atau dalam satu bulan rata-rata 90 miliar rupiah.

"Ini perhitungan minimal, jika benar PSK di Kabupaten Cirebon jumlahnya diperkirakan tiga ribu orang," kata Ichwan Mulyana, pengamat sosial politik di Cirebon, Jumat (15/7).

Menurut Ichwan, asumsi tersebut didasarkan jika jumlah pekerja seks komersial (PSK) yang ada di Kabupaten Cirebon sebanyak 3.000 orang dan seorang PSK melayani sedikitnya 5 orang pria hidung belang serta satu kali kencan dibayar Rp 200.000.

read more


 
Mayoritas Akses Sentra Produksi di Indramayu Rusak
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   18:48)
ARIF BUDI K./"PRLM"

INDRAMAYU, (PRLM).- Akses jalan sentra-sentra produksi di Kabupaten Indramayu berada dalam kondisi rusak dan membutuhkan perbaikan. Dari panjang jalan sentra produksi 129, 7 kilometer, kerusakan mencapai 120 kilometer.

Kerusakan jalan ini menjadi salah satu faktor penghambat aktivitas ekonomi sehari-hari yang dikeluhkan masyarakat. Pasalnya, jalan-jalan sentra produksi tersebut merupakan jalur ekonomi padat aktivitas yang sangat penting bagi warga.

read more


 
Pria Tua Tewas di Trotoar
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   18:36)
ARIF BUDI KRISTANTO/"PRLM"

INDRAMAYU, (PRLM).- Seorang pria tua yang diperkirakan berumur 65 tahun ditemukan tewas mengenaskan di trotoar di jalan Yos Sudarso Kecamatan/Kabupaten Indramayu tepatnya di depan Kantor Kecamatan Indramayu, Jumat (15/7) sore. Penemuan ini sempat menggemparkan warga setempat. Pasalnya warga tidak mengetahui kedatangan pria itu sebelumnya.

Polisi yang datang kelokasi, langsung melakukan indentifikasi terhadap korban dan membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabuapten Indramayu untuk dilakukan otopsi. Namun petugas tidak menemukan keterangan identitas dari tubuh korban.

read more


 
RI Kekurangan Tenaga Kerja Terampil
(Pikiran Rakyat Online, 15 July 2011   18:27)

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah terus berupaya meningkatkan kemampuan Balai Latihan Kerja (BLK) di seluruh Indonesia. Dengan demikian, BLK nantinya mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil di dunia industri dan berkontribusi secara nyata dalam perluasan kesempatan kerja, serta peningkatan data saing sumber daya manusia.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Gubernur Bantah Memarginalkan Peternak Unggas
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   12:16)

SUKABUMI, (PRLM).- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di sela-sela peringatan Hari Koperasi Ke-64 tingkat Jawa Barat yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Kamis (14/7), membantah bila pihaknya memarginalkan keberadaan para peternak unggas.

Bantahan itu dikemukakan setelah memperoleh nfotmasi ratusan kelompok peternak yang tergabung dalam Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Jawa Barat, kini terancam gulung tikar. Kondisi ini seiring ancaman masuknya usaha bermodal besar ditengah-tengah aktivitas peternak unggas loka.

read more


 
Ratusan Kelompok Peternak Unggas Lokal Terancam Bangkrut
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   12:07)

SUKABUMI, (PRLM).- Ratusan kelompok peternak yang tergabung dalam Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Jawa Barat, kini terancam gulung tikar. Kondisi ini seiring ancaman masuknya usaha bermodal besar di tengah-tengah aktivitas peternak unggas loka.

Padahal sejak lima tahun terakhir, keberadaan peternak unggas lokal mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Keberadannya telah memberikan kotribusi sekitar 25% dari seluruh produksi unggas secara nasional.

read more


 
MUI Jabar Keluarkan Fatwa Haramkan TKW
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   11:55)

BANDUNG, (PRLM). Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar dan MUI kabupaten/kota mengeluarkan fatwa yang mengharamkan seorang Muslimah menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) tanpa didampingi mahram (keluarga). Fatwa haram itu juga berlaku bagi para lembaga/perorangan maupun pihak lain yang terlibat dalam mengirimkan TKW.

read more


 
Menristek: Momentum Komitmen Iptek Berkontribusi bagi Kesejahteraan Rakyat
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   11:43)

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Riset dan Teknologi meluncurkan rangkaian peringatan Hakteknas ke-16 dengan berbagai lomba, seminar dan pameran iptek untuk meningkatkan semangat dan kecintaan terhadap iptek.

read more


 
Disperindagkop Bekasi Akan Gelar Operasi Pasar dan Bazar Ramadan
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   11:34)

BEKASI, (PRLM).-Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Bekasi dalam waktu dekat akan menggelar operasi pasar. Operasi pasar ini dilakukan untuk menekan lonjakan harga-harga kebutuhan pokok yang terus melambung.

