Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Disdik Medan Pungli Guru SD
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 June 2011   08:56)

Puluhan guru SD dari berbagai sekolah di Medan Baru mengadu ke Polresta Medan, akibat pungutan liar Disdik Pemko Medan, Rabu (15/6), kemarin. Pungutan itu dikenakan kepada guru untuk mendapatkan dana sertifikasi oleh pemerintah.

Besarnya Rp200 Ribu yang harus disetorkan kepada Kepala Urusan Pendidikan Tingkat (KUPT) Kecamatan Medan Baru di Jalan Rebab Pasar I Padang Bulan Medan.


 
“Asal Api Bukan dari Rumah Saya”
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 June 2011   06:54)

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Mungkin inilah nasib yang menimpa Acuan (56), warga Jalan AR Hakim, Gang Dahlia, Nomor 3, Me­dan.


Sebab, korban kebakaran, Minggu Dinihari (12/6) di Su­karamai itu, kini dikucilkan oleh sejumlah warga dan beberapa tetangganya, karena menanggung tuduhan dan gunjingan bahwa api penyebab kebakaran berasal dari ru­­mahnya.


 
Khawatir Gempa, SMA HKBP Pulangkan Anak Didik
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 June 2011   06:50)

Gempa yang melanda Ta-panuli Utara, Sumatera Uta­ra (Sumut), memaksa sejumlah sekolah di lokasi bencana me­liburkan siswanya. Pelaksa­na­an ujian semester kemungkinan ditunda jika gempa susulan masih saja terjadi.


Salah satu sekolah yang meliburkan siswanya adalah SMA Huria Kristen Indonesia (HKI) di Sarulla, Kecamatan Pa­hae Jae, Tapanuli Utara. Pi­hak sekolah terpaksa memulang­kan para siswanya karena kha­watir terhadap gempa susulan yang terjadi sepanjang pagi ini, Rabu (15/6).


 
Walikota Diminta Copot Hasan Basri
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 June 2011   06:48)

Dugaan memperjualbeli­kan bangku sekolah favorit di Medan dianggap kegagalan pi­hak Dinas Pendidikan dalam men­jalan menjalankan sistem. Atas kegagalan ini walikota Medan diminta tegas. “Daripada hancur pendidikan kita di sini, lebih baik walikota jangan me-nunda-nunda, evaluasi segera Ke­pala Dinas Pendidikan Hasan Basri, karena sudah menumpuk masalah pendidikan kita, kalau dibiarkan ini terus bisa-bisa nanti hanya orang kaya yang sekolah di SMA Negeri, masa itu saja tidak bisa diatasi, walikota harus tanggap,”sebut Sekretaris Komisi B DPRD Medan Khai­rudin Salim ketika dihubungi Jur­nal Medan, Rabu, (15/6).


Menurutnya persoalan pendidikan tidak hanya me­nyang­kut jual bangku, melainkan su­dah menumpuk, mula dari hal-hal kecil sampai hal yang besar. “Masalah BOS, masalah sertifikasi, inikan berarti Kepala Dinas gagal dan tidak mampu menjalankan tugas dan berulangkali selalu terjadi mau jadi apa pendidikan kita ini. Pokoknya dinas pendidikan harus bertanggungjawab atas jual-beli bangku itu,” sebutnya.


 
Marsha Timothy - Dekati Burung
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 June 2011   06:43)

Ada yang berubah dari sosok aktris cantik, Marsha Timothy. Kali ini ia bukannya memerankan seorang wanita yang penuh dengan kelembutan dan bergaya feminim. Tapi ia berperan sebagai wanita tomboy nan cuek dalam sinetron terbarunya “Calon Bini”. Dalam sinetron pertamanya itu, aktris kelahiran Jakarta, 8 Januari 1979 itu harus melakoni pekerjaan laki-laki.


"Saya harus bisa naik gen­­teng, benerin antena, dan berani mainin binatang seperti megang burung dan tikus," papar Marsha di SCTV Tower, Senayan, Ja­kar­ta Pusat, Rabu (15/6) malam.


 
Rp357 Juta Buat Operasional dan Honor Panitia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 June 2011   06:45)

Usulan pembubaran program rutin Jaka Dara Dinas Pariwisata Kota Medan rupanya punya alasan yang cukup kuat. Pasalnya dana yang dihabiskan untuk kegiatan ini dinilai cukup besar yakni Rp 382 juta, padahal hasilnya tidak begitu menguntungkan bagi perkembangan wisata kota. Ironisnya dari biaya yang besar itu, hadiahnya cuma Rp 25 juta untuk 4 pasang pe­menang. Sisanya untuk operasional dan bagi-bagi honor panitia.


