RSS Feed adalah suatu link khusus dari mana anda dapat memperoleh cuplikan-cuplikan posting terbaru dari suatu situs. RSS ini biasanya disimpan dalam sebuah file xml dengan format tertentu. Saat ini format yang banyak digunakan adalah RSS versi 2.0. Tips and tricks kali ini menjawab sebuah pertanyaan, di mana kita dapat menemukan RSS Feed suatu situs?
Situs yang sadar akan pentingnya RSS Feed dan yang tahu bahwa RSS Feed dapat meningkatkan traffic pengunjung ke situs mereka, akan meletakkan RSS Feed di tempat yang mudah ditemukan bagi siapa saja yang memerlukannya. Contoh yang terbaik adalah situs berita ternama Kompas.com. Di situs berita ini dengan mudah anda dapat menemukan lebih dari 10 buah RSS Feed. Coba anda buka situs Kompas.com dan anda cari gambar logo RSS Feed seperti di bawah ini.
Gambar logo RSS Feed
Logo RSS Feed
Jika anda meletakkan pointer mouse di atas logo semacam itu lalu meng-klik tombol kanan mouse untuk memunculkan shortcut menu dan selanjutnya memilih menu Salin Lokasi Tautan, maka anda akan mendapatkan link dari RSS Feed tersebut.
Kembali ke Kompas.com, anda akan dapat menemukan RSS Feed utama Kompas di pojok kanan bawah di sebelah kiri logo YouTube, Facebook dan Twitter. Perhatikan snapshot di bawah ini.
Gambar RSS Feed utama Kompas
RSS Feed utama Kompas
Selain itu anda juga dapat menemukan logo RSS Feed dengan ukuran lebih kecil pada setiap kotak kategori. Saya contohkan di bawah ini adalah snapshot kotak kategori Kompas Bola. Perhatikan logo RSS Feed ukuran kecil yang ada di sebelah kanan atas.
Gambar kotak kategori Kompas Bola dengan logo RSS Feed kecil
Logo RSS Feed kecil ada di pojok kanan atas
Sebagai penutup, anda juga dapat menemukan RSS Feed suatu situs dengan memperhatikan address bar pada browser. Jika situs yang sedang anda browse memiliki RSS Feed, biasanya browser secara otomatis akan menampilkan logonya di address bar. Perhatikan snapshot di bawah ini yang memperlihatkan logo RSS Feed situs Kompas.com pada browser Mozilla Firefox saya.
Gambar logo RSS Feed di browser Mozilla Firefox
Logo RSS Feed dalam address bar (sebelah kanan tulisan http://kompas.com/)

Comments are closed.