Pikiran Rakyat Online

   

 
Mendagri dan Dua Gubernur Sambut Kerjasama Lintas Batas
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:57)

KUNINGAN, (PRLM).- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi beserta Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, menyambut baik rencana delapan pimpinan daerah yang wilayahnya saling berbatasan (lintas batas), untuk menjalin kerja sama saling menguntungkan di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan maupun pembangunan insfrastruktur yang diperlukan masing-masing daerah.

read more


 
Korsel Siap Kirim 40 Petugas Penyelamat ke Jepang
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:48)

SEOUL, (PRLM).- Korea Selatan siap mengirim regu penyelamat ke Jepang guna membantu negara tetangganya itu mengatasi berbagai masalah akibat gempa bumi dan tsunami. Demikian dikatakan seorang pejabat Jumat, di tengah-tengah kekhawatiran atas jumlah korban yang besar, seperti dikutip Yonhap, Jumat (11/3).

Gempa bumi berkekuatan 8,9 pada skala Richter menghantam wilayah bagian timurlaut Jepang pada pukul 14.46 waktu setempat dan Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh kawasan pantai Pasifik, demikian laporan media.

read more


 
Hingga Jumat Sore, Tercatat 32 Orang Tewas
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:40)

TOKYO, (PRLM).- Setidaknya 32 orang tewas dan sejumlah lainnya cedera dalam satu kawasan besar di setengah wilayah Jepang timur setelah gempa bumi dahsyat pada Jumat (11/3) mengguncang bagian timurlaut dan timur Jepang. Demikian dikatakan Kepolisian Jepang dan pejabat setempat, seperti dikutip kantor berita Filipina, PNA, Jumat (11/3).

Menurut pejabat setempat, sebanyak sepuluh orang tewas akibat gempa yang memicu tsunami di Prefektur Iwate sementara setidaknya satu korban tewas dikabarkan terdapat di setiap prefektur Miyagi, Tokyo, Chiba, Kanagawa, Ibaraki dan Tochigi.

read more


 
30 Tim SAR Internasional Siap Bantu Jepang
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:33)

JENEWA, (PRLM).- Tiga puluh tim pencari dan penyelamat (SAR) internasional siap berangkat ke Jepang untuk memberikan bantuan setelah gempa bumi besar. Demikian dikatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Jumat, seperti dikutip Reuters, Jumat (11/3).

"Kami siap untuk memberi bantuan atas kejadian seperti ini," kata pejabat badan PBB untuk Pemberian Bantuan Kemanusiaan (UNOCHA) Elisabeth Byrs kepada Reuters di Jenewa. "Tiga puluh tim SAR internasional sedang dalam keadaan waspada dan mengawasi situasi serta bersiap untuk membantu bila diperlukan."

read more


 
Ruang Kelas SDN I Cijulang Ambruk
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:27)
NURHANDOKO/"PRLM"

CIAMIS, (PRLM).- Ruang kelas dan perpustakaan SDN 1 Cijulang, Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis ambruk, Jumat (11/3). Beruntung ambruknya bangunan sekolah terjadi pukul 4.30 WIB, sehingga tidak menimbulkan korban.

Robohnya tiga ruang yang terdiri dari ruang kelas V,VI dan ruang Perpustakaan tersebut, menyebabkan sejumlah buku koleksi perpustakaan, meja serta kursi rusak. Demikian beberapa fasilitas yang ada di ruang kelas tersebut ikut rusak. Bangunan SDN 1 Cijulang ambruk, menyusul turunnya hujan deras yang turun sejak sore hingga malam hari.

read more


 
Bendahara TK Jadi Korban Hipnotis, Rp 5 Juta Melayang
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:16)

CIANJUR, (PRLM).- Bendahara TK Mutiara Bunda di Jalan Dr Muwardi Kabupaten Cianjur, Adi Budiyanto (23) diduga menjadi korban aksi hipnotis, Jumat (11/3) siang. Akibatnya uang Rp 5 juta raib, diduga dibawa kabur pelaku yang datang mengaku hendak menyekolahkan anaknya.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, peristiwa itu menimpa korban ketika sedang berada di sekolah. Saat itu, korban kedatangan seorang perempuan yang mengaku hendak menyekolahkan anaknya. Korban tidak merasa curiga, dan menerima perempuan itu serta menjelaskan seputar kondisi sekolah kepada pelaku.