“Jadi untuk apa dibuat itu? Kita heran sepertinya program itu hanya untuk kepentingan orang-orang tertentu saja, istilahnya biar ada saja kerjaan tiap tahun, ma-ka­nya bubarkan saja itu. Masa anggarannya ratusan juta tapi hadiahnya cuma segitu, dari sini saja kita sudah curiga, jangan-jangan sisa anggaran itu untuk dibagi-bagi orang itu, berapa rupanya biaya operasionalnya?” kata pemerhati sosial Rinto Maha di Medan, (15/6).


 
Kembar Siam Tertua Sedunia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 June 2011   08:33)

Di usia mereka menjelang 60 tahun, Donnie Galyon dan Ronnie Galyon baru-baru ini dinyatakan oleh Guinness World Record sebagai ‘Kembar Siam Tertua’ yang masih hidup.


“Kami tetap yakin tahun ini masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai Kembar Siam Tertua,” ujar Donnie sebagaimana diberitakan Dayton Daily News, Selasa (14/6).


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Gempa di Taput Rusak 165 Rumah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 15 June 2011   06:47)

Gempa berkekuatan 5,5 SR yang mengguncang Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) mengakibatkan rusaknya 165 rumah penduduk. Sebagian warga mulai mendirikan tenda dan berencana bermalam di sana karena khawatir gempa susulan.


Berdasarkan keterangan dari Pemkab Tapanuli Utara, Selasa (14/6), rumah warga yang rusak itu kebanyakan berada di Kecamatan Pahae Jae dan Kecamatan Simangambat. Se­jauh ini dilaporkan, tidak ada korban jiwa akibat tersebut.


 
Pedagang Boikot Retribusi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 15 June 2011   06:39)

Pedagang Sukaramai Medan ancam memboikot pembayaran retribusi dari pengembang melalui Pengurus Persa­tuan Pedagang Pasar Tradisional Medan (P3TM) karena belum ada surat resmi dari PD. Pasar atau Pemko Medan.


"Kami heran pengembang melakukan berbagai kutipan walaupun belum ada izin tertulis atau Surat Keptusan (SK) dari PD. Pasar Medan. Tetapi karena meminjam tangan pengurus pedagang dan pemuda setempat kami terpaksa membayar pungutan itu," ujar Ibu Sirait pada Jurnal Medan di Lokasi penampungan Pasar Sukaramai Medan, Selasa (14/6).


 
Tegang Jelang Sidang S2
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 15 June 2011   06:46)

Berdebar dan tegang, itu yang dirasakan presenter Alya Rohali jelang si­dang S2-nya. Saat ini Alya se­dang fo­kus untuk menyelesaikan tesisnya yang belum rampung ia kerjakan.


Mahasiswi Universitas Ju­rus­an Notariat itu pun mengaku cukup tegang dalam meng­hadapi ujian sidangnya nanti. "Deg-degan, makanya mi­kir mempersiapkannya, tapi ya belajar aja," ujarnya saat ditemui di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (14/6).


 
Babon Adopsi Bayi Kukang
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 15 June 2011   06:38)

Di sebuah tempat Penampungan Hewan Nairobi di Kenya ada pemandangan yang aneh. Seekor bayi kukang berusia tiga bulan bergelantungan pada seekor babon yang menjadi ibu angkatnya.


Kedua hewan berbeda jenis itu saling merangkul, meminum susu dari mangkuk yang sama dan bahkan selalu bermain bersama. Sebagaimana diberitakan Reuters, Senin (13/6), bayi kukang yang diberinama Gakii itu tampak nyaman berada di dekapan si babon.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Pedagang Jadi Sapi Perah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 14 June 2011   06:55)

Para pedagang Pasar Sukaramai Medan mengaku telah menjadi sapi perahan oleh PD Pasar dan pihak pengembang. Indikasinya pembangunan Pasar Sukaramai Medan, seperti disengaja dan dikondisikan sehingga pasar tetap dibiarkan kumuh di tengah kota.

Sejalan dengan itu, pedagang tetap dibebani dan dikutip uang mulai kebersihan, ja­ga malam, uang pembangunan, kamar mandi, parkir dan lainnya.


 
Tasya Masih Sering Kejang
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 14 June 2011   06:47)

Tasha Lubis, bocah berumur 4,5 tahun yang menjadi kor­ban penganiayaan oleh Bibi­nya itu masih terbaring di ruang Rindu IV Bedah Saraf Lantai II RSUP H Adam Malik. Selang mi­num dan selang pembuangan air kecil terlihat masih terpasang di tubuhnya.


Saat Jurnal Medan menjenguknya, kema­rin, Tasya sedang dijaga orang-tuanya Wagiran (65) dan Marini (35) warga Jalan Inpres Blok Songo, Kota Pinang.