Kepala Disperindagkop Kota Bekasi Hasbullah mengatakan saat ini koordinasi dengan sejumlah pihak terkait masih dilakukan. Sebelum memasuki bulan Ramadan, operasi pasar akan digelar.

read more


 
Ruddy Gandakusumah: Naiknya SiLPA Menunjukkan Kinerja Baik PNS
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   11:26)

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Biro Humas, Protokol, dan Umum Pemprov. Jabar, Ruddy Gandakusumah, menegaskan, naiknya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) APBD 2010 dibanding SiLPA APBD 2009, tidak menunjukkan berkurangnya kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Justru naiknya SiLPA menunjukkan kinerja baik para PNS di lingkup Pemprov. Jabar.

Ruddy menjelaskan, SiLPA APBD 2010 memang naik hampir dua kali lipat dibanding SiLPA APBD 2009. Pada APBD tahun anggaran 2009, SiLPA mencapai Rp 1,3 triliun. Sementara di tahun 2010, SiLPA menembus angka Rp 2,449 triliun.

read more


 
Gubernur Jabar Kunjungi Kantor Perwakilan "PR" Sukabumi
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   11:13)
RAYADIE/"PRLM"

SUKABUMI, (PRLM).- Di sela-sela kesibukanya, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Kamis (14/7) berkunjung ke kantor Perwakilan "PR" Sukabumi. Ahmad Heryawan sempat berdiskusi mengenai seputar kegiatannya. Termasuk menyoroti mengenai pemberitaan sejumlah media massa termasuk Harian Umum Pikiran Rakyat.

“Kami merasa terbantu dengan sejumlah pemberitaan di sejumlah media massa. Berbagai derap langkah pembangunan dengan cepat dan tersosialisaikan dengan baik,” kata Ahmad Heryawan kepada "PRLM", kamis (14/7).

read more


 
Stok Premium di Puwokerto Habis, Akibat Terlambat Pasokan
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   11:05)
EVIYANTI/"PRLM"

PURWOKERTO, (PRLM).- Sejumlah pengisian bahan bakar minyak umum (SPBU) di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah kahabisan stok premium. Mengakibatkan pengendara sepeda motor kebingungan mencarinya. Di SPBU hanya tersedia pertamak BBM non subsidi yang harganya hampir dua kali lipatnya, Kamis (14/7).

SPBU yang kehabisan stok antara lain SPBU di Jalan Overste Isdiman, SPBU di Desa Pabuaran dekat komplek Universitas Jenderal Soedirman, dan juga SPBU di Desa Arcawinangun. Di depan SPBU tersebut, terpampang papan penguman 'Maaf Premium Habis'.

read more


 
Kota Bekasi Bebas Anjal Selama Ramadan
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   10:54)

BEKASI, (PRLM).- Selain memastikan tempat hiburan tak beroperasi, Satpol PP pun akan berupaya membersihkan Kota Bekasi dari kehadiran gepeng dan anak jalanan selama Ramadan. Apalagi pada saat Ramadan, jumlah gepeng dan anak jalanan yang berkeliaran di sekitar pusat kota meningkat sekitar sepuluh persen dari semula 150-an orang.

read more


 
Pria tak Dikenal Tewas di Tol, Diduga Jadi Korban Pembunuhan
(Pikiran Rakyat Online, 14 July 2011   10:42)

SUMBER, (PRLM).- Seorang pria tak dikenal ditemukan tewas di jalan tol Kanci-Pejagan KM 236 yang masuk Blok Babadan, Desa Japurabakti , Kecamatan Asjtanaapura, Kabupaten Cirebon, Kamis (14/7) pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Bagian kepala sebelah kiri terdapat luka diduga akibat benturan benda keras.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Pengumuman Penerimaan Siswa Telat, Orang Tua Kecewa
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   12:23)

BEKASI, (PRLM).- Keterlambatan pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2011-2012 untuk tingkat SMP dan SMA/SMK melalui jalur bina lingkungan disambut kecewa orang tua calon siswa. Pengumuman yang dijanjikan disampaikan serentak dengan jalur-jalur lainnya pada Senin (11/7), nyatanya molor. Hingga Rabu (13/7) sore, belum ada tanda-tanda pengumuman akan disampaikan.