read more


 
14 Rumah di Pangalengan Terendam Banjir Bandang
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:11)

SOREANG, (PRLM).- Sebanyak 14 rumah di Kp. Cisangkuy, Desa Maramekar dan Desa Pulosari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung terendam air hingga ketinggian satu meter akibat banjir bandang yang terjadi pada Jumat (11/3) pukul 16.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun “PRLM”, banjir bandang itu terjadi karena di saat hujan lebat yang mengguyur Kec. Pangalengan pada Jumat (11/3) siang, yang kemudian air tidak mampu ditampung oleh Sungai Cisangkuy. Dan, banjir bandang pun tidak mampu terelakkan.

read more


 
Mencari Korban Gempa Yingjiang, Cina
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:08)
Stringer/REUTERS/"prlm"

 
ST 12 dan The Virgin akan Goyang Bandung Timur
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   19:01)
RATNA DJ/"PRLM"

BANDUNG, (PRLM).- Di tengah gosip yang menyebutkan Grup ST 12 sedang retak, justru terjawabkan dengan akan tampilnya mereka di panggung "Surya Pro Mild Tour 2011" yang berlangsung di Lapangan Yon Zibur Ujung Berung, Sabtu (12/3) pukul 19.30 sampai selesai.

read more


 
Jamaah Ahmadiyah Karawang Masih Beribadah Seperti Biasa
(Pikiran Rakyat Online, 11 March 2011   18:49)

KARAWANG, (PRLM).- Aktifitas jamaah Ahmadiyah di Kabupaten Karawang hingga kini tetap berlangsung meski surat keputusan Gubernur Jawa Barat telah ditetapkan dan disosialisasikan. Meskipun demikian, jamaah Ahmadiyah dan warga saling hidup rukun.

Setiap hari jumat, sedikitnya lima puluh jamaah Ahmadiyah dari penjuru Karawang melakukan solat berjamaah di masjid Baituds Dzikri milik jamaah Ahmadiyah di Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
ElBaradei Calonkan Diri Jadi Presiden Mesir
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   21:06)

KAIRO, (PRLM).- Tokoh Reformis Mesir Mohamed ElBaradei mengatakan ia akan mencalonkan diri untuk menjadi presiden dalam pemilu yang akan diadakan tahun ini.

Ucapan ElBaradei kepada sebuah stasiun televisi swasta, Rabu, merupakan pertama kalinya ia dengan lugas menyatakan pencalonan dirinya untuk jabatan presiden sejak mantan Presiden Hosni Mubarak digulingkan bulan lalu.

read more


 
PG Diuntungkan Keteguhan PDIP
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   20:57)

JAKARTA, (PRLM).- Partai Golkar diuntungkan dengan keteguhan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang tetap tidak akan masuk dalam koalisi pemerintah.

Hasil evaluasi koalisi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang tidak memberikan sanksi dan syarat dinilai akan makin membuat Partai Golkar mendikte Presiden Yudhoyono.

Hal itu diungkapkan pengamat politik Yudi Latif dalam diskusi dialektika demokrasi di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta , Kamis (10/3).

read more


 
Kerjasama Pertahanan Indonesia-Korsel Terus Ditingkatkan
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   20:44)

JAKARTA, (PRLM).- Kerjasama Indonesia dan Korea Selatan (Korsel), khususnya dalam bidang pertahanan, saat ini mengalami peningkatan yang sangat sigifikan. Demikian dikatakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro saat menerima Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Kim Ho Young, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Kamis (10/3).

read more


 
Paslon Akan Boikot Kegiatan KPU Cianjur
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   20:36)

CIANJUR, (PRLM).- Sebagai buntut kekecewaan terhadap keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur yang menetapkan jadwal pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) tanggal 21 Maret 2011, lima pasangan calon (paslon) peserta pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Kabupaten Cianjur membuat pernyataan bersama berisi mosi tidak percaya.

read more


 
Pemerintah Tak Siap Terapkan Cabotage
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   20:23)

JAKARTA, (PRLM).- Ketidaksiapan pemerintah dalam penerapan asas Cabotage dipertanyakan. Padahal, hal itu merupakan diamanatkan Undang-undang (UU) No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Hal ini diungkapkan anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera asal Jawa Barat Yudi Widiana Adia, dalam rapat dengar pendapat dengan Kementerian Perhubungan, Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Pimpinan BP Migas di gedung DPR Senayan, Jakarta, Kamis (10/3).

read more


 
Dewan Ajak Disdikbud Kab. Bandung Segera Selesaikan Permasalahan SDN Ciaro
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   20:15)

SOREANG, (PRLM).- Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Bandung menilai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kurang tegas dalam mengambil tindakan perihal penyelesaian masalah yang terjadi di SDN Ciaro, Desa Ciherang, Kec. Nagreg dan SDN Cipagalo 3, Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung. Terkait hal itu, Dewan mengajak Disdikbud Kab. Bandung agar segera menyelesaikan kedua permasalahan itu.