 
Arah - Pemekaran Bukan Solusi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 14 June 2011   06:45)

PEMEKARAN wilayah bukan satu-satunya jalan untuk mendekatkan pelayanan publik kepada rakyat. Bukan pula merupakan solusi terbaik. Bahkan, dari pengalaman penyelenggaraan otonomi daerah selama ini, laksana ‘menyelesaikan masalah dengan masalah.


Sejak dua tahun terakhir, moratorium otonomi daerah menjadi perbincangan dan diskusi serius. Bahkan sudah sampai ke tingkat policy design. Apalagi dalam konteks wilayah kota, pemekaran bukan solusi terbaik.


 
Anjing yang Gemar Menyapu Jalanan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 14 June 2011   06:39)

Seekor anjing di China mulai menjadi perhatian warga kota sejak ia mempunyai kebiasaan unik. Anjing bewarna cokelat keemasan ini ketika berjalan bersama pemiliknya selalu menggigit gagang sapu ijuk.


Si pemilik anjing jantan ini Xu Ming mengungkapkan, ketika ia memerintahkan anjingnya untuk berlari sambil menggigit gagang sapu ijuk, maka anjingnya itu berlari secara zig-zag.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Kajatisu Terkejut, Asintel Terdiam
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 June 2011   06:39)

KEPALA Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, AK Basuni Masyarif SH terkejut mengenai banyaknya kasus mengendap di lem­baga yang dipimpinnya. Apalagi perkara mengendap lebih dari 3 tahun. Sedang­kan asisten hanya menunjukkan ekspresi bi­ngung saat ditanya, mengapa kasus itu bisa mengendap.


"Wah lama sekali, sejak 2008, kok saya tidak tahu. Kenapa belum selesai. Mana Asintel?" ungkap AK Basuni di Ge­dung Kejatisu Jalan AH Na­sution, Medan, Kemarin.


 
Pemko Upayakan Rp262 M untuk Medan Utara
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 June 2011   06:37)

Tahun 2012 Pemko Medan meminta bantuan kepada Pe­merintah Pusat untuk me-nambah biaya pembangunan kawasan Medan Utara sebesar Rp 262.090.050.000. Dana bantuan itu di­usul­kan melalui APBN pos anggaran Kementerian Pekerjaan Umum sebesar Rp 115.000.000.0000 dan APBN kementerian Ke­laut­an dan Perikanan Rp 147.090.050.000. Di­prio­ritaskan untuk infra­struk­tur, dan penambahan empat kapal nelayan di sana.


Kepala Badan Pe­ren­canaan Pemba­ngu­nan Da­­­e­rah (Bappeda) Kota Medan, Zulkarnain, Ming­gu, (12/6) mengatakan usulan penambahan bantuan tersebut semuanya ditujukan dalam upaya pembangunan kawasan Medan Utara melalui pendekatan sektoral dan kewilayahan. Terutama pada pembangunan infrastruktur di Medan Utara.


 
Five V - Vagino plasty
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 June 2011   05:37)

Artis Five V mengaku pernah mengalami kekerasan dalam ru­mah tangga. Hal itu pun membuat dirinya sempat memiliki niat untuk mela­kukan ope­rasi vaginoplasty atau pe­ngencangan vagina.


"Aku juga dulu pengen vaginoplasty karena dulu sempat kena kasus KDRT 2004 lalu. Vaginoplasty itu kan untuk yang rusak beda sama selaput dara. Emang bikin rapet tapi nggak disam­bung," ujar saat ditemui di Uni­versitas Dharma Per­sada, Pondok Kelapa, Minggu (12/6).


 
Kejaksaan Diminta Periksa Panitia Jaka Dara
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 June 2011   06:29)

Bila ditemukan kejanggalan dalam proses peng­ada­annya. Kejaksaan atau polisi diminta proaktif untuk meme-riksa panitia Jaka-Dara Kota Medan. “Periksa saja panitia Jaka-Dara kota Medan itu,” sebut Budi Ali salahseorang alumni Pariwisata USU kepada Jurnal Medan, kemarin. Ia juga me­nya­yangkan sikap petinggi Disbudpar Medan yang menerapkan strategi tak tahu menjawab persoalan-persoalan. “He­ran juga kenapa pejabat yang banyak tidak tahu ini bisa jadi pejabat,” sebutnya.


Ketidaktahuan dan upaya untuk menutup-nutupi itu tentu akan menimbulkan tanda-tanya. Apalagi memang sudah pernah ada contoh, kegiatan Jaka-Dara ini rentan diselewengkan. “Jaka-Dara 2008 contohnya,” sebut dia. Maka pihaknya berjanji akan meng­ikuti terus perkembangan ke-giatan ini hingga tuntas dan akan melaporkan ke pihak yang berwajib soal kejanggalan-kejanggalan ini.