Salah satu orang tua calon siswa yang memendam kekecewaan ialah Budi (54). Sejak Senin, sudah lebih dari sepuluh kali ia bolak-balik ke SMA Negeri 2 Kota Bekasi untuk mengecek pengumuman kelulusan sang anak.

read more


 
Memperingati Isra Mi’raj di Kampung Bosscha Lembang
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   12:14)

PADA masa liburan sekolah, anak-anak di Kampung Bosscha-Lembang, biasa mengisinya dengan bermain bersama teman-teman, piknik dan  berenang atau cukup botram saja. 

Liburan sekolah tahun ini, alhamdulillah  semua  naik kelas dan ada yang melanjutkan ke tingkat sekolah yang lebih tinggi  yakni SMP dan SMA. 

read more


 
Bekasi Jazz Festival akan Dimeriahkan Musisi Ternama Nasional dan Mancanegara
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   12:07)
RIESTY YUSNILANINGSIH/"PRLM"

BEKASI, (PRLM).- Even yang kali ini mengusung tagline "Great Nation, Great Jazz" dijanjikan lebih meriah daripada gelaran pertamanya tahun lalu.

Tak hanya dimeriahkan oleh sederet musisi jazz nasional ternama, sejumlah musisi jazz mancanegara pun dijadwalkan turut memeriahkan acara yang dihelat di Bekasi Square pada 8-9 Oktober mendatang.

read more


 
Fungsi Komite Sekolah Masih Lemah
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   11:55)

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Forum Komite SD Kota Bandung Udja Surdja mengakui masih lemahnya fungsi komite di sekolah. Apalagi di tingkat SD yang seakan mati suri. “SD banyak sekali jumlahnya. Kami pun sedang mempersiapkan dan segera menyelesaikan masalah komite ini,” katanya, Rabu (13/7).

Ketua Forum Komite SMA Kadar Faisal mengusulkan kepada dinas pendidikan untuk mengambil langkah positif dan mengembalikan fungsi komite. Sebab Kadar pun mengakui pelanggaran selama PPDB selalu berulang setiap tahun tanpa ada tindakan kongkrit dan tindak lanjut kepada para pelanggar.

read more


 
Dua Kali "Ditiduri", Uangnya tak "Beranak" Juga
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   11:42)

SUKABUMI, (PRLM).- Dukun cabul dengan modus penggandaan uang hingga miliaran rupiah di Kec. Cisolok, hingga kini masih buron bersama dua anak buahnya yang menjadi perantara. Pelaku yang bernama Darma (54) warga Kp. Ciodeng, Ds. Cikelat, Kec. Cisolok dan dua anak buahnya, Udin warga Cirebon dan Dadang, sampai saat ini masih dalam pengejaran polisi.

read more


 
Menjelajahi Tempat Wisata Di Ciwidey
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   11:34)

SEBELUM menceritakan itu semua, saya ingin memperkenalkan dulu siapa kami. Kami adalah mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Bandung. Mayoritas dari kami adalah para perantau yang bukan asli Bandung. Dari kami hanya ada 5 dari 11 yang ikut wisata yang merupakan asli dari Bandung, sisanya ada yang dari Purwakarta, Tasikmalaya, Jambi, Padang dan yang paling jauh berasal dari Medan. Saya pun seorang perantauan dari Bekasi.

read more


 
Forkom dan Fortusis Pertanyakan Program Bela Negara
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   11:26)

BANDUNG, (PRLM).- Dalam pertemuan antara Forum Komite Sekolah (Forkom) dan Forum Orang Tua Siswa, Forkom dan Fortusis juga mempertanyakan adanya program bela negara yang cukup membebani masyarakat. Terlebih program tersebut dilaksanakan di markas militer dengan biaya yang tidak sedikit.

read more


 
Pembayaran Diyat Darsem Gunakan Anggaran Pos Perlindungan WNI/TKI Kemenlu
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   11:17)

JAKARTA, (PRLM).- Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat, mengungkapkan, pembayaran diyat untuk Darsem Binti Daud Tawar (25) dilakukan dengan anggaran pos perlindungan WNI/TKI Kemenlu pada 21 Juni 2011 dan lebih dulu ditransfer ke rekening Kedutaan Besar RI di Riyadh. Dana tersebut kemudian disampaikan KBRI ke ahli waris korban dalam bentuk cek melalui pengadilan di Riyadh pada 25 Juni 2011, yang disaksikan Lajnatul Ishlah wal-‘Afwu (Komisi Jasa Baik untuk Perdamaian dan Pemberian Maaf).

read more


 
Unisba Masih Minim Guru Besar
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   11:08)

BANDUNG, (PRLM).- Atmosfer penelitian yang nyaman masih perlu ditingkatkan untuk mendorong penambahan jumlah guru besar di perguruan tinggi. Pasalnya harus diakui, saat ini jumlah guru besar yang ada masih belum maksimal.

read more


 
Bunuh Istri Sendiri Divonis 10 Tahun
(Pikiran Rakyat Online, 13 July 2011   10:52)

CIANJUR, (PRLM).- Terdakwa perkara pembunuhan Erwin Priyana (35) dinyatakan terbukti bersalah telah membunuh istrinya sendiri, Dewi Maya Istrinya (29) warga Kampung Kenanga, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Rabu (13/7), divonis sepuluh tahun penjara dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Cianjur. Seusai persidangan, terdakwa sempat menjadi bulan-bulanan amuk keluarga korban yang melampiaskan emosinya karena kesal dengan perbuatan terdakwa.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Lahan di Kayu Ambon, Lembang Tetap akan Dieksekusi Pengadilan
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   10:33)

SOREANG,(PRLM).- Humas Pengadilan Negeri Bale Bandung (PNBB) M. Simanulang menuturkan, pihaknya tetap akan melakukan eksekusi lahan di Panti Sosial Pamardi Putra (PSPP) Binangkit, Kecamatan Lembang, Kab. Bandung Barat, pada Rabu (20/7) nanti, seusai dengan keputusan Mahkamah Agung (MA).

“Keputusan MA memiliki kekuatan hukum, jadi bisa dieksekusi,” ujar Manullang kepada “PR”, Selasa (12/7).

read more


 
Sisa Anggaran Naik 200 Persen, DPRD Jabar Tinjau Ulang Tunjangan PNS
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   11:57)

BANDUNG, (PRLM).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prov. Jawa Barat mulai meninjau ulang Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemprov. Jabar. Hal itu terkait dengan nominal dana sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) APBD 2010 yang hampir meningkat dua kali lipat dibanding silpa 2009. Pada APBD 2009, silpa mencapai Rp 1,3 triliun dan di APBD 2010 silpanya menembus angka Rp 2,449 triliun.

read more


 
Media Massa Sunda Arus Utama Harus Membuka Diri
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   11:49)
USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"

BOGOR, (PRLM),- Media mainstream (arus utama) harus mau bergabung dengan media baru yang sedang menggejala. Bila memang media tersebut ingin tetap bertahan atau berkembang sesuai tuntutan perubahan yang sedang terjadi. Media baru tersebut adalah citizen journalism, civics journalism, dan entrepreneur journalism.

Pemimpin Redaksi HU Pikiran Rakyat H. Budhiana Kartawijaya menyampaikan hal itu pada sidang komisi C Bidang Media, Kongres Bahasa Sunda, di Cipayung, Bogor, Selasa (12/7). Pada kesempatan itu, Budhiana berbicara dengan seniman pengelola media "Cakakak" Taufik Fatturohman.

read more


 
Tahun Ajaran Baru, Momentum Penerapan Pendidikan Karakter
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   11:42)

JAKARTA, (PRLM).- Seiring dimulainya tahun pelajaran baru 2011/2012, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menggelar apel kesiapan sekaligus pencanangan dimulainya pendidikan berbasis karakter. Kegiatan dipusatkan di SMA Negeri 70 Jakarta, Selasa (12/7).

Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal bertindak sebagai pembina upacara. Peserta apel meliputi guru, tenaga kependidikan, dan siswa perwakilan sekolah-sekolah di DKI Jakarta. Pada acara dideklarasikan pernyataan siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan pendidikan karakter.

read more


 
Tilang Bagi Pelanggar Marka Batas Garis Henti
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   11:36)
ADE BAYU INDRA/"PRLM"
Fotografer: 
ade bayu/1

 
Belum Separuh Guru di Jawa Barat Berkualifikasi S1/D4
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   11:23)

JAKARTA, (PRLM).- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi menuturkan, dari sekitar 430 ribu guru yang ada di Jawa Barat, belum separuhnya yang mengantongi gelar Strata 1 (S1) atau Diploma 4 (D4).