read more


 
Tiga Atlet Karate PPLP Jabar Raih Medali di Malaysia Open
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   20:08)

BANDUNG, (PRLM).- Tiga atlet karate PPLP Jawa Barat meraih medali emas dan perunggu, pada Kejuaraan Karate Malaysia Open "4th SMA Karate Cup" yang diadakan pada tanggal 5-6 Maret di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pelatih karate yang mengikuti kejuaraan tersebut, Yedih Lesmana menuturkan ketiga atlet tersebut adalah Ayu Rachmawati (Kab. Sukabumi), Intan Nurjannah (Kota Bandung), dan Avista Chandra Dewi (Kota Cirebon). "Total medali yang diperoleh ketiga atlet adalah 2 emas dan 2 perunggu," katanya.

read more


 
Positif Sebagai Pemakai, Iyut Resmi Ditahan di Bareskrim
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   19:56)
MUNADY/"PRLM"

JAKARTA, (PRLM).- Setelah kemarin diperiksa Bareskrim Mabes Polri, Iyut Bing Slamet dipindahkan ke tahanan Bareskrim Mabes Polri Badan Narkotika Nasional T ( BNN ) Jalan MT Haryono Cawang Jakarta Timur, Kamis (10/3).

Sementara AKBP Unggul, dari Unit II Direktorat IV Bareskrim Mabes Polri, mengatakan, Iyut mulai hari ini resmi ditahan karena sudah ditetapkan positif sebagai pemakai. "Tapi masih kita kembangkan," katanya.

read more


 
Pembangunan TPPAS Kayumanis Terancam Gagal
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   19:42)
KISMI DWI ASTUTI/"PRLM"

BOGOR, (PRLM).- Rencana pembangunan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Kayumanis Kota Bogor terancam gagal. Pasalnya, hingga kini pembuatan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) belum juga selesai dilakukan. Diduga, salah satu penyebabnya karena jalan masuk menuju lokasi melalui perumahan dan berada di tengah permukiman penduduk.

read more


 
Herdiwan: Pengambil Kebijakan Kurang Wawasan dan Pemahaman tentang Seni Budaya
(Pikiran Rakyat Online, 10 March 2011   19:34)
RETNO HY/"PRLM"

BANDUNG, (PRLM).- Wawasan dan pemahaman pengambil kebijakan maupun keputusan di tingkat DPRD maupun Pemerintah Daerah masih sempit tentang seni budaya. Seni budaya di kalangan pengambil keputusan maupun kebijakan masih dianggap sebagai pertunjukan, bukan dalam arti yang lebih luas.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Pengusaha Kontrakan dan Katering Ditemukan Tewas
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   20:54)
ADANG JUKARDI/"PRLM"

SUKABUMI, (PRLM).- Hj. Rasmawati (46) warga Kp. Caringin RT 04/RW 11, Desa Citarik, Kec. Palabuhanratu, Kab. Sukabumi ditemukan tewas bersimbah darah di kamar tidur rumah kontrakannya di Kp. Caringin, Rabu (9/3) sekira pukul 13.00 WIB. Jenazah korban ditemukan pertama kali oleh anak angkatnya sendiri, Desti (12) dan salah seorang penghuni kontrakannya.

read more


 
Rita Subowo: Nanti akan Ada Surat Resmi dari FIFA
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   20:43)

JAKARTA, (PRLM).- Terkait dengan bantahan PSSI mengenai instruksi FIFA, Ketua umum KONI/KOI Rita Subowo mengatakan, nanti akan ada surat resmi dari FIFA mengenai tidak dibolehkannya empat calon Ketua Umum PSSI tersebut dicalonkan lagi. "Mereka (FIFA) menindaklanjuti hasil keputusan Komite Banding PSSI yang memutuskan menolak banding Arifin Panigoro-George Toisutta dan menganulir dicalonkannya Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie. Kita tunggu saja," ujarnya, Rabu (9/3), yang mengaku bertemu Blatter secara khusus.

read more


 
Pengusaha Penggilingan Cari Gabah ke Luar Daerah
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   20:35)

CIAMIS, (PRLM).- Harga gabah kering giling (GKG) di tingkat petani di Ciamis berkisar antara Rp 3.000 - Rp 3.400 per kilogram, sesuai dengan kualitas gabah. Satu kuintal gabah Untuk gabah yang kualitasnya kurang baik hanya menghasilkan 55 hingga 60 kilogram beras, sedangkan gabah kualitas bagus bisa menghasilkan 67 kilogram beras. Akibat turunnya harga gabah, petani cenderung menahan penjualan gabah, sementara pengusaha penggilingan padi harus mencari ke luar daerah.