 
Pohon Berwajah Seram di Panti Jompo
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 June 2011   06:28)

Di sebuah rumah panti jompo di Stowlangtoft, Suffolk, Inggris terdapat satu pohon yang memiliki wujud menyeramkan. Pohon itu sekarang menjadi perhatian warga setempat.


Pada batang pohon itu terbentuk dua mata lebar di bagian batang kiri dan kanan. Kemudian di bagian bawahnya terbentuk mulut lebar dengan deretan gigi menyeramkan. Di sisi tengahnya bahkan terdapat lubang berbentuk hidung. Melansir Metro, Minggu (12/6), pohon tersebut tumbuh secara alami.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Istri Binahati Tahu Soal Mark-Up
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 June 2011   06:29)

Istri Binahati B Bahea mengetahui adanya mark-up harga pembelian barang-barang, dalam penggunaan dana bantuan pascatsunami di Nias. Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan perkara dugaan korupsi dana rehabilitasi Nias pasca tsunami tahun 2007, dengan terdakwa mantan Bupati Nias, Binahati Benecditus Baeha di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan, Jumat (10/6).


 
Dua Tersangka Baru Kasus Korupsi Pemkab Batubara
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 June 2011   06:22)

Kejaksaan Agung (Ke­jagung) menetapkan dua tersangka baru dalam kasus du­gaan korupsi dana kas daerah Pemerintah Kabupaten Ba­tubara, Sumatera Utara. Ter­sangka baru itu berasal dari pihak Pemkab Batubara dan juga dari pihak swasta.


Demikian disampaikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Andhi Nirwanto kepada wartawan di Kejagung, Jalan Sultan Hasa­nuddin, Jakarta Selatan, Jumat (10/6). Kedua tersangka itu ditetapkan tim jaksa yang kemarin dikirimkan Kejagung ke Sumut.


 
Gegana Amankan Botol Sirup
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 June 2011   06:22)

Para kar­yawan Bank Da­namon Ja­lan Di­ponegoro sempat panik, dengan penemuan paket seukuran kotak se­patu di pos sekuriti, ke­marin. Kotak itu dilapisi bungkus untuk kado yang diterima Aldawari, petugas sekuriti.
Di kotak itu tertera, dikirim atas na­ma Imelda dengan ditujukan kepada Vivi. Sekuriti tadi pun menyampaikan pa­­ket itu. Memang Vivi adalah kar­yawati di Bank tersebut.


Namun setelah diserahkan, Vivi me­ngaku tak punya teman bernama Imelda.


 
Berkas Kepala Bappeda Lengkap
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 June 2011   06:21)

Berkas tersangka kasus dugaan korupsi yang melibatkan bekas Kepala Bappeda Kota Medan dinyatakan lengkap. Namun dari 6 orang yang dijadikan tersangka baru 4 orang yang sudah dilimpahkan dan dinyatakan lengkap oleh kejaksaan.


Tipikor Poldasu dan Kejati Sumut sendiri sudah menangani kasus ini selama 4 tahun. Meski terhitung lama, para tersangka ini tak ditahan sejak di tingkat polisi hingga jaksa.


 
Bubarkan Jaka Dara!
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 June 2011   06:19)

Agenda rutin pemilihan Jaka Dara yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Medan tidak memberi kontribusi nyata dalam perkembangan dunia wisata. Acara inipun dianggap hanya sekadar seremoni yang hanya membuang-buang duit.


Program itu sebaiknya dibubarkan saja diganti dengan program yang lebih kreatif, menarik dan punya kontribusi konkrit mengembangkan sektor pariwisata.


 
Camel Petir - Seksi Itu Smart
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 June 2011   06:18)

Setiap orang pasti mempunyai penafsiran tersendiri terha­dap kata seksi. Begi­tupun dengan penyanyi Ca­mel Petir. Baginya, seksi itu adalah smart atau pinter.


"Pinter dalam artian dia tahu yang mana kelebihan dia. Apakah itu cara dia berbicara, bergerak tubuh, hingga berbicara. Jadi aku melihat seksi itu lebih kepada smart intelektualnya," ucap Camel saat di­temui di Restoran Gurih, Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, Kamis (9/6).


 
Angsa yang Berjalan Pakai Sandal
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 June 2011   06:16)

Di salah satu jalan di St Augustine, Florida, Amerika Serikat, seekor angsa dengan santainya berjalan.Namun, yang menjadi sorotan warga yang melintas adalah kaki si angsa itu. Hewan berparuh kuning tersebut mengenakan kaus kaki dan sandal.


Metro, Jumat (10/6) menulis, angsa yang diberinama Gator ini memang sengaja dipakaikan seperti itu oleh pemiliknya. Bob dan Lauree Strouse merasa iba karena selama ini kedua telapak kaki Gator lecet karena berjalan di aspal perkotaan yang panas.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Tujuh Letusan Terdengar di PT Sorikmas Mining
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 June 2011   06:48)

Aliansi Untuk Keadilan me­mulai investigasi kekis­ruhan di PT Sorikmas Mining. Investigasi oleh gabungan ber­bagai lembaga masyarakat itu untuk mendapatkan fakta yang sebenarnya di lapangan, sehingga penegakan hukum dilakukan secara adil, objektif dan tidak memihak pihak ma­napun.


Salah seorang tim investigasi yang turun ke lapangan, Nuriono SH yang juga Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan menyebutkan, in­vestigasi dilakukan untuk men­cari kebenaran yang ada di lapangan. Mencari infornasi dari masyarakat dan pihak-pihak yang terkait dalam aksi bentrok pada 29 Mei 2011 lalu. "Kita mencari fakta-fakta yang berimbang dalam kasus ini," kata Nuriono dari kota Panya­bungan kepada Jurnal Medan melalui telepon.


 
Operasi Sawit Toba, Jangan hanya Gertak
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 June 2011   06:45)

Polda Sumut dan TNI menggelar Operasi Sawit Toba. Operasi bersama ini untuk mengatasi banyaknya terjadi pencurian Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit di provinsi ini beberapa waktu terakhir.


"Operasi ini digelar karena semakin banyaknya perampokan CPO. Salah satu target di Belawan ada tiga tempat dan yang paling top gudang 74," ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Satro di Mapolda Sumut, kemarin.


 
60 Persen Pejabat Terlibat Korupsi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 June 2011   06:44)

Sutan Batoegana: Sikat Jaksa Nakal


Politisi Partai Demokrat, Su­tan Batoegana mengatakan 60 persen pejabat di Indonesia terlibat korupsi. Jadi jangan heran banyak di antara mereka sekarang ini harus mempertanggungjawabkan akibat perbuatannya tersebut. Termasuk mantan Walikota Pematang siantar RE Siahaan.


Hal itu diungkapnya saat memberikan kuliah umum di kampus Universitas Islam Su­ma­tera Utara (UISU) Al-Mu­na­waroh Jalan SM Raja, Kamis (9/6).


 
Pemalsu Pita Cukai Dititip ke Rutan Labuhandeli
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 June 2011   06:36)

Komisaris PT Pheparin Ria, Phlip Jong dititipkan di Ru­mah Tahanan (Rutan) Labu­han­deli. "Dia sudah kita titipkan di Rutan Labuhandeli sejak pe­kan lalu, dan kini, kita juga masih melakukan pengembangan terhadap kasus pemalsuan pita cukai tersebut," kata Ke­pala Seksi Penindakan Bidang P2 KWBC Sumut Yustianto ke­pada Jurnal Medan di ruangannya, Kamis (9/6).


Philip Jong yang ditangkap kem­bali usai putusan sidang PN Medan dalam kasus cukai mi­numan beralkohol, menjalani pemeriksanaan di ruang pe­nyidikan Kanwil Bea dan Cukai Sumut sejak, Selasa (31/5) dan mulai 1 Juni 2011 ia di­titipkan di Rutan Labuh­an­deli.


 
Wanita Bertindik Terbanyak Akhirnya Menikah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 June 2011   06:36)

Dengan jumlah tindikan di tubuh sebanyak 6.925 cincin warna-warni, termasuk yang memenuhi wajahnya, Elaine Davidson melangsungkan pernikahannya.


Wanita yang diberi gelar ‘Wanita Bertindik Terbanyak’ oleh Guinness World Record ini lengkap dengan gaun pengantin dituntun mempelai prianya, Douglas Watson (42) ke kantor catatan sipil.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Tim Kuasa Hukum Makin Khawatirkan Kondisi Syamsul
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 June 2011   06:58)

Kondisi kesehatan Gu­ber­­nur Sumatera Utara (Gub­su) nonaktif Syamsul Arifin ma­sih mengkhawatirkan. Sa­at ini ia masih terbaring kritis di RS Jan­tung Harapan Kita Jakarta, dengan alat bantu per­nafasan dan beberapa alat medis yang masih terpasang akibat dam­pak komplikasi di samping pe­nya­kit jan­tung yang dideritanya.