“Di bawah 50 persen, jumlah paling banyak yang belum S1 atau D4 itu adalah guru-guru di sekolah dasar,” ujarnya seusai menghadiri Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 1.267 lulusan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Bogor yang berlangsung di UT Convention Center, Kampus Pusat UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Selasa (12/7).

read more


 
Pelatihan Hipnoterapi untuk Paramedis
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   11:14)

YAYASAN Sumber Hurip Bandung Jln. Melong No. 22, Kota Bandung akan menggelar pelatihan hipnoterapi untuk paramedis baik dokter, bidan, perawat, dan psikiater, Sabtu-Minggu (16-17/7) pukul 8.00 WIB. Pelatihan diisi dr. HR Syarief Hidayat, Sp.P.D., K.G.E.H., di Hotel Savoy Homann. (A-71)***


 
Petani Cabai Merah Berharap Harga Baik Tutupi Kerugian
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   11:06)
cecep wijaya/"prlm"

NGAMPRAH, (PRLM).- Harga cabai menjelang bulan puasa, akhir Juli ini, diperkirakan meningkat hingga Rp 40.000-Rp 80.000 per kg atau delapan kali lipat dibandingkan dengan harga saat ini. Peningkatan harga cabai itu disebabkan melonjaknya permintaan pembeli terhadap cabai dan sejumlah sayuran lainnya.

"Biasanya satu atau dua hari menjelang puasa, harga cabai sudah naik karena banyak masyarakat yang membutuhkan untuk bumbu masakan," kata salah seorang petani cabai, Jajang Sumarna (26), saat ditemui di Desa Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (12/7).

read more


 
Bata Peninggalan Purbakala Dicuri
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   10:54)

SUMBER, (PRLM).- Serpihan bejana dan batu bata kuno yang diduga merupakan peninggalan purbakala di Desa Blender, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon sebagian telah dicuri oleh orang yang tidak dikenal selama dua hari terakhir ini.

"Pada saat awal ada puluhan bata dan sejumlah pecahan bejana kuno, namun, sekarang tinggal sedikit. Diduga dicuri oleh orang yang memercayai benda tersebut mengandung mistis," kata M. Thamrin, pemilik museum Karya Budaya Sakti, asal Desa Kubangdeleg, Kecamatan Karangwareng, Selasa (12/7).

read more


 
Ujian Nasional Program Paket A dan B Hingga Kamis (14/7)
(Pikiran Rakyat Online, 12 July 2011   10:43)
ADE BAYU INDRA/"PRLM"
Fotografer: 
ade bayu/ 1

 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
TEPCO Hentikan Sistem Dekontaminasi
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   21:53)

TOKYO, (PRLM).- Pengelola PLTN Fukushima Daiichi menghentikan sebagian operasi sistem dekontaminasi air radioaktif karena ditemukan cairan bocor dari alat tersebut. Demikian seperti dikutip NHK, Minggu (10/7).

Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo TEPCO menyatakan menghentikan sistem itu Minggu (10/7) pagi. Cairan ditemukan bocor dari selang untuk memasukkan zat-zat kimia pemecah bahan radioaktif di peralatan yang dibuat Prancis itu. Diyakini sebanyak sekitar 50 liter cairan bocor.

read more


 
Taklukan Denali, Mahitala Lengkapi Pendakian The Seven Summits
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   21:36)

JAKARTA, (PRLM).- Empat pendaki Mahitala Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, yang tergabung pada ekspedisi Mahitala The Seven Summits akhirnya berhasil melengkapi pendakian di tujuh puncak tertinggi di dunia. Jumat (8/7) waktu setempat, Sofyan Arief Fesa, Xaverius Frans, Broery Andrew Sihombing, dan Janatan Ginting berhasil mencapai puncak Denali (6.194 mdpl) di Alaska, Amerika Serikat.

read more


 
Penyanyi Argentina Tewas Ditembak
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   21:18)
REUTERS/"PRLM"

GUATEMALA CITY , (PRLM) - Facundo Cabral, yang dikenal dunia sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu berbahasa Spanyol, tewas ditembak di dalam mobilnya setelah menggelar dua pertunjukkan di Guatemala.

Penyanyi kelahiran Argentina berusia 74 tahun itu tengah dalam perjalanan ke bandara untuk terbang ke Nikaragua yang akan menggelar pertunjukkan berikutnya. Namun, pria bersenjata tidak dikenal menyerang kendaraan four-wheel drive (penggera rode empat ) warna putih yang dikendarainya.

read more


 
Alonso Rebut Kemenangan Pertama
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   21:07)
REUTERS/"PRLM"

SILVERSTONE, (PRLM).- Pembalap Fernando Alonso berhasil merebut kemenangan pertama F1 musim ini dan juga pertama untuk tim Ferrari, dengan berhasil menjuarai F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (10/7).

Mengawali start dari posisi ketiga, Alonso kesulitan menyalip duo Red Bull Racing, Vettel dan Mark Webber di depan. Bahkan sempat melorot ke posisi keempat setelah disalip Lewis Hamilton.

Baru dari lap ke-28 sampai bendera finis dikibarkan, Alonso berhasil menjaga posisi pertama dan meraih kemenangan. Sementara posisi kedua ditempati Vettel dan ketiga Webber.

read more


 
Sandra Bangga Meraih Plakat dan Piala dari Kampusnya
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   20:55)
MUNADY/"PRLM"

JAKARTA, (PRLM).- Pemeran sinetron "Cahaya Cinta" meski sudah lulus enam tahun dari Sekolah Tingggi Ilmu Komunikasi, The London School of Public Relation Jakarta, ternyata punya kebanggaan tersendiri, apalagi  ada delapan alumni London School termasuk Sandra Dewi yang menerima plakat dan piala sebagai symbol penghargaan atas prestasinya sebagai selebriti.

 

read more


 
20 Serikat Pekerja akan Demo Secara Nasional
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   20:44)

JAKARTA, (PRLM).- Sebanyak 20 serikat pekerja/buruh dengan tegas menyatakan menolak peleburan empat badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) yang kini diwacanakan dalam pembahasan Rancangan Undang-undang BPJS. Mereka siap melakukan aksi demo terus menerus secara nasional hingga pemerintah dan DPR mengabulkan aspirasi tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Sjukur Sarto atas nama 20 serikat pekerja/buruh di Jakarta, Minggu (10/7). Rencananya, mereka mulai melakukan aksi unjuk rasa di Istana Presiden, Senin (11/7).

read more


 
Koalisi Advokasi Tolak RUU Intelijen
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   20:36)

JAKARTA, (PRLM).- Koalisi Advokasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Intelijen Negara menolak pengesahan RUU tersebut oleh DPR RI. Mereka meminta DPR membuat draft baru yang melibatkan masyarakat. RUU ini dinilai mengancam demokrasi yang sedang tumbuh di Indonesia.

read more


 
Kecelakaan Kereta di India Utara, Puluhan Tewas
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   20:27)

NEW DELHI, (PRLM).- Paling tidak 20 orang tewas dan lebih 100 luka-luka dalam kecelakaan kereta api di India utara. Kereta Kalka Mail itu sedang dalam perjalanan dari Kolkata ke ibu kota India, New Delhi, ketika mengalami kecelakaan keluar rel di negara bagian Uttar Pradesh, India utara.

Wartawan BBC di New Delhi, Minggu (10/7), melaporkan bahwa para pejabat kereta api mengatakan kereta penumpang Kalka Mail sedang meluncur dengan kecepatan tinggi sewaktu 13 gerbongnya keluar rel di dekat kota Malwa. Banyak diantara gerbong tersebut dikatakan rusak berat.

read more


 
Eks Pemain Liverpool, Robbie Flower Tampil di Thailand
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   20:19)
REUTERS/"prlm"

 
Murdoch Menggunakan Jurnalisme Buku Cek
(Pikiran Rakyat Online, 10 July 2011   20:11)

LONDON, (PRLM).- Ahli sejarah surat kabar tabloid Chris Horrie mengatakan Raja media, Rupert Murdoch mengubah surat kabar "News of the World" secara dramatis.

"Murdoch membelinya dan mengubahnya sama sekali. Dia mengubah praktik jurnalisme modern dengan menggunakan jurnalisme buku cek. News of the World membeli semua cerita selebriti dan politisi dan membeberkannya pada hari Minggu. Itulah jurnalisme buku cek sejak tahun 1980-an," kata Horrie, Minggu (10/7).

read more