read more


 
PSSI Ragukan Pernyataan Duta Besar dan Ketua KONI/KOI
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   20:28)

JAKARTA, (PRLM).- PSSI meragukan pernyataan wakil pemerintah Duta Besar Swiss Joko Susilo dan Ketua umum KONI/KOI Rita Subowo mengenai adanya instruksi FIFA, tentang tidak boleh dicalonkannya kembali empat kandidat ketua umum PSSI kemarin pada kongres mendatang. Keempat calon Ketua umum PSSI yang dimaksud yakni Nurdin Halid, Nirwan D. Bakrie, George Toisutta, dan Arifin Panigoro.

read more


 
Harga Gabah Turun, Petani Simpan Hasil Panen
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   20:13)
NURHANDOKO/"PRLM"

CIAMIS, (PRLM).- Harga gabah yang merosot menjadikan petani memilih menyimpan hasil panennya, untuk konsumsi sendiri serta menunggu naiknya harga gabah. Akibat aksi simpan tersebut, tempat penggilingan gabah atau huller mengalami kesulihan untuk mendapatkan bahan baku.

read more


 
Pesawat Antariksa Discovery Mendarat Rabu (9/3) Ini
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   20:02)

CAPE CANAVERAL, (PRLM).- Pesawat ulang alik Amerika, Discovery, akan mendarat di Pusat Antariksa Kennedy di Florida, Rabu (9/3) waktu setempat. Seperti dikutip dari VOA News, Rabu (9/3), Discovery mengakhiri misi ke-39-nya ke antariksa setelah berada lebih seminggu di Stasiun Antariksa Internasional.

Segera setelah kembali di bumi, pesawat ini akan ditempatkan di ruang pameran Museum Udara dan Antariksa Nasional Smithsonian Institution di Washington atau di lokasi tambahan dekat ibukota Amerika, di mana pesawat antariksa Enterprise dipamerkan secara permanen.

read more


 
Pentas Iwan Fals di Buntet Pesantren Sempat Ricuh
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   19:55)

SUMBER, (PRLM).- Aksi panggung artis penyanyi legendaris Iwan Fals di lapangan dekat Buntet Pesantren, Kec. Astanajapura, Kab. Cirebon, Rabu (9/3) sore sempat diwarnai kerusuhan antarkelompok penonton. Namun, petugas keamanan berhasil mengendalikannya hingga kericuhan tidak meluas dan pentas tetap berlangsung.

read more


 
Penyusun LKPJ Harus Perhatikan Hal Krusial, Selain Soal Materi
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   19:49)

BANDUNG, (PRLM).- Anggota Komisi A DPRD Jabar dari fraksi PDI Perjuangan, Deden Darmansyah, mengatakan ada beberapa hal krusial yang mesti diperhatikan penyusun LKPj, selain soal materi. "Seperti pemakaian istilah bidang. Seperti diketahui, pemerintah punya 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan. Urusan-urusan itulah yang dipaparkan dalam LKPj. Namun, dalam LKPj, penyusun mengganti istilah 'urusan' dengan istilah 'bidang'. Mestinya disesuaikan saja dengan aturan yang ada," ujarnya, Rabu (9/3).

read more


 
15 Rumah di Pemukiman Padat Jatirasa Ludes Terbakar
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   19:38)

KARAWANG, (PRLM).- Sebanyak 15 rumah di pemukiman padat Desa Jatirasa, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang ludes terbakar, Rabu (9/3) sekitar pukul 14.30. Kebakaran yang diduga karena ledakan gas elpiji ini membuat dua warga mengalami luka bakar. Kerugian pun diperkirakan ratusan juta rupiah.

"Awalnya kami kaget ada suara ledakan hingga empat kali yang berasal dari rumah Karim tetangga kami yang menjual minyak tanah. Dari ledakan tersebut lalu terlihat asap hingga membumbung setinggi lebih dari 15 meter," ucap Yayan (40), salah seorang saksi.

read more


 
Giovanni van Bronckhorst akan "Kembali" ke Indonesia
(Pikiran Rakyat Online, 9 March 2011   19:26)

JAKARTA, (PRLM).- Demi mendorong persepakbolaan nasional, kantor staf khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah dan Kemenpora akan mendatangkan Kapten Timnas Belanda pada Piala Dunia 2010 Giovanni van Bronckhorst ke Indonesia. Giovanni nantinya akan bergabung dengan program "Indonesia Tanah Air Beta" yang akan berlangsung di tiga daerah.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Selfi Tidak Mampu Dirawat di Rumah Sakit
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   20:46)

CIAMIS,(PRLM).- Saat teman sebayanya sedang riang gembira bermain dan sekolah, Selfi (7) harus terbaring di atas kasur yang dipasang di atas papan lantai rumah panggungnya. Matanya hanya bisa menerawang jauh melihat keluar ketika teman lainnya asyik bermain.

Sejak setengah tahun ini, bocah perempuan anak pasangan Muhidin (36) dan Ernawati (30) warga Dusun Ciaren RT 2 RW 7 Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis divonis terkena serangan kanker kelenjar serta tumor perut yang terus membesar.

read more


 
Polres Bekasi Ambil Alih Kasus Pencurian di Kantor BPN
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   20:31)

BEKASI, (PRLM).- Kepolisian Resor Metro Kota Bekasi akan mengambil alih penyelidikan kasus pencurian di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi dari tangan Kepolisian Sektor Resor Bekasi Timur. Pengambilalihan dimaksudkan agar penyelidikan kasus yang terjadi pada Kamis (3/3) itu bisa lebih fokus.

read more


 
Terendam Banjir, Ratusan Hektare Tanaman Padi dan Bawang Terancam Gagal Panen
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   20:17)

SUMBER, (PRLM).- Ratusan hektare tanaman padi, bawang merah di empat kecamatan Kabupaten Cirebon terancam gagal panen akibat terendam banjir yang ketinggiannya mencapai dua meter, setelah air Sungai Cisanggarung meluap Senin (7/3). Hingga Selasa (8/3) sore, di Desa Tawangsari, Kec. Losari dan Desa Cilengkrang, Kec. Pasaleman masih terdapat sejumlah lahan dan rumah warga yang tergenang. Warga mengkhawatirkan banjir akan kembali terjadi karena air Cisanggarung masih tinggi dan di daerah wilayah Kab. Kuningan terlihat mendung cukup pekat.

read more


 
Kelurahan Kuningan Terbaik Kelola Raskin
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   20:11)
TOTO SANTOSA/"PRLM"

KUNINGAN, (PRLM).- Kelurahan Kuningan, dinilai sebagai pengelola terbaik dalam mengelola dan menyalurkan program raskin (beras untuk keluarga miskin), sehingga tidak menimbulkan persoalan di masyarakat.

Tim raskin Kab. Kuningan yang dikomandoi Bagian Ekonomi Pemkab Kuningan, pada Selasa (8/3), juga terus melaksanakan sosialisasi program raskin kepada para kepala desa dan camat penerima raskin, bertempat di GOR Ewangga Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra, Selasa (8/3).

read more


 
Timnas Pra-Olimpiade Pesimis
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   20:07)

JAKARTA, (PRLM).- Timnas Pra-Olimpiade pesimis bisa lolos dari babak kualifikasi Pra-Olimpiade 2012. Pasalnya untuk bisa maju ke babak selanjutnya, Yongki Ariwibowo dkk. membutuhkan kemenangan dengan selisih minimal tiga gol pada leg kedua melawan Turkmenistan di Ashgabat Olympic Stadium, Turkmenistan, hari ini, Rabu (9/3).

read more


 
Discovery Lepaskan Diri dari Stasiun Antariksa Internasional
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   19:56)

CAPE CANAVERAL, (PRLM).- Pesawat ulang alik Amerika, Discovery, telah melepaskan diri dari Stasiun Antariksa Internasional. Pesawat ulang alik ini dengan sukses memisahkan diri dari stasiun antariksa pada Senin (7/3) pukul tujuh malam WIB, setelah delapan hari berlabuh di sana, seperti dikutip VOA News, Selasa (8/3).

Ini merupakan misi Discovery yang terakhir sebelum diistirahatkan oleh NASA, setelah bertugas sebagai pesawat ulang alik antariksa yang paling tua dan berdinas paling lama. Discovery dan krunya dijadwalkan untuk mendarat kembali ke bumi pada hari Rabu.

read more


 
Sidang Sengketa Hak Cipta Star Wars Dimulai
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   19:44)
Ian Waldie/Dok. Reuters/"prlm"

LONDON, (PRLM).- Mahkamah Agung Inggris memulai sidang tiga hari yang akan memutuskan pemilik hak cipta seragam pasukan Stormtroopers yang digunakan dalam film Star Wars tahun 1977.

Seorang desainer Inggris Andrew Ainsworth mengklaim dirinya berhak memproduksi dan menjual replika seragam itu sebab dialah yang menciptakan desain awalnya. Namun, sutradara Star Wars George Lucas bersikukuh dialah pemilik hak cipta sah stormtroopers tersebut.

read more


 
Tolak Amputasi, Zsa Zsa Gabor Kembali ke Rumah
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   19:32)
Dok. Pangeran Frederic von Anhalt/REUTERS/"prlm"

LOS ANGELES, (PRLM).- Aktris Hollywood Zsa Zsa Gabor telah kembali ke rumahnya di Los Angeles setelah menolak operasi yang akan mengamputasi kakinya. Demikian seperti dikutip VOA News. Selasa (8/3).

Dokter telah memberitahu Gabor yang berusia 94 tahun, ia hanya punya 50 persen kemungkinan bertahan hidup setahun tanpa operasi tersebut.

Gabor masuk Pusat Medis Ronald Reagan UCLA pekan lalu setelah aliran darah terhenti ke kaki kirinya. Ia sudah menjalani amputasi kaki kanannya di bulan Januari akibat infeksi yang menyebabkan gangrene atau kerusakan daging serta mengancam jiwanya.

read more


 
Wali Kota Banjar Terima Penghargaan Gubernur
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   19:27)

BANJAR, (PRLM).- Wali Kota Banjar H. Herman Sutrisno bertekad untuk membentuk Kampung KB di sebanyak 21 Desa yang ada di Kota Banjar dari semula empat desa. Wali Kota pun berjanji akan merealisasikan Gerakan Memantapkan Lini Lapangan Rancage atau Gumelar di Banjar.

Hal itu disampaikan Herman usai menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang diberikan Kepala BKKBN Provinsi Jabar Drs. H. Rukman Heryana pada Rakerda KB Kota Banjar di Graha Banjar Idaman Kota Banjar, Selasa (8/3). "Kami akan berupaya untuk terus menciptakan Kampung KB di Banjar," kata Herman.

read more


 
Warga Majalengka Daftarkan Gugatan ke PTUN
(Pikiran Rakyat Online, 8 March 2011   19:13)

MAJALENGKA,(PRLM).- Sebanyak 98 pemilik lahan yang bakal terkena pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan-Kertajati dan hingga kini belum bersedia menerima ganti rugi, telah mendaftarkan gugatan kepada PTUN tentang penggantian lahan yang dilakukan oleh Tim Pengadaan Tanah.

Menurut keterangan kuasa hukum warga dari enam kecamatan yang masih menolak penggantian ganti rugi lahan, Habib Alwan, pendaftaran ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) Bandung telah dilakukan pada pekan kemarin, dan kini pihaknya tengah menunggu proses selanjutnya yang dilakukan Pengadilan Tata Usaha Negara.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Valas 08/03/11
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   17:00)

 
Harga Gula Merah di Ciamis Turun
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   22:38)

CIAMIS, (PRLM).- Harga gula merah di Kabupaten Ciamis turun hingga mencapai Rp 6.000 - Rp 6.500 per kilogram. Turunnya harga gula merah yang merupakan salah satu komoditi unggulan tatar Galuh Ciamis tersebut disebabkan karena menurunnya pemasaran akibat berkurangnya konsumsi. Di lain pihak mutu gula yang tidak sebagus apabila dibandingkan dengan produksi gula pada musim kemarau.

read more


 
Dubes Indonesia untuk Swiss akan Bahas Nurdin dengan FIFA
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   22:21)

JAKARTA, (PRLM).- Duta Besar Indonesia untuk Swiss Joko Susilo akan membahas persoalan sepak bola Indonesia dengan FIFA, Selasa (8/3). Ada beberapa hal penting yang akan dibahas, namun fokus utama yang akan menjadi perhatian yakni mengenai Nurdin Halid.

"Banyak hal yang akan kita bahas saat bertemu FIFA nanti. Tentu saja yang terutama adalah mengenai tidak adanya 'follow up' FIFA atas surat mereka pada bulan Juni 2007 lalu, yang meminta diadakannya Kongres ulang PSSI," kata Joko melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Senin (7/3).

read more


 
PBVSI Jabar Targetkan Juara pada PON Riau
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   22:09)

BANDUNG, (PRLM).- Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (Pengprov PBVSI) Jawa Barat, menargetkan juara pada PON XVIII/2012 Riau. Demikian disampaikan Ketua Umum Pengprov PBVSI Jabar, MQ Iswara di sela-sela Musprov PBVSI Jabar, di Rosewood Ballroom Hotel Vue Palace, Senin (7/3).

read more


 
Pemerintah Inggris Bela Pangeran Andrew
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   21:56)

