Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Perencanaan Anggaran DPRD SU Buruk - Duit untuk Ketemu Warga pun Bersisa
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 May 2011   06:26)

Sekretaris Eksekutif Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Sumut Elfenda Anan­da menyayangkan ada anggaran untuk reses yang tersisa. Hal ini mem­bukti­kan adanya sistem dan perencanaan anggaran yang buruk.


"Ini memungkinkan, dari sisi kebijakan tidak dibuat sebaik mungkin. Jika dikembalikan dan jadi Silpa. Ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana, sistem perencanaan. Seharusnya, kalo nggak bisa digunakan nggak usah dianggarkan," katanya, kemarin, kepada Jurnal Medan.


 
Polisi Gerebek Pabrik Ekstasi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 May 2011   06:24)

Unit Narkoba Pol­resta Medan menggerebek rumah yang dij­a­dikan industri pem­buat­an Pil Ekstasi kemarin di Jalan Platina Kom­pleks Peru-mahan Grand­­land, Deli Ser­dang. Ka­polresta Medan Kom­bes Tagam Sinaga didampingi Kasat Nar­koba Polresta, Kompol Amri Si­a­haan menyampaikan hal itu kepada se­jumlah wartawan Rabu (18/5)


 
“Kami tak Ingin Anak Kami Meninggal di Sini...”
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 May 2011   06:21)

Tim medis RS Pirngadi me­mutuskan sulit untuk mela­ku­kan operasi pada Destia, bayi Hydrocepalus, anak dari pasa­ngan Sohiruddin (34) dan Siti Ami­nah (27) warga Tanjung Ale, Ke­camatan Huta Raja Tinggi Ka­bupaten Padang Lawas. Mereka pun hanya bisa pasrah dan ber­siap-siap untuk pulang. “Kata dok­ter kecil kemungkinan ber­hasil maka kami putuskan un­tuk pulang. Kami tidak ingin anak kami meninggal di sini, bi­arlah dia meninggal di kampung kami,” ucap Siti, kemarin di Pir­ngadi saat Jurnal Medan menjenguknya.


 
Pebasket Dekati Agnes Monica
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 May 2011   06:19)

Agnes Monica membantah punya hubungan khusus dengan pemain basket, Denny Su­margo. Namun, pelantun Tak Ada Logika itu mengaku se­dang didekati Denny.


"Aku mau tahu motivasi dia mendekatiku dulu. Apakah ka­rena Agnes yang artis, atau ka­rena Agnes yang sebenarnya. Se­karang pelan-pelan dulu untuk menilai. Minta bantuan dari keluarga dan orang-orang dekat saja," ujar Agnes saat di­temui di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (18/5).


 
Pria China Berkulit ‘Jeruk’
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 May 2011   06:19)

Seorang pria China mengidap penyakit aneh. Tangan dan kakinya membengkak serta kulitnya berkerut seperti kulit jeruk.


Melansir Orange, Selasa (17/5), para dokter setempat mengatakan, apa yang dialami Yang Bing (51) itu merupakan gejala penyakit ekstrem kuno yang disebut Pretibial Myxedema. Penyakit internal ini juga sering disebut Grave Disease.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Potret Pendidikan Tercoreng - Minta Sumbangan, Alumni Intimidasi Mahasiswa UMA
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 18 May 2011   06:19)

Cita-cita agar polisi jadi pelindung dan pengayom tampaknya masih jauh dari harapan. Faktanya, salah seorang oknum polisi wanita (Polwan) berpangkat AKBP justru nekat mengintimidasi sejumlah mahasiswa Pasca Sarjana Psikologi Universitas Medan Area (UMA), Medan berkedok sumbangan untuk acara pelantikan Ikatan Alumni S2 Psikologi UMA.


 
Kontribusi Tidak Ada - Temui Rakyat, DPRD Medan Habiskan Rp2,2 Miliar
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 18 May 2011   08:18)

Praktik pemborosan uang rak­yat masih terjadi. Untuk re­ses (menemui konstituennya), DPRD Medan menelan uang rak-yat Rp2,2 miliar. Sialnya, reses itu dirasakan tak bermanfaat, karena kontribusinya selaku kontrol peme­rin­tah tidak berjalan. Tak heran, reses sering di­anggap se­bagai ke­giatan seremo­ni yang ha­nya meng­gerogoti uang rakyat.


 
PSMS VS Persiba - Laga Hidup Mati
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 18 May 2011   06:14)

PSMS Medan bakal mengha­dapi lagi berat saat berjumpa Per­siba Bantul dalam pertandingan terakhir lanjutan babak 8 besar Liga Thipone di Stadion Se­giri Samarinda, Rabu (18/5) so­re ini. Pertarungan ini me­ru­pa­kan hidup mati bagi skuad Ayam Kinantan. Jangan­kan ka­lah, seri saja tim besutan Su­har­to harus pulang kampung lebih dulu.


