Laptop memang menjadi dambaan bagi setiap orang yang suka berselancar di dunia maya. Namun harganya yang masih di kisaran 4 hingga belasan juta rupiah, membuatnya menjadi barang yang belum bisa dinikmati oleh semua orang. Kini, di pasaran juga telah muncul berbagai jenis notebook dan netbook. Dengan fasilitas wifi dan webcam, netbook hadir menjadi salah satu pilihan yang menggoda dan sulit untuk ditolak. Harganya pun cukup murah sekitar 2,5 hingga 3,5 juta rupiah.
Tapi adakah laptop atau netbook yang harganya sekitar satu juta? Tentu tidak. Kalaupun ada, biasanya adalah laptop atau netbook second atau bekas. Tapi saya tidak akan menyarankan anda untuk membeli laptop atau netbook bekas seharga satu juta rupiah. Laptop second cenderung mudah rusak karena umurnya yang memang sudah tua. Dan tidaklah mudah untuk memperbaiki sebuah laptop.
Jika anda membutuhkan komputer dengan harga sekitar satu juta rupiah, misalnya saja untuk di rumah sebagai cadangan atau untuk ditaruh di tempat kost, saya akan menyarankan anda seperti berikut ini.
Sebaiknya anda membeli komputer biasa yaitu yang menggunakan casing tower atau mini tower dan yang mempunyai keyboard terpisah, dengan spesifikasi sebagai berikut :

SPESIFIKASI KOMPUTER MURAH
Harga : Rp. 1.000.000,-

CPU (Rp. 750.000,-) :
IP-4 2,6 GHz INTEL *
MB P4 INTEL/SIS/VIA
DDR 256 Mb
AGP 64 Mb
HD 40 Gb
Case ATX 450 Watt
CD ROM 52x
Sound Card
Keyboard
Mouse Optic

MONITOR (Rp. 250.000,- ) :
Monitor 15" Digital *

Ket: * = second

Dalam spesifikasi di atas, semua komponen adalah baru kecuali yang diberi tanda bintang yaitu prosesor dan monitor. Anda dapat mencatat spesifikasi seperti di atas dan membawanya ke toko komputer terdekat di kota anda. Penjual sangat mengerti dengan spesifikasi seperti di atas dan akan segera merakitkannya untuk anda. Sebagai catatan, harga di atas adalah harga di kota Jogja pada bulan Mei 2011. Harga di kota anda mungkin sedikit berbeda tapi saya yakin tidak akan jauh dari patokan harga di atas.
Jika anda mempunyai uang lebih, maka dengan tambahan 500 ribu rupiah, anda akan memperoleh komputer yang lebih bagus. Prosesor lebih cepat, kapasitas memori dan harddisk lebih besar. Perhatikan spesifikasi di bawah ini.

SPESIFIKASI KOMPUTER MURAH
Harga : Rp. 1.500.000,-

CPU (Rp. 1.250.000,-) :
D CORE E 430 1.8c
MB INTEL G31 ADV
DDR 2 512 PC 667
VGA 128 + PCI Ex
HD 80 Gb 7200/sata
Case ATX 450 Watt
CD ROM 52x *
Sound Card 3D
Keyboard
Mouse Optic

MONITOR (Rp. 250.000,- ) :
Monitor 15" Digital *

Ket: * = second

Perhatikan, untuk spesifikasi satu setengah juta di atas, yang second adalah CD ROM dan Monitor saja. Sebagai tambahan, perlu saya sebutkan di sini, bahwa kedua spesifikasi di atas telah memiliki port USB. Jadi bisa dihubungkan dengan printer USB, HP maupun modem untuk internetan. Untuk performanya tentu yang satu setengah juta lebih cepat ketimbang yang satu juta karena telah menggunakan prosesor dual core.

Comments are closed.