Anda pasti setuju dengan saya bahwa ber-internet itu menyenangkan. Tentu lebih menyenangkan lagi jika sembari berselancar, bersosialisasi di facebook atau twitter dan bikin blog, kita juga bisa menghasilkan uang dari internet. Ada banyak cara untuk meraup keuntungan dari dunia maya. Salah satunya adalah dengan Google Adsense.
Tidak ada satu cara pun di dunia ini untuk menghasilkan uang dengan mudah dan cepat. Termasuk dengan Adsense. Jika anda berharap anda bisa menghasilkan uang dengan cepat lagipula mudah dengan Google Adsense, tentu anda akan kecewa. Semua pekerjaan membutuhkan dedikasi, kerja keras dan kesabaran. Tak terkecuali Adsense.
Baiklah, jika anda masih tertarik, anda bisa mulai belajar tentang Adsense dengan datang ke situsnya di http://www.google.com/adsense. Di sana dijelaskan berbagai hal tentang Adsense termasuk aturan mainnya, kita-kiat dan sebagainya.

Snapshot halaman depan Google Adsense
Screenshot halaman depan Google Adsense
Untuk dapat bergabung dengan program Adsense, anda perlu melakukan beberapa langkah, antara lain:
  1. Membuat situs atau blog.
  2. Mempromosikan situs atau blog anda tersebut.
  3. Mendaftar Google Adsense.
Di bawah ini akan saya jabarkan ketiga hal tersebut.

Membuat Situs Atau Blog
Apa perbedaan situs dan blog? Ah, itu hal yang tidak terlalu penting. Situs dan blog sebenarnya sama-sama situs. Bedanya, blog lebih berupa artikel yang terbit secara teratur misalnya harian, mingguan, bulanan. Selain itu blog biasanya dilengkapi dengan form bagi para pembaca untuk mengisikan komentarnya. Jadi pilih blog atau situs, itu terserah anda saja.
Jika anda ingin membuat blog, di internet ada banyak penyedia hosting blog gratis. Bisa saya sebutkan di sini yang cukup terkenal:
  1. Weebly (http://www.weebly.com)
  2. Blogger (http://www.blogger.com)
  3. Wordpress (http://wordpress.com)
Begitu pula jika anda ingin membuat situs, di internet juga ada banyak sekali layanan web hosting gratis, seperti:
  1. Weebly (http://www.weebly.com)
  2. Free Web Hosting Area (http://www.freewebhostingarea.com)
  3. 0 Fees (http://www.0fees.net)
Jadi, silahkan datang ke salah satu situs penyedia hosting gratis yang telah saya sebutkan di atas. Lalu buatlah sebuah situs atau blog. Isi situs atau blog tentu dapat diisi sesuka hati anda. Hanya saja jika anda ingin membuat situs untuk diikutkan dalam program Adsense, maka anda harus memenuhi kebijakan yang telah ditetapkan oleh Google Adsense. Antara lain Google melarang iklan Adsense ditempatkan di situs yang berisi:
  1. Pornografi
  2. Kekerasan
  3. Rasial
  4. Perjudian
  5. Penjualan bir
  6. Penjualan tembakau
  7. Penjualan obat terlarang
  8. Penjualan senjata
  9. Penjualan skripsi
  10. Konten yang melanggar hak cipta
Lebih lengkapnya anda dapat membaca Kebijakan Program Adsense.

Mempromosikan Situs Atau Blog
Ini adalah bagian yang paling sulit sekaligus merupakan bagian yang paling penting. Saya katakan sulit, karena saya sendiri telah membuat banyak blog dan situs dengan beragam konten, tema dan penampilan. Sebagian situs saya buat dengan PHP, sebagian lagi dengan HTML plus CSS. Sebagian lainnya sarat dengan Javascript, sementara yang lainnya saya jejali dengan animasi Flash. Saya juga membuat beberapa blog di Blogger dan juga di Wordpress. Tapi semuanya mengecewakan karena tidak ada yang datang ke situs saya. Lalu saya mulai belajar mempromosikan situs saya. Belajar dan terus belajar. Akhirnya saya mendapatkan hasil. Situs saya mulai ada yang mengunjungi, bahkan dari hari ke hari terus bertambah.
Lantas, mengapa promosi situs itu penting? Tentu saja. Percuma kan bikin situs tapi tak ada yang mengunjungi? Apalagi jika anda ikut program Adsense, sudah pasti pendapatan anda sangat tergantung pada jumlah pengunjung yang datang ke situs anda setiap harinya.
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mempromosikan situs? Di bawah ini saya berikan tips bagaimana cara mempromosikan situs.
  1. Daftarkan situs anda di search engine seperti Google, Yahoo dan Bing.
  2. Iklankan situs anda di situs iklan gratis.
  3. Perkenalkan situs anda ke teman melalui facebook dan twitter.
  4. Kalau perlu, iklankan secara offline misalnya di surat kabar.
  5. Buatlah agar situs anda disukai oleh search engine. Untuk hal ini anda harus belajar SEO atau Search Engine Optimization. Anda dapat belajar SEO dari buku atau dari situs tutorial SEO yang ada di internet.
Dengan langkah-langkah promosi seperti tersebut di atas, mudah-mudahan situs anda menjadi dikenal dan banyak pengunjung yang datang.

Mendaftar Google Adsense
Eit, tunggu dulu! Anda sebaiknya tidak terburu-buru mendaftarkan situs anda ke program Google Adsense. Cek dan pastikan bahwa konten situs anda tidak melanggar kebijakan program Google Adsense. Pastikan juga situs anda telah memiliki cukup banyak pengunjung. Sebab, jika isi situs anda melanggar kebijakan program maka pendaftaran anda sudah pasti akan ditolak.
Satu lagi yang perlu saya sebutkan di sini, jika situs anda menggunakan bahasa Indonesia maka anda hanya boleh mendaftar Google Adsense For Search. Yang boleh mendaftar Google Adsense For Content hanyalah situs-situs yang menggunakan bahasa-bahasa yang didukung oleh Adsense seperti misalnya bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Arab, Cina, Korea, Jepang, Thailand dan seterusnya. Lebih lengkap coba anda baca Bahasa Yang Didukung Adsense.
Jangan pernah menyerah jika pendaftaran anda ditolak oleh Google Adsense. Cari di mana kekurangan situs anda, perbaiki, terus daftarkan lagi dan tetap semangat.

Comments are closed.