“Kita berharap Pak Syam­sul dapat segera dirujuk ke RS di Singapura, karena ri­wayat penyakit dalam yang kini mun­cul di luar penyakit jantung yang dideritanya saat ini, ada di sana tempat ia dahulu per­nah dirawat dan dioperasi. Semakin lama tertunda tentu se­makin mengkhawatirkan,” kata A Hakim Siagian SH, M Hum salah seorang dari Tim Kuasa Hukum H Syamsul Arifin SE kepada wartawan di RS Jan­tung Harapan Kita Jakarta, Rabu (8/6).


 
Kinerja Kejatisu Jadi Sorotan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 June 2011   06:48)

Kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut masih stagnan. Pasalnya, selain belum terlihat ge­bra­kan yang signifikan da­lam penegakan hukum oleh Ke­pala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut. Sejumlah PR dari mantan-mantan Kajatisu, juga ma­sih banyak yang belum bisa di­tuntaskan. “Belum ada gebra­kan. Masih stagnan,” kata De­kan Fakultas Hukum Uni­ver­sitas Khatolik St Thomas, Prof DR Maidin Gultom SH M.Hum, Rabu (7/6).


Untuk diketahui, sejumlah kasus dugaan korupsi yang di­tangani Kejatisu namun belum menunjukkan progress, dan bahkan terkesan ditinggalkan seperti pembangunan kelas internasional di SMA Negeri I Medan senilai Rp 1,4 miliar le­bih tahun anggaran 2007-2008.


 
“Saya Baru, Rp500 Juta Jaka-Dara, Tanya Panitia”
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 June 2011   06:45)

Kadis Pariwisata Kota Me­dan, Busral Manan, sama sekali tak tahu apa pun soal kegiatan Jaka-Dara Kota. Ia mengaku sebagai orang baru di dinas tersebut. “Saya baru, sudah di­tenderkan April lalu,” katanya singkat kepada Jurnal Medan, di Stadion Teladan, kemarin. Ia juga mengaku tak tahu sudah sampai mana proses dan agenda kegiatan tersebut. “Saya tak tahu sudah dimana acara itu,” sebutnya.


Siapa penyelenggara Jaka-Dara pun Kadis mengaku tak tahu banyak soal Event Or­ga­nizer (EO) acara tersebut. “Saya belum tahu siapa Event Or­ga-nizernya,” katanya. Ia pun be-lum memastikan soal penye­leng­garaan Jaka-Dara yang ha-nya ditangani EO tertentu saja. “Saya kurang tahu, makanya sama panitia tender saja, saya tidak mengkuiti proses tender,” jawabnya.


 
Cantik itu Nggak Mahal
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 June 2011   06:44)

Banyak wanita yang menganggap bahwa untuk menjadi cantik itu mahal. Namun, tidak bagi bintang sinetron Dinda Kanya Dewi. Menurutnya untuk menjadi cantik itu tak semahal seperti yang dipikirkan banyak perempuan.


Menurut Dinda, kecantikan bisa menjadi mahal jika orangnya tak pintar-pintar memilih dalam perawatan. Karena itu, mantan pacar Ricky Harun itu lebih memilih perawatan herbal.


 
Domba Berbulu Terlebat
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 June 2011   06:43)

Tahun 2004, domba ini pernah menjadi sorotan dunia khususnya di Selandia Baru. Domba jenis Merino ini bahkan muncul di sejumlah media massa setempat disebabkan bulu yang menyelimuti tubuhnya sangat lebat nyaris menutupi wajahnya.


Tujuh tahun silam, sebagaimana diberitakan Daily Mail, Rabu (8/6), si pemilik domba ini, John Perriam kehilangan Shrek. Diduga ia lari karena takut dicukur dan bersembunyi di gua-gua dekat South Island.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Syamsul Belum Pasti Berobat ke Singapura
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 8 June 2011   06:38)

Terdakwa kasus penye­le­we­ngan APBD Langkat, Syam­­sul Arifin sedang berada dalam kondisi sakit. Majelis hakim memerintahkan agar jak­sa penuntut umum menca­ri second opinion atau pendapat kedua mengenai pe­nyakit jantung yang diderita oleh terdakwa Syamsul Ari­fin, untuk memutuskan perlu tidaknya dia berobat ke Si­ngapura.


"Kami memberikan ke­sem­patan pada penuntut umum untuk menghadirkan dokter ahli besok guna me­me­riksa Syamsul Arifin,"kata Ketua Majelis Hakim Tjo­korda Rai Suamba di Penga­dilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Se­latan, Selasa (7/6).


 
Dua Sekolah Haramkan Hormat Bendera
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 8 June 2011   06:34)

Dua sekolah di Karang­anyar, Jawa Tengah, menolak prosesi hormat bendera karena menganggap itu perbuatan syirik yang diharamkan aga­ma. Kedua sekolah ini pun terancam ditutup. Kedua sekolah itu adalah SMP Al Irsyad di Ke­camatan Tawangmangu dan SD Islam Sains dan Teknologi (SD-IST) Al Albani di Keca­ma­tan Matesih. Keduanya tidak mengadakan upacara bendera di setiap hari Senin, seperti layaknya sekolah lain.


Kepala SMP Al Irsyad Ta­wangmangu, Sutardi, menegaskan menghormati benda mati, termasuk bendera, sama hal­nya dengan perbuatan syi­rik.


 
Soleman Ngongo, Penerima Kalpataru yang Nyeker di Istana
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 8 June 2011   08:26)

Sederhana. Itulah kesan yang terpancar dari wajah So­leman Ngongo, warga Desa Tematana, Kecamatan Wewe­na Timur, Kabupaten Sumba Ba­rat, Nusa Tenggara Timur. Bah­kan kala berada di Istana untuk menerima penghargaan Kalpa­taru, Soleman tidak me­makai alas kaki alias 'nyeker'. Ala­san­nya, takut Istana kotor.


"Saya tadi pakai sandal, ta­pi ditinggalkan di luar. Takut kotor. Lagipula tidak apa-apa saya begini, sudah biasa," kata Soleman saat ditemui warta­wan usai penyerahan penghargaan Piala Adipura dan Kalpa­taru di Istana Negara, Jl Vete­ran, Jakarta, Selasa (7/6).


 
Pidanakan Syahrini
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 8 June 2011   06:25)

Perseteruan penyanyi Syahrini dengan perusahan asal Bali, Blue Eyes seperti akan semakin panjang. Pi­hak Blue Eyes berencana un­tuk mempidanakan pe­lan­tun 'Aku Tak Biasa' itu usai sidang perdatanya selesai.


Hal itu disampaikan Har­yadi, kuasa hukum Blue Eyes, Selasa (7/6). Na­mun pihak Blue Eyes belum mau membicarakan le­bih lanjut niatnya ter­sebut. "Ada langkah hukum yang lain yang akan kita la­ku­kan setelah ini (si­dang perdata)," paparnya.


 
Duh, Menggoreng Ayam dengan Tangan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 8 June 2011   06:23)

Nama seorang chef asal Thailand dimasukkan ke dalam Guinness Book World Record. Pasalnya, ia berhasil menggoreng 20 potong ayam dalam penggorengan yang diisi minyak goreng sepanas 480 derajat Celcius dalam waktu semenit dengan tangan kosong.


Kann Trichan (50) mempertunjukkan kebolehannya dengan menggoreng beberapa potong ayam tanpa alat pengaduk atau sendok. Sebagaimana diberitakan Metro, Selasa (7/6), dalam wajan yang telah dipenuhi minyak goreng mendidih, Trichan mulai memasukkan beberapa potongan ayam. Tak berapa lama, tangannya mulai membolak balikkan potongan ayam itu tanpa terluka sedikitpun.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Dokter Sedot Darah dari Jantung Syamsul - Hakim Pertimbangkan Izin ke Singapura
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 7 June 2011   06:59)

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang menyidangkan kasus dugaan korupsi APBD Langkat tahun 2000-2007 sedang mempertimbangkan pendapat tim dokter RS Jantung Harapan Kita yang mengusulkan agar H Syamsul Arifin SE berobat ke salah satu rumah sakit di Singapura.


 
Tambang Emas di Tapsel Ikut Rusak Lingkungan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 7 June 2011   08:57)

DPRD Sumut minta Men­tamben (Menteri pertambang­an dan energi) meninjau ulang tambang emas dan perak PT AR (Agincourt Resources) Mar­tabe di Batangtoru Kabu-paten Tapsel, karena kegiatan eks­plorasi selama 14 tahun me­rusak lingkungan tanpa hasil menguntungkan bagi daerah.


“Kita akan secepatnya me-nemui Mentamben ke Jakarta agar pertambangan emas dan perak di Tapsel itu ditinjau lagi,” tegas anggota Komisi D DPRD Sumut Analisman Za­lukhu SSos MSP, Restu Kurnia Sa­­ru­maha, H Ajib Shah, Ha­ma-misul Bahsyan dan Parluhutan Sire­gar di ge­dung dewan, Senin (6/6).


 
BPK Temukan Rp2,4 M Bocor di Kesbanglinmas
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 7 June 2011   06:51)

BPK RI Per­wakilan Medan menemu­kan anggaran tahun 2010 sebesar Rp2,4 miliar yang tak bisa di­pertanggungjawabkan di Kes­banglinmas Pemprovsu.


Rin­ciannya Rp1,7 miliar merupa­kan sisa usaha yang harus disetorkan (UYHD), sisanya Rp700 juta pajak yang telah dikutip namun belum di-setorkan ke kas Negara. “Bahkan uang itu dipergunakan untuk ke-perluan lain di luar ketentuan,” ujar Kepala BPK RI Perwakilan Medan Ootjhuziat, pada pari­purna penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan ke­uangan pemerintah Pem­provsu tahun anggaran 2010 kepada DPRD Sumut, Senin (6/6).


 
Ditemukan Lobster Langka Warna Biru
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 7 June 2011   06:48)

Para nelayan umumnya menemukan lobster bewarna merah, kuning atau orange. Namun, di Kanada baru-baru ini seorang nelayan dikagetkan dengan ditemukannya seekor lobster bewarna biru cerah.


National Post, Senin (6/6) menulis, Blair Doucette si nelayan itu menangkap seekor lobster bewarna biru cerah di perairan Prince Edward Island, Kanada pekan lalu. Menurut Blair, ia menangkap hewan itu persisnya di dekat North Rustico di pantai utara.


 
Arah - Melihat dengan Jernih
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 7 June 2011   06:45)

Oleh: N Syamsuddin Ch Haesy

DI jaman reformasi berubah deformasi, siapa saja bisa dico­kok KPK (Komisi Pemberan­tasan Korupsi), bisa ditangkap karena ditabalkan sebagai tersangka. Bisa pula terserang penyakit jantung. Tak terkecuali Dato’ Seri Syamsul Arifin, Gubernur Suma­tera Utara yang sedang meng­alami proses peradilan TIPIKOR (Tindak Pidana Korupsi). Telah be­gitu banyak Gubernur, mantan Gubernur, Bupati, mantan Bupati, Walikota, dan mantan Walikota mengalaminya.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Promosi Pariwisata Terganjal Infrastruktur
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 6 June 2011   06:27)

Buruknya infrastruktur di Sumatera Utara menjadi kendala utama dalam mempromosikan daerah wisata. Pada­hal jika pemerintah serius da­lam membenahinya, Sumut da­pat menjadi destinasi utama wisata di Indonesia.


Aplagi Sumut ini memiliki banyak objek wisata yang tak kalah menarik dibanding daerah lain. Seperti tempat tujuan wisata taman Resort Simalem yang kondisi jalannya sangat memprihantinkan. Sehingga di­butuhkan waktu menuju lo­kasi wisata tersebut sekira lima jam. Demikian halnya dengan Danau Toba, membutuhkan waktu tiga hingga empat jam dari Medan. Sehingga kondisi ini menjadi kendala bagi wisatawan yang ingin berlibur ke lokasi-lokasi objek wisata Su­mut tersebut


 
Pemko Kena Gugat di Lima Lahan Sekolah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 6 June 2011   06:26)

Sebanyak 15 titik asset tanah milik Pemko Medan di­gugat warga maupun pihak lain yang mengaku tanah itu miliknya. Diantaranya ada la­han gedung sekolah, kantor lurah dan kantor camat. Bah-kan yang sudah dipasang tan-da asset oleh Pemko pun masih terlilit masalah hukum


Ketua Tim Pansus Aset DPRD Medan Herri Zulkar­na­en, Rabu, (1/6), mengatakan pihak­nya mengaku sulit da­lam me-nyelesaikan persoalan tanah aset milik Pemko Medan.


 
Nadine Alexandra Dewi Ames - Tanam Pohon di Pulau Rambut
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 6 June 2011   05:30)

Mengambil mo­men­­­­tum Hari Lingkung­an Hidup Se­du­nia yang jatuh pada hari ini, Puteri Indonesia 2010 Nadine Alexandra Dewi Ames melakukan aksi cinta lingkungan. Ia membersihkan sam­pah dan penanaman po­hon mangrove di kawasan Sua­­ka Margasatwa Pulau Ram­but, Kepulauan Seribu.


"Aku tadi ikut bersihin sampah dan nanam pohon mang­rove di sini, menye­nang­­­­kan sekali. Semoga ke­giatan ini bisa ditiru sama anak-anak muda dan ma­sya­rakat luas," ujarnya di lokasi, Minggu (5/6).


 
Bunglon Terkecil Sedunia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 6 June 2011   06:10)

Bunglon, hewan yang bisa menyesuaikan corak tubuhnya sesuai dengan lingkungan tempat dia berada ternyata bisa berukuran sebesar ujung kuku.


Dengan ukuran hanya satu inchi, bunglon dari spesies Brookesia Minima ini hanya dapat dijumpai di Kepulauan Nosy Be di baratlaut pantai Madagaskar. Ukuran betinanya lebih besar ketimbang pejantannya.