Jika ingin lolos, PSMS harus mampu mengatasi Persiba Ban­tul dengan skor 1-0 saja. De­ngan catatan, tuan rumah Mitra Kukar menang atas PSAP. se­men­tara bila PSAP menang atas Mi­tra, maka PSMS harus unggul mi­ninal 3-1 atas Persiba Bantul, jika ingin melaju ke babak semifinal di Solo. Secara keseluru­han, empat tim yang ada di Grup B masih berpeluang lolos ke semifninal.


 
Kompetisi Kumis dan Janggut Terunik
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 18 May 2011   06:16)

Memelihara kumis dan janggut ternyata bisa membawa keberuntungan juga. Pekan lalu di Trondheim, Norwegia digelar sebuah ajang unik. Sebanyak 160 peserta pria saling berlomba menampilkan kumis dan janggut terunik.


Daily Mail, Selasa (17/5) menulis, ajang yang disebut World Beard and Moustache Championship ini digelar setiap tahunnya untuk mencari kumis dan janggut terunik.


 
100 Pengacara Bela FITRA
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 18 May 2011   06:15)

Sedikitnya 100 penga­cara kondang siap mendu­kung Forum Indonesia untuk Trans­paransi Anggaran (FITRA) terkait somasi yang akan dilayangkan Setjen DPR kepada Sekretariat FITRA karena siaran pers forum itu soal uang pulsa anggota de­wan.


"Kami siap untuk mendampingi klien kami dan mempersiapkan tim pengacara sebanyak 100 orang. Gra­tis!" ujar pengacara David Sitorus dalam jumpa pers di Ru­mah Makan Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (17/5).


 
Foto Nakal Syahrini dari HP Sendiri
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 18 May 2011   06:14)

Baru-baru ini beredar beberapa foto “nakal” pe­nyanyi Syahrini. Ternyata fo­to-foto itu berasal dari pon­sel milik Syahrini.


Pengacara Syahrini, War­­­sito saat ditemui di ke­di­a­mannya di Pondok In­dah, Ja­karta Selatan, Minggu (15/5) malam mengatakan foto-foto tersebut bukan untuk konsumsi publik.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Menjamur di Sepanjang Jalan SM Raja Medan - Aparat Lindungi Angkutan Plat Hitam
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 May 2011   06:28)

Hingga kini sejumlah angkutan plat hitam yang disulap jadi alat peng­angkutan antar daerah tetap bebas beroperasi. Bahkan keberadaannya makin menjamur di Jalan Sisingamangaraja Amplas.


Anehnya pihak Dinas Per­hu­bungan Provinsi maupun Dinas Perhubungan Medan tak me­la­kukan tindakan apapun. Begitu juga dengan pihak kepolisian. Timbul dugaan Dishub dan Sat­lantas sengaja melindungi ke­ber­adaan angkutan plat hitam tersebut.


 
Kinantan Diujung Tanduk
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 May 2011   06:22)

Langkah PSMS untuk me­nuju Liga Su­per cu­kup be­rat. Pe­luang PSMS diujung tanduk setelah dalam pertandingan kedua menghadapi Mitra Kukar me­nye­rah dengan skor 1-3 dalam babak lanjutan ba­bak 8 besar Liga Thipone di sta­dion Madya Aji Imbut, Ming­gu (15/5).


Tuan rumah berhasil me­raih angka penuh di pertandingan kedua di babak 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia. Tim besutan Benny Dollo tersebut berhasil mematahkan perlawanan PSMS Medan dengan skor 3-1.


 
Pertamax Tembus Rp10 Ribu per Liter
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 May 2011   06:21)

Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax harga­nya sudah mencapai Rp10 ribu perliter. Hal itu dipenga­ruhi oleh ke­naikkan harga mi­nyak mentah dunia. Kenaikan harga berada di posisi Rp10 ribu per liter dimulai, Minggu (15/5) pu­kul 00.00.


Asisten Manager External PT Pertamina Pemasaran Re­gio­nal I Sumbagut, Fitri Erika men­je­laskan, bahwa Pertamax adalah jenis BBM yang ti­dak disubsidi oleh pemerintah, di mana harganya mengikuti laju pertumbuhan harga minyak mentah di dunia. “Ini bukan pertama kali­nya ya, bahkan di 2008 pernah sampai Rp11 ribu per liter,” jelasnya sa­at dihubungi Jurnal Medan, Minggu (15/5) sore.


 
Shirley Orangutan yang Gemar Merokok
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 16 May 2011   06:14)

Seekor orangutan betina yang mendiami sebuah kebun binatang di Malaysia memiliki kebiasaan yang buruk. Orangutan yang diberinama Shirley ini gemar merokok dan bahkan suka minum minuman bersoda.


Melansir Oddity Central, Minggu (15/5), Shirley yang berusia 25 tahun, awalnya suka mengutip puntungan rokok para pengunjung. Sebagian rokok bahkan masih menyala. Shirley pun mencoba mengisap rokok yang berjatuhan di depan kandangnya.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Kaki Diamputasi, PNS UPT Siborongborong Belum Gajian
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 14 May 2011   06:06)

Medison Simorangkir me­ngeluhkan kenerja UPT Pendi­dik­an Siborongborong, yang be­lum menyalurkan gaji bulan Mei 2011.


“Saya menilai bahwa UPT Pendidikan Siborongborong ti­dak punya perasaan sama sekali, dimana gaji saya untuk bulan Mei 2011 tidak diberikan oleh kepala UPT Pendidikan Si­borongborong, saya menge­luh­kan sikap UPT tersebut, dia ti­dak punya perasaan, saya su­dah hampir dua tahun meng­alami sakit dan bahkan kaki saya telah diamputasi karena mengalami sebuah penyakit dan saya sekarang lagi opname di Medan,”ujarnya kepada Jur­nal Medan, beberapa hari lalu.


 
Belum Semua Camat Tahu KTP Elektronik - 100 Hari Lagi, Warga Medan Gratis Urus KTP
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 14 May 2011   06:10)

Warga Medan harus bersabar lebih kurang 100 hari lagi untuk mendapatkan pelayanan KTP elektronik yang pengurusannya digratiskan itu. Apalagi rencana penerapan pelayanan KTP elektronik itu juga diundur dari Juni ke Agustus mendatang.

“Kemungkinan jadwal mun­dur menjadi Agustus karena pe­rangkatnya masih belum diki­rim pemerintah pusat, seperti ka­­mera, sidik jari digital. Kalau Medan sendiri tetap siap dan kita tetap melakukan persiapan,” kata Kepala Kadisdukcapil Kota Medan Darussalam Pohan, kepada Jurnal Medan, kemarin. Darussalam menegaskan pembuatan KTP ini semuanya di­tanggung pemerintah alias gratis.


 
Mariah Carey Diancam Suami Agar Hamil Lagi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 14 May 2011   06:54)

Nick Cannon ti­ba-tiba me­ngancam is­tri-nya sen­diri, Mariah Ca­rey. Ada Apa? Ke­jadian itu ternyata di­la­tarbela­ka­ngi ka­rena di­rinya ingin memiliki satu anak lagi dari sang istri.


Rupanya, pria yang me­­miliki nama leng­kap Ni­cholas Scott Can­non me­­ngaku belum pu­as setelah sang istri me­lahirkan anak kembar pada 30 April la­lu. Nick sangat ingin ru­mah­­nya di­­­penuhi dengan anak-anak yang bisa mem­­­bu­at­nya merasa ba­hagia setiap hari.


 
Menara dari 30 Ribu Buku
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 14 May 2011   05:51)

Seorang seniman terkenal asal Argentina, Marta Minujin menuangkan idenya dalam bentuk menara setinggi 25 meter yang terbuat dari 30.000 buku.


Oddity Central, Jumat (13/5) menulis, menara yang disebut Tower of Babel ini dirancang guna merayakan terpilihnya Buenos Aires sebagai tujuan World Book Capital 2011 oleh UNESCO.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
8 SKPD tak Laporkan Pertanggungjawaban
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 May 2011   06:32)

Delapan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Medan tidak menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Medan tahun 2010 yang berlangsung sejak Senin (2/5) sampai Jumat (6/5) lalu. Padahal SKPD lainnya dipanggil secara bergilir.

Adapun delapan SKPD itu yakni Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora), Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla), Badan Ketahanan Pangan (BKP), Badan Penanaman Modal (BPM), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) serta tiga Perusahaan Daerah (PD) yakni PD Rumah Potong Hewan, PD Pasar, dan PD Pembangunan.


 
Program PD Pasar Harus Bersinergi dengan Pedagang
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 May 2011   06:31)

Pejabat Dirut PD Pasar Me­dan mendatang harus bisa mem­­bawa Perusahaan Daerah (PD) itu eksis dan menjadi per­con­tohan bagi pasar-pasar lainnya di Indonesia. Hal itu disam­pai­­kan Ketua Umum Persatuan Pe­­da­gang Pasar Tradisional (P3TSU) H. Harmon Habib kepada Jurnal Me­dan, kemarin. Turut hadir da­lam kesempatan itu Sekre­ta­ris Umum Ir. Indra Sastria, Wakil Ke­tua Tomi Ja­pu­tra, Bendahara Umum dan wakil Sabda Karo-ka­ro dan Basri, sekretaris Eli Us­man serta beberapa pedagang lain­nya.


Habib juga minta program PD Pasar Medan ke depan harus je­las, bersinergi dengan seluruh bawahannya dan tiga direksi lainnya seperti Direktur Opera­si, Keuangan dan Direktur SDM serta selalu berkordinasi dengan pedagang dan pengurus pedagang yang berada di pasar tradisional.


 
Jelang PSMS VS PSAP Sigli - Target Tiga Angka
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 May 2011   06:30)

Cuaca panas bakal menjadi rintangan lain skuad Ayam Kinantan dalam menjalani laga perdana melawan PSAP Sigli di babak 8 besar Liga Tiphone Di­visi Utama 2010/2011 di Teng­ga­rong, Jumat (13/5) hari ini.


"Cuaca di Teng­ga­rong sa­ngat panas dibandingkan kota Medan. Hal ini membuat pa­suk­an Ayam Ki­nantan harus banyak mengkonsumsi air minum un­tuk menjaga stamina saat la­ti­han," ujar Sek­tim PSMS Fityan Hamdy saat di­hubungi Jurnal Me­dan melalui via ponsel, kemarin.


 
Sampah Membludak di Kawasan Rusun Sukaramai
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 May 2011   06:29)

Keluhan soal sampah tak per­­nah berhenti diperbincang­kan warga ru­­mah susun di Ke­lurahan Suka­ra­mai II, Keca­ma­tan Medan Area yang mayoritas dihuni etnis Tionghoa. Di kawasan ini sampah ru­mah tangga masih menjadi masalah serius yang belum bisa teratasi. Mulai dari parit pem­­bu­angan, gang yang ku­muh hing­ga atap rumah warga, pe­mandangan penumpukan sam­pah menjadi hal biasa. Bah­­kan hampir di setiap sudut ka­wasan rumah susun, sampah rumah tangga selalu bersera­kan.


Aling (60), warga rusun ling­­kungan VI menyebutkan masalah sampah seperti tak ada habisnya. Warga menurut dia juga aktif membayar iuran kebersihan. Namun tumpukan sampah tetap tampak di mana-mana.


 
Surya Saputra dan Cynthia Lamusu - Terus Usaha untuk Punya Anak
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 May 2011   06:29)

Semenjak menikah pada 8 Juni 2008, pasangan Surya Sa­putra dan Cynthia Lamusu belum juga dikaruniai anak. Namun mereka tak berhenti usaha dan berdoa untuk membuat keluarga kecilnya se­makin lengkap.


"Kalau usaha untuk punya baby, sampai kapanpun masih jalan terus," ujar Surya dan Cynthia saat ditemui di Studio Hanggar, Pancoran, Ja­karta Selatan, Rabu (12/5).


 
Hutan Berbentuk Gitar
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 13 May 2011   06:29)

Di sebuah lahan seluas 2/3 mil terdapat sebuah pemandangan yang unik ketika disaksikan dari atas. Sekitar 7.000 pohon ditanam membentuk gitar Pampa, gitar klasik Argentina.


Melansir Unique Daily, Kamis (12/5),lahan yang terletak di Argentina itu disebut Pedro Martin Ureta. Itu adalah karya seorang kakek. Pedro Martin Ureta (70) mulai menanam pepohonan itu sejak istri tercintanya Graciela Yraizoz meninggal di tahun 1977 di usia 25 tahun.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Mustahil PDAM Tirtanadi Dapat Penyertaan Modal
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 12 May 2011   06:55)

Wakil Ketua DPRD Sumut, Sigit Pramono Asri meragukan manajemen PDAM Tirtanadi Sumut punya perenca­naan kerja yang me-madai. Oleh karenanya jauh harapan untuk dikabulkan permintaan penyertaan modalnya. "Kita minta rencana kerjanya. Kita mau lihat sanggup nggak untuk kelola itu. Baik kualitas maupun kuantitas," katanya kepada Jurnal Medan, kemarin.


 
Massa Protes Kajatisu Bertandang ke Kantor Bupati Deliserdang
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 12 May 2011   06:53)

Ratusan massa yang tergabung dalam Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Su­matera Utara melakukan protes atas kehadiran Kepala Kejak­saan Sumatera Utara Abdul Ka­rim Basuni Masyarif ke kantor Bupati Deli Serdang. Kejatisu sen­­diri ke sana dalam acara pe-nandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) Pemkab Deliserdang dengan Kejaksaan Negeri Lubukpakam, Rabu (11/5), di aula Cendana Kantor Bu­­­­­pati Deliserdang, Lubukpa­kam.


 
Lebih Dekat dengan Pasar Induk di Medan Tuntungan - Jalan Berkubang Dikelilingi Kebun Jagung
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 12 May 2011   06:52)

Sepi menyergap hanya sese­kali kicauan burung terdengar, Kesan itu yang menyambut Jur­nal Medan saat berkunjung ke Pasar Induk Kota Medan di Kelu­rahan Lauchi dan Kelurahan Si­do­mulyo Kecamatan Medan Tun­tungan, beberapa waktu lalu. Sejauh mata memandang yang ada hanya ladang Jagung.


Di sana wartawan bertemu de­ngan dua orang penjaga ge­dung. Iwan (37) dan Yogi (26). Ha­nya mereka berdua yang mengisi hari-hari gedung yang telah usai dibangun pada Ja­nuari 2011 lalu itu. Belum ada hi­ruk pikuk pedagang. Namun sudah ada 300 kios dengan ukuran 3 M x 4 M. Iwan bercerita ren­cananya yang berjualan di sana nanti adalah pedagang sayur dan buah-buah.


 
Pippa Middleton - Suka Party Sampai Buka Baju
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 12 May 2011   06:36)

Kehidupan malam me­mang bukan hal yang asing bagi Pippa Middleton. Dalam sa­lah satu pesta, adik kandung Putri Kate Middleton itu bah­kan sampai membuka ba­junya. Lagi, berita tentang ke­hidupan pribadi Pippa Mid-dleton menghiasi media-me­dia. Menurut salah seorang teman di Inggris University of Edinburgh, Pippa dulunya terkenal sebagai orang yang suka berpesta.


"Dia terkenal sebagai seorang yang menggilai pesta, per­nah suatu waktu ia ber­pesta hingga tinggal bra saja yang melekat ditubuhnya," ujar seorang teman seperti di­lansir Showbizspy, Rabu (11/5).


 
Menyelam Antara Dua Lempeng Tektonik
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 12 May 2011   06:36)

Seorang penyelam berhasil menelusuri pertemuan dua lempeng tektonik di Islandia. Penjelajahannya ini belum pernah dilakukan siapapun sebelumnya. Hasil foto penelusuran pertemuan dua lempeng patahan tektonik itu menunjukkan adanya deretan alur pergeseran Bumi.


Melansir Daily Mail, Rabu (11/5), penyelam asal Inggris Alex Mustard (36) berhasil menelusuri pertemuan dua lempeng Amerika Utara dan Eurasia itu di kedalaman 34,3 meter di dasar laut. “Saya sudah sering menyelam di beberapa tempt yang menarik, tapi inilah yang paling menarik dan menantang,” ujar Alex.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
“Lalu Ratusan Miliar Sebelumnya Itu Untuk Apa?”
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 May 2011   06:44)

PDAM mengkambing­hitamkan peralatan yang tak memadai soal gangguan distribusi air yang dirasakan ma­syarakat Me­dan pekan lalu. Kadiv Hu­mas Pe­rusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi, Am­run, Se­lasa (10/5), menga­takan gang­guan distribusi air yang me­nye­babkan pelanggan protes dikarenakan adanya kebocoran pipa.


Mendengar itu, anggota komisi C DPRD Sumut, Hi­da­yatullah mempertanyakan ang­garan belanja pada tahun se-belumnya.


 
5 Bulan Belum Sepakati Calon Komisioner KIP - Kinerja Komisi A DPRD Sumut Tak Berkualitas
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 May 2011   06:44)

Komisi A DPRD Sumut tidak punya komitmen dalam menyelesaikan tahapan proses seleksi calon komisioner Komisi In­formasi Publik (KIP) Daerah Su­mut. Pasalnya, sudah lima bulan 15 nama diajukan panitia seleksi, namun hingga kini ma­sih menggantung. "Komit­men DPRD Sumut, sepertinya tidak ada. Ini bukan persoalan se­pe­le," kata akademisi dari Uni­ver­sitas Sumatera Utara, Da­dang Dar­ma­wan, Se­lasa (10/5).


 
Perda Lebih Kuat dari UU: Denda Jembatan Timbang Tanpa Putusan Pengadilan - Perda 14/2007 Dijadikan ‘Kedok’ untuk Pungli
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 May 2011   06:37)

Di belahan negara hukum manapun, tidak pernah yang namanya peraturan daerah lebih kuat dari Undang-undang (UU). Tapi di Sumatera Utara (Sumut) indikasi penyimpangan yang kesannya melecehkan UU itu sepertinya ada ditemukan. Lihat saja keberadaan Perda 14 tahun 2007 tentang Pengen­da­lian Kelebihan Angkutan Muat­an Barang, Perda ini sepertinya le­bih kuat dari UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Jalan.


Sinyalemen ini terkuak setelah Jurnal Medan dalam sepe­kan ini menelusuri kinerja sejumlah jembatan Timbang di Si­an­tar dan Simalungun. Se­perti di Jembatan Tim­bang Dolok Mera­­ngir, Kabupaten Simalungun dan Jem­batan Timbang Sim­pang Dua Kota Pematang­sian­tar.


 
Anang Sumpah Pocong, Syahrini Sumpah Alquran
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 May 2011   06:16)

Beberapa waktu yang lalu, Syahrini ditantang oleh pihak Anang Hermansyah yang diwakili Hadi Sunyoto selaku produser untuk mela­ku­kan sumpah pocong. Lalu apa tanggapan Syahrini?


Tantangan sum­pah tersebut di-sam­paikan pi­hak Anang terkait per­­­nya­ta-an yang di­keluar­kan Syah­ri­ni di sebuah ta­bloid. Saat itu Syahrini memberikan pernyataan yang terkesan memojokkan Anang saat me­reka tidak lagi berduet, dan memutuskan berduet dengan Ashanty.


 
Babi Bermoncong Dua
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 11 May 2011   06:12)

Seekor anak babi terlahir dengan kondisi yang sangat langka. Ia memiliki dua moncong sehingga porsi makannya melebihi saudara-saudaranya yang normal.


Melansir Metro, Selasa (10/5), anak babi betina di China ini terlahir dengan kondisi memiliki dua moncong. Kondisinya itu mempersulit si pemilik hewan kecil ini, Bai Xuejin sebab itu sama saja memberi makan dua ekor babi.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Menunggu Kejatisu Limpahkan Kasus ke Pengadilan Tipikor - Penjarakan Semua KDH yang Berstatus Tersangka
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 May 2011   06:25)

Pemberantasan korupsi di negeri ini belum konkrit dan tak sepenuh hati. Semestinya untuk menimbulkan efek jera semua pihak yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi, apalagi statusnya sudah menjadi tersangka, harus segera ditahan.

“Tak ada efek jera, korupsi masih jadi pilihan, karena yang sudah tersangka pun bisa bebas ber­keliaran,” ucap Dosen Fisip UMSU, Arifin Saleh Siregar MSP kepada Jurnal Medan, kemarin di gedung dewan saat disinggung soal kehadiran pengadilan tindak pidana korupsi di Medan.


 
Dirut PDAM Siap Diganti
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 May 2011   06:25)

Direktur Utama PDAM Tirtanadi, Ir Azzam Rizal me-ngaku dirinya siap diganti jika itu memang keputusan Plt Gubsu Gatot Pudjo Nugroho. “Saya serahkan sepenuhnya pada Plt Gubernur,” jawab Az-zam saat ditanya Jurnal Medan, kemarin disinggung de­sakan sejumlah ka­langan untuk me­ng­evaluasi dan mengganti jajaran direksi PDAM Tirtanadi.


Jawaban serupa juga disampaikan Azzam saat ditanyakan soal pelantikan jajaran direksi yang dinilai tidak sah, karena yang melantiknya hanya Plt Sekda. "Saya serahkan sepenuhnya pada Pak Gubernur. Yang terpenting, kita akan berusaha tingkatkan kinerja," ucapnya.


 
Gubsu Berat Hati Bawa Usul Pemekaran ke Pusat
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 May 2011   06:14)

DPRD Sumut tetap menyetujui dan mengusulkan peme­ka­r­an tiga calon provinsi meski se­jumlah kalangan menilai me­me­nuhi dan melengkapi persyarat-an untuk menjadi sebuah pro­vinsi. Tujuh dari sepuluh fraksi yang ada di DPRD Sumut, dalam paripurna pendapat fraksi terhadap laporan pansus peme­ka­ran, Senin (9/5), memberikan du­­kungan bagi pemekaran ca­lon provinsi Sumatera Teng­gara, Kepulauan Nias, Tapanuli.


Mereka menilai, jika persyaratan ketiga calon provinsi ini sudah terpenuhi sesuai Pe­ra­turan Pemerintah No 78 tahun 2007 tentang tata cara pem­ben­tu­kan, penghapusan dan penggabungan daerah. Ketujuh Frak­si tersebut,Demokrat, PDIP, PAN, Fraksi Pelopor Peduli Rak­yat, PDS, Hanura, Gerindra, mem­berikan dukungan peme­ka­ran, dengan alasan untuk me­ning­katkan kesejahteraan rakyat.


 
8 Tahun Gendong Sahabatnya untuk Bersekolah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 May 2011   06:05)

Sebuah persahabatan sejati yang sangat jarang kita temui telah terjalin antara dua sahabat. Di Hebei, China, seorang remaja pria bernama Lui Shi Ching (16) selama 8 tahun menggendong sahabatnya yang cacat untuk memberangkatkannya ke sekolah.


Melansir World Strangest.com, Senin (9/5), selama 8 tahun itu Lui Shi Ching menggendong sahabat prianya Lu Shao ke sekolah baik pergi maupun pulang. Lu Shao menderita cacat kaki sejak lahir sehingga sulit berjalan.


 
KPK Mondar-mandir di Balaikota, PNS pun Tergopoh-gopoh
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 May 2011   06:16)

Usai apel pagi, kemarin, kan­tor Walikota Medan kedata­ngan tamu, yang langsung mem­bu­at aktivitas pegawai di Pemko Medan mendadak ekstra sibuk. Sang tamu, dua orang perempu­an itu rupanya dari Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK).


Sejumlah PNS dari lantai I sam­pai lantai III kelihatan naik turun dengan membawa tum­puk­an berkas. Apalagi di rua-ngan Humas, di mana Kabag Hu-mas Pemko Medan terlihat si-buk menyiapkan ber­kas-berkas. Lalu tiba-tiba mengetik.


 
Jupe Putar Video Duelnya dengan Depe di Sidang
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 May 2011   06:15)

Persidangan kasus cakar-cakaran artis Julia Perez (Jupe) dan Dewi Persik (Depe) akan dilanjutkan Selasa (10/5) de­ngan agenda pembacaan ketera-ngan saksi dari Jaksa Penuntut Umum. Untuk keperluan persidangan itu, Jupe pun akan putar video perkelahiannya.


Aktris bernama asli Yuli Rachmawati itu bersama kuasa hukumnya Henry Yosodiningrat akan menyiapkan layar untuk memutarkan video yang dijadi­kan bukti. Hal itu disampaikan oleh Ju­pe saat berbincang me­la­lui ponselnya, Senin (9/5). "Besok akan ada pe­mutaran filmnya tuh, jadi ma­sang layar untuk pemutaran video yang dijadikan bukti," tuturnya.


 
Segera Bentuk BPJS
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 10 May 2011   06:14)

Oleh: N Syamsuddin Ch Haesy

ARAH pembangunan nasio­nal sudah jelas: pro pertumbu­han (pro growth), pro penanggulangan kemiskinan (pro poor), pro lapangan kerja (pro job), dan pro lingkungan hidup (pro environment). Keempatnya saling ter­kait satu dengan lainnya. Se­ca­ra umum kita memandangnya pada harmoni antara sistem pembangunan ekonomi di satu sisi dan sistem jaminan sosial nasional (SJSN) di sisi lain.


Dalam hal SJSN, undang-undang sistem jaminan sosial na­sio­nal atau UU No. 40/2004 telah mengamanatkan lima bentuk program, yakni: jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian. Me-lalui ke lima program tersebut, diharapkan setiap penduduk dapat memenuhi kebutuhan dasar yang layak, apabila mereka menghadapi berbagai hal yang dapat mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan. Baik karena sakit, kecelakaan, kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut, atau pensiun.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Belum Jalankan Amanat UU Keterbukaan Informasi Publik - ICW Sesalkan Sumut
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 May 2011   06:36)

Salah satu amanat UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) adalah pembentukan Komisi Informasi Daerah (KID) pada level provinsi. Sayang­nya, hingga awal 2011 baru sekitar 8 provinsi yang secara definitif memiliki Komisi Informasi.

"Menyangkut pembentukan lembaga tersebut, UU ini memberikan batas waktu bahwa komisi informasi provinsi harus sudah terbentuk paling lambat 2 tahun sejak diundangkannya UU ini.


 
Usai Kejagung, Giliran Kejatisu Bidik Pejabat Batubara
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 May 2011   06:35)

Sejumlah pejabat dari Kabupaten Batubara bakal menjadi tersangka dalam dugaan korupsi. Mereka terlibat dengan kasus dugaan korupsi dalam pekerjaan pembangunan tujuh gedung Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Batubara. Sebe­lum­nya, Tim Pidana Khusus Ke­jak­saan Agung menahan Kepala Dinas Pendapatan dan Penge­lo­laan Keuangan dan Aset (Ka­dispenda) Batubara Yos Rauke dan Bendahara Umum Daerah Fadhil Kurniawan dalam perkara du­gaan penggelapan uang kas dae­rah Batubara senilai Rp 80 miliar.


 
Black Box Sudah Ditemukan - Pernah Ada Keluhan Sayap Belakang Pesawat Bermasalah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 May 2011   06:33)

Kotak hitam alias black box pesawat Merpati Nusantara Airlines telah ditemukan pada Minggu sore ini. Kondisi kotak hitam utuh dan ditemukan di kedalaman 12 meter, Teluk Kai­mana, Papua Barat. "Dite­mu­kan pada pukul 16.00 WIT di 500 meter dari landasan," ujar Kabid Hu­mas Polda Papua, Kombes Pol Wachyono dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Minggu (8/5). Menurut Wachyono, kondisi kotak hitam masih utuh. "Pada kedalaman 12 m, kondisi utuh," imbuh dia.


Pada hari ini, Tim SAR juga telah menemukan 3 je­na­zah korban pesawat berjenis MA 60 buatan Chi­na yang jatuh di Te­luk Kai­ma­na, Papua Ba­­rat, itu. "Ada tiga je-na­zah yang baru ditemukan. Jadi se­karang ting­­gal 5 jenazah lagi yang belum ditemukan," kata Kepala Bandara Kaimana Papua, Ga­ga­rin Mulyansah kepada detikcom, Minggu (8/5).


 
Ikan-ikan Terbang yang Agresif
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 May 2011   06:28)

Para nelayan di Danau Xiannv semasa musim semi ini panen ikan-ikan terbang. Mereka tidak perlu bersusah payah memancing berjam-jam menunggu umpannya disergap ikan-ikan itu sebab pada musim ini, ikan-ikan terbang berlompatan ke luar permukaan danau.


Melansir Daily Mail, Minggu (8/5), ikan-ikan terbang yang agresif ini dapat dijumpai di Danau Xiannv, Provinsi Jiangxi, bagian timur China.


 
Andi Soraya - Rumah Dibobol Maling, Kerugiannya Rp700 Juta
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 9 May 2011   06:10)

Aktris Andi Soraya sedang tertimpa musibah. Rumahnya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan dibobol maling pada 4 Mei lalu. Bintang 'Anda Puas, Saya Loyo' itu kehilangan barang-barang berharga senilai Rp 700 juta. "Barang berharga elektronik aman, tapi hanya perhiasan satu set, jam tangan mahal habis di bawa maling. Totalnya Rp 700 juta. Jam tangan brand­ed, cincin berlian, anting berlian, logam mulia," tuturnya saat ditemui di Cafe White Box, Menteng, Jakarta Selatan, Minggu (8/5).


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Polisi Bekuk Pemilik Narkoba Senilai Rp 4 M
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 7 May 2011   06:27)

Poldasu me­nang­kap Samuel Mabadu ali­sa Smith (39) warga Ni­geria yang diduga bandar narkotika di Jakarta Kamis, kemarin. Esok­nya, Samuel petugas lang­­sung diboyong ke Medan de­­ngan menggunakan Lion Air. Ter­tangkapnya Samuel terkait de­ngan tertangkapnya Rika Ra­hayu warga Aceh saat baru tu­run dari Kapal Ferry MU Ocean Star II asal Port Klang Malaysia yang berlabuh di Pelabuhan Te­luk Nibung, Tanjung Balai Asa­han. Saat mengamankan Rika Ra­hayu, petugas Kantor Pela­ya­nan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe A3 Teluk Nibung Medan berhasil meng­amankan koper hi­tam milik tersangka.


 
Calon Direksi BUMD Pemko Medan Misterius
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 7 May 2011   06:26)

Panitia pelaksana penjari­ngan direksi Perusahaan Daerah Pemko Medan masih belum mem­buka nama-nama calon yang akan mengikuti tes di USU., sehingga menimbulkan kecurigaan. “Tentu kita se­bagai warga ingin tahu siapa saja yang men­calonkan diri se­bagai direksi, ini­kan nanti bisa kita nilai apa­kah dia cocok atau ti­dak, ta­pi ka­lau hanya Panitia Pelak­sana saja yang tahu, ya tentu kita curigalah, se-mua harus terbuka,” kata Pe­nga­mat Sosial Politik USU War­jio, Jumat, (6/5).


 
Kambing Berkaki Tiga Juarai Lomba Lari
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 7 May 2011   06:17)

Di Pennsylvania, Amerika Serikat digelar lomba lari antar kam-bing setiap tahunnya. Namun, pada Minggu (1/5) lalu ada sesuatu yang unik. Beberapa ekor kambing ada yang malas berlari, bahkan ada yang berjatuhan. Tapi, ada satu ekor kambing cacat yang melaju dengan cepatnya.


Melansir The Mercury, Jumat (6/5), kambing betina berkaki tiga itu berlari kencang mengalahkan rekan-rekannya sesama kambing yang normal. Peggy, kambing berusia 16 bulan itu berhasil menjuarai 11th annual Sly Fox Goat Races.