Keripik dengan rasa yang enak tentu tidak akan sempurna jika teksturnya kurang renyah. Oleh karena itu ikuti tips berikut agar keripik yang anda buat menjadi lebih renyah dan tidak mengecewakan.
Pada saat anda mengiris bahan, usahakan ketebalannya seragam atau hampir sama. Lebih baik lagi jika anda mempunyai mesin khusus untuk memotong bahan keripik ini. Jika tidak, pakai pisau biasa pun bisa. Yang penting hasil irisan tebalnya sama. Hal ini dimaksudkan agar pada saat digoreng semua bagian keripik dapat matang bersamaan. Tidak ada bagian yang gosong ataupun yang belum matang. Tips ini berlaku untuk semua bahan keripik seperti tempe, singkong, ubi, kentang, sukun, pisang dan sebagainya.
Untuk bahan keripik yang berasal dari umbi atau buah, sebelum dibumbui atau digoreng, ada baiknya direndam terlebih dahulu dalam air kