Daring

16/4/2011

 
Daring adalah kosa kata baku bahasa Indonesia yang maknanya sama dengan kata Online dalam bahasa Inggris.

Tut dan Tuts

14/4/2011

 
Jangan salah! Tut atau Tuts di sini bukanlah bilah-bilah pada piano atau keyboard yang bisa anda pijit-pijit. Tut adalah kependekan dari Tutorial. Sedangkan Tuts adalah bentuk jamak dari Tut. Contoh penggunaannya: Hey, nice tut! I like it. (Hei, tutorial yang bagus! Saya suka.)

Plz

12/4/2011

 
Plz adalah versi gaul dari Pls. Kepanjangannya adalah Pleaze yang seharusnya ditulis Please. Jadi artinya sama dengan Please yaitu Tolong atau Mohon.

Pls

12/4/2011

 
Kebiasaan singkat-menyingkat ternyata tak hanya dilakukan oleh orang Indonesia saja. Hobi ini juga diminati oleh orang luar negeri. Seperti Pls ini. Pls adalah singkatan dari Please yang artinya Mohon atau Tolong.

DIY

11/4/2011

 
Tentu anda sudah mengenal kata DIY dalam bahasa Indonesia yang tak lain adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam bahasa Inggris sudah pasti artinya berbeda. DIY akan sering anda jumpai dalam situs-situs tutorial seperti misalnya DIY-SEO, DIY-Gardening, DIY-Cooking dan lain sebagainya. DIY sendiri memiliki kepanjangan Do It Yourself yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai (Dapat) Anda Kerjakan Sendiri.

WYSIWYG

8/4/2011

 
Dulu kata ini pernah dipopulerkan oleh sebuah program pengolah angka yaitu Lotus 123 for DOS. Sekarang kita masih bisa menemuinya sebagai salah satu fitur dari berbagai macam text editor, dan web builder. WYSIWYG sendiri adalah kependekan dari What You See Is What You Get yang artinya adalah Apa Yang Anda Lihat Itu Yang Anda Dapat. Maksudnya, hasil akhir yang anda dapatkan adalah sama seperti tampilan pada saat anda mengeditnya.

Perayap

5/4/2011

 
Perayap adalah kosa kata baku dalam bahasa Indonesia yang disejajarkan artinya dengan Crawler dalam bahasa Inggris. Crawler ini biasa juga disebut sebagai Spider yaitu program komputer yang digunakan oleh situs mesin pencari semacam Google, Yahoo dan Bing untuk mengumpulkan informasi terkini dari situs-situs yang sudah terdaftar di dalam sistem databasenya.

Peramban

3/4/2011

 
Peramban adalah kosa kata baku dalam bahasa Indonesia yang artinya sama dengan Browser dalam bahasa Inggris. Dalam konteks berinternet peramban atau browser adalah program komputer yang digunakan untuk menjelajahi dunia maya atau internet. Ya seperti misalnya Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Safari atau Internet Explorer.

MFA

1/4/2011

 
Kepanjangan MFA adalah Made For Adsense yang berarti Dibuat Untuk Adsense. Maksudnya adalah situs-situs yang dibuat untuk menampilkan iklan dan selanjutnya mendapatkan penghasilan dari program Adsense. Kata ini mempunyai konotasi negatif karena banyak sekali situs MFA yang tidak memperhatikan kualitas isi situs atau blog. Apalagi situs-situs MFA cenderung tidak proporsional dalam menampilkan iklan. Iklan bejibun, isi postingan sedikit. Tapi ada juga situs MFA yang cukup bagus. Isi situs bagus dan bermanfaat, dengan iklan yang tidak terlalu banyak.