LONDON, (PRLM).- Pemerintah Inggris membela Perwakilan Khusus Perdagangan, Pangeran Andrew, setelah munculnya foto-foto yang menunjukkan Pangeran Andrew bersama seorang warga Amerika pelaku pedofilia dan Andrew diduga adalah pelanggan dari pekerja seksual di bawah umur. Demikian seperti dikutip VOA News, Senin (7/3).

read more


 
KPSN tak akan Hiraukan FPSP
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   21:47)

JAKARTA, (PRLM).- Komite Penyelamat Sepak Bola Nasional (KPSN) mengaku tidak akan menghiraukan tuntutan Forum Pemilik Suara PSSI (FPSP). Menurut Ketua sementara KPSN Syahrial Damopolii yang menggantikan tugas Sukawi Sutarif, KPSN tidak lagi harus mengikuti aturan PSSI. Sebab, dengan mosi tidak percaya dari 83 anggota suara, maka legitimasi PSSI sudah tidak berlaku.

read more


 
Dua Partai Besar Irlandia Sepakat Bentuk Pemeritahan Koalisi Baru
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   21:29)

DUBLIN, (PRLM).- Dua partai terbesar Irlandia telah sepakat untuk membentuk pemerintahan koalisi baru, setelah Partai Fine Gael mengalahkan partai berkuasa dalam pemilihan parlemen pekan lalu. Demikian seperti dikutip VOA News, Senin (7/3).

Para pemimpin dari Partai Fine Gael yang beraliran tengah kanan dan Partai Buruh yang berada di posisi kedua menyusun rencana bagi pemerintah baru mereka. Mereka kembali berjanji mengupayakan persyaratan yang lebih baik untuk membayar kembali dana talangan multi-miliar dolar dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Uni Eropa.

read more


 
FPSP Tolak Kongres PSSI Diambil Alih Badan Lain
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   21:13)

JAKARTA, (PRLM).- Setelah munculnya mosi tidak percaya dari para pemegang hak suara PSSI yang bergabung di Komite Penyelamat Sepak Bola Nasional (KPSN), kini muncul tuntutan lain dari Forum Pemilik Suara PSSI (FPSP) yang menolak kongres diambil alih oleh badan lain di luar PSSI sebagai asosiasi sepak bola yang diakui FIFA serta menolak intervensi pemerintah.

read more


 
Rosihan Anwar Dilarikan ke Rumah Sakit
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   20:58)
DOK. "PRLM"

JAKARTA, (PRLM).- Wartawan senior Rosihan Anwar dilarikan ke Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC), Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/3), sekitar pukul 18.00 WIB. Rosihan Anwar yang akan berusia 89 tahun pada 10 Mei mendatang itu, mendadak lemah karena gangguan jantung.

read more


 
Serobot Tanah Milik Pabrik Batubara, Seorang Warga Dilaporkan ke Polisi
(Pikiran Rakyat Online, 7 March 2011   20:44)

SOREANG, (PRLM).- Merasa kesal karena lahan seluas 55 meter milik PT. Bimul di Kampung Bojongkoneng RT 03 RW 06, Desa Wangisagara, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung diserobot oleh salah satu warga. Komisaris PT Bimul sekaligus koordinator proyek pemanfatan limbah batu bara itu, Satya Natapura, melaporkan Alan Ruslan (47) ke Polres Bandung tentang penguasaan tanah tanpa hak.

read more


 
 

Pikiran Rakyat Online

   

 
Menlu Jepang Resmi Mengundurkan Diri
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   22:32)

TOKYO, (PRLM).- Menteri Luar Negeri Jepang Seiji Maehara resmi mengundurkan diri setelah mendapat kecaman karena menerima donasi politik dari seorang warga asing, Minggu (6/2).

Undang-undang Jepang melarang praktek itu, kalau dilakukan secara sadar, dan pihak oposisi menyerukan agar dia mundur. Langkah itu dianggap sebagai pukulan bagi Perdana Menteri Naoto Kan, yang selama ini kesulitan meloloskan RUU anggaran di parlemen dan sedang berupaya mempertahankan jabatannya.

Maehara sebelumnya diyakini berpotensi menggantikan Kan.

read more


 
"Fourplay" Menghibur Penonton Java Jazz Festival 2011
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   22:19)
ADE BAYU INDRA/"PRLM"
Fotografer: 
ade bayu 1

 
Inggris Larang Pemain Bola Pakai Syal
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   22:07)

LONDON, (PRLM).- Organisasi Sepak Bola Inggris (IFAB) telah melarang pemain bola untuk memakai 'syal' penghangat leher selama pertandingan. Syal yang biasa dipakai pemain bola itu dinamai "snoods" dan pertama kali dipakai oleh pemain Machester City, Carlos Tevez.

Sejak dipakai oleh Tevez, snoods menjadi wabah fashion terbaru di Inggris dan dipakai oleh atlet lain selain pemain bola.

read more


 
Gigi dan Ron King Big Band di Java Jazz 2011
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   21:52)
BAYU INDRA/"PRLM"
Fotografer: 
ade bayu 1

 
Harga Minyak Melonjak, Berbagai Maskapai Penerbangan Naikkan Tarif
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   21:37)

NEW YORK, (PRLM).- Dengan melonjaknya harga minyak karena keresahan di Timur Tengah, demikian juga dengan tarif penerbangan. Berbagai maskapai penerbangan di seluruh dunia segera menaikkan tarif mereka untuk mengimbangi naiknya biaya bahan bakar jet, yang merupakan 40 persen dari belanja operasi maskapai.

Harga minyak telah naik cepat karena pergolakan di negara-negara penghasil minyak seperti Libya membuat pedagang khawatir persediaan harian minyak dunia akan habis.

read more


 
Nugraha Besoes: 50 Persen Berkas Mosi Tidak Percaya tak Memenuhi Syarat
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   21:22)

JAKARTA, (PRLM).- PSSI telah telah memeriksa legalitas mosi tidak percaya yang "katanya" dikirimkan oleh anggotanya. Sekjen PSSI Nugraha Besoes menuturkan bahwa dari beberapa berkas mosi tidak percaya yang diperiksa ternyata ada yang tidak sah, hanya ditandatangi olah ketua pengprov atau sekretaris umum saja dan bukan Ketua-Sekretaris dengan cap tangan.

"Begitu banyak tanda tangan yang berbeda dari dokumen yang kami miliki. Terlebih lagi ada beberapa yang mengklaim pengurus Pengprov tapi ternyata sudah tidak lagi menjadi anggota PSSI," ucapnya di Jakarta. Minggu (6/2).

read more


 
Kahitna Pukau Penonton
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   21:09)
MUNADY/"PRLM"

JAKARTA, (PRLM).- Kendati tidak didukung tata suara yang sempurna, penampilan grup band asal Bandung, Kahitna mendapat perhatian dari sekitar 8.000 penonton yang hadir memenuhi D1 Tebs Hall, Jakarta International Java Jazz Festival 2011. Pada perhelatan tahunan yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/3) tersebut, Kahitna tampil untuk ketiga kalinya di panggung Java Jazz Festival.

read more


 
Pencuri Motor Sekarat Diamuk Massa
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   20:56)

BEKASI, (PRLM).- Satu orang pelaku pencurian sepeda motor sekarat diamuk massa, Minggu (6/3). Pelaku yang menjalankan aksinya di Kp. Babakan, Desa Muara Bakti, Kec. Babelan, Kab. Bekasi menjadi bulan-bulanan setelah berhasil tertangkap ratusan warga. Sementara, tiga pelaku lainnya berhasil melepaskan diri dari kejaran warga. Pelaku bersama komplotannya sebelumnya bermaksud membawa kabur motor jenis Revo milik H. Martoyib yang diparkir di depan kediamannya.

read more


 
Ratusan Hektare Tambak di Cemarajaya Terancam Gagal Panen
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   20:40)

KARAWANG, (PRLM).- Abrasi yang terjadi di pantai Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang merusak berbagai infrastruktur di desa tersebut. Selain puluhan kilometer jalan tergerus air, abrasi juga merusak puluhan tambak dan saluran pembuangan air ke laut.

Hal tersebut, membuat ratusan hektare tambak bandeng dan udang di Dusun Sekong, Desa Cemarajaya ternacam gagal panen. Pasalnya, saluran pembuangan tidak lancar hingga membuat air tambak meluap dan menghanyutkan ikan-ikan yang sudah siap panen.

read more


 
Anggota KPSN tidak akan Ikut Kongres PSSI "Nurdin"
(Pikiran Rakyat Online, 6 March 2011   20:27)

JAKARTA, (PRLM).- Komite Penyelamat Sepak Bola Nasional (KPSN) yang beranggotakan 87 anggota PSSI yang membelot atas kepengurusan PSSI saat ini, menyatakan tidak akan mendatangi Kongres PSSI yang digelar oleh kepengurusan Nurdin Halid. Mereka mengaku akan tetap pada pendiriannya menggelar kongres dengan mekanisme yang sesuai dengan instruksi FIFA yakni standar electoral code.

read more