Anda telah membuat situs atau blog dengan susah payah. Lalu anda mendaftar ke Google Adsense. Jika anda diterima, itu berarti konten atau isi situs anda telah memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan oleh Google Adsense. Tentu anda harus berupaya agar semua usaha anda ini tidaklah sia-sia. Anda harus menjaga agar anda tidak ditendang atau di-bannned dari Google Adsense. Tips berikut memaparkan pantangan-pantangan yang tidak boleh anda lakukan, agar keikutsertaan anda dalam Google Adsense dapat berlangsung selamanya.

Mengklik Iklan di Situs Anda Sendiri
Jangan sekali-sekali anda mengklik iklan di situs anda sendiri. Meskipun itu anda lakukan tanpa sengaja. Apalagi jika anda melakukannya dengan sengaja dan berkali-kali. Anda juga tidak boleh memasang program komputer khusus untuk melakukannya. Jika ketahuan, sudah pasti anda akan di-banned dari Google Adsense.

Menyuruh Orang Lain untuk Mengklik Iklan
Sepertinya ini ide yang bagus bukan? Menyuruh orang lain untuk mengklik iklan yang ditayangkan di situs anda. Apalagi jika anda memiliki beribu-ribu teman di facebook atau twitter yang bersedia melakukannya untuk anda. Wah, terbayang sudah berapa banyak uang yang akan anda hasilkan dari klik-klik mereka. Stop. Hentikan mimpi anda. Karena ide seperti ini bukanlah ide yang bagus. Jika anda melakukannya, maka cepat atau lambat anda juga akan di-banned dari Google Adsense.

Memberi Imbalan untuk Orang yang Mengklik Iklan
Ini juga tidak boleh anda lakukan. Memberikan imbalan, hadiah, atau iming-iming lain bagi para pengunjung agar mereka termotivasi untuk mengklik iklan adalah sama saja dengan menyuruh mereka untuk mengklik iklan tersebut. Walaupun cara ini lebih tersembunyi, tetap saja merupakan kecurangan yang dapat menyebabkan anda di-banned.

Mencari Traffic dari Situs PTC
Jika situs anda sudah diterima untuk mengikuti program Google Adsense maka pantang bagi situs tersebut untuk diikutkan dalam program PTC (Paid To Click). Dengan sangat jelas Google Adsense telah menyebutkan hal ini dalam Program Policy-nya.

Mencari Pengunjung dengan Melakukan Spam
Spam adalah pantangan berikutnya. Ikut Adsense atau tidak, sebetulnya dalam keadaan bagaimanapun spam haruslah anda hindari. Baik itu dengan cara mengirim email-email spam, dengan melakukan spam melalui facebook dan sebagainya. Hindarilah. Apalagi jika anda ikut Adsense. Rugi kan kalau anda ditendang gara-gara melakukan spam? Promosikan situs atau blog anda dengan lebih bijak. No spam.

Menempatkan Iklan dalam Box Mengambang (Float)
Pernahkan anda mengalami kejadian seperti ini? Anda sedang mencari artikel. Anda dapat menemukannya di suatu situs. Tiba-tiba artikel tersebut tertutup oleh kotak mengambang yang didalamnya berisi iklan. Anda hanya bisa menghilangkan iklan tersebut jika anda mengkliknya. Ini adalah cara yang curang. Pengunjung terpaksa mengklik iklan karena ingin membaca artikel yang tertutup di bawahnya. Google Adsense melarang anda melakukan hal semacam ini. Jadi, jangan melakukannya. Selain itu, pengunjung situs anda juga pasti akan kesal karenanya.

Mengaburkan Perbedaan Iklan dengan Isi Situs
Pengunjung situs anda harus dapat membedakan dengan jelas mana yang merupakan isi situs atau konten, dan mana yang merupakan iklan. Walau anda boleh menyesuaikan penampilan iklan agar serasi dengan isi situs anda, namun anda tetap harus menjaga agar iklan dan isi situs dapat dibedakan dengan mudah. Jangan sampai pengunjung meng-klik iklan tanpa sengaja yang disebabkan karena ia mengira iklan tersebut adalah salah satu link navigasi di situs anda. Eh, tahu-tahu kok dia dibawa keluar dari situs anda terbang menuju situs lain yang asing baginya.

Meletakkan Tulisan atau Gambar Menyesatkan di Dekat Iklan
Anda tidak boleh meletakkan tulisan menyesatkan di dekat iklan. Misalnya anda meletakkan tulisan 'Artikel Menarik' di atas deretan link-link iklan seolah-olah iklan tersebut adalah artikel, padahal seharusnya tulisan yang tepat dan tidak mengecoh misalnya adalah 'Link Sponsor'. Begitu pula, anda tidak boleh meletakkan gambar panah dengan tulisan 'Klik Link Ini Untuk Melihat Video Asyik' di dekat iklan. Hal-hal seperti ini dilarang dalam Google Adsense karena bersifat mengecoh atau menyesatkan.

Itulah pantangan-pantangan yang bisa saya tuliskan. Lebih lengkapnya anda dapat melihat dalam Kebijakan Program Adsense. Intinya, lakukan segala sesuatunya secara alami, tanpa trik yang aneh-aneh. Mudah-mudahan anda dapat sukses dalam Adsense melalui cara-cara yang baik dan jujur.

Comments are closed.