Hingga saat ini, Adsense belum mengijinkan situs berbahasa Indonesia untuk mengikuti program Adsense for Content. Situs dan blog berbahasa Indonesia harus puas dengan Adsense for Search. Mungkin, anda kecewa dengan kebijakan seperti ini. Mengapa bahasa Indonesia tidak termasuk dalam bahasa yang didukung penuh oleh Adsense? Sementara kita orang Indonesia tentu lebih mudah dan lebih nyaman menulis artikel dalam bahasa kita sendiri ketimbang bahasa asing. Lantas bagaimana cara memecahkan persoalan ini?
Saya pernah membaca suatu tips yang menyarankan agar kita menulis artikel blog dalam salah satu bahasa yang didukung oleh Adsense, misalnya bahasa Inggris. Kemudian daftarkan situs atau blog kita yang berbahasa Inggris tersebut. Jika sudah gol alias diterima, baru kita tulis artikel-artikel berikutnya dalam bahasa Indonesia.
Yap, itu memang bisa dilakukan. Tapi jika ketahuan oleh pihak Adsense, bisa-bisa kita akan ditendang karena telah mengakali Program Policy dari Google Adsense. Apakah layak semua usaha anda dipertaruhkan untuk menerima resiko semacam ini? Tentu tidak.
Dalam tips kali ini saya ingin menyampaikan sebuah strategi yang berbeda. Strategi ini mungkin agak lebih sulit dikerjakan, tapi resikonya sangat kecil bahkan boleh dibilang tidak ada. Karena kita tetap mengikuti aturan atau kebijakan program yang telah ditetapkan oleh Google.
Caranya begini. Tulis artikel anda dalam bahasa Indonesia. Lalu terjemahkan artikel tersebut ke dalam salah satu bahasa asing yang didukung oleh Adsense. Penterjemahan dapat anda lakukan dengan menggunakan fasilitas Google Terjemahan dari Google. Untuk dapat mempergunakan fasilitas ini, buka browser anda dan masuk ke alamat http://translate.google.co.id. Hasil terjemahan terkadang memang kurang bagus, karena itu anda perlu memperhalusnya secara manual. Dalam hal ini anda memang dituntut untuk paham bahasa asing tersebut, meski tidak harus seratus persen. Cara seperti ini jauh lebih mudah dibandingkan jika anda harus menuliskan artikel langsung dalam bahasa asing tersebut.

Gambar Google Terjemahan
Fasilitas Google Terjemahan dari Google
Seperti saya katakan tadi, cara ini tidaklah mudah. Tapi kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain kita bisa mendapatkan situs dalam bahasa yang didukung oleh Adsense, kita juga bisa mengasah keterampilan berbahasa asing. Peribahasanya, sekali dayung dua pulau terlampaui.
Saya masih punya tips satu lagi. Yang ini jauh lebih sulit. Belajar dahulu salah satu bahasa asing, boleh Inggris, Perancis, Jerman, Itali, Arab, Korea, atau Jepang. Toh, sekarang banyak situs yang menyediakan pelajaran bahasa asing secara online lagipula gratis. Nah, jika sudah mahir, baru deh bikin situs dengan menggunakan bahasa asing yang telah anda pelajari tersebut. Hanya saja cara ini mungkin membutuhkan waktu paling lama. Tapi keuntungannya juga paling besar. Anda tidak hanya akan mempunyai situs berbahasa asing, bahkan anda bisa buka kursus, jadi penterjemah atau jadi guide. Tidak ada ruginya berlajar sesuatu termasuk bahasa, karena suatu saat pasti akan berguna untuk anda.

Comments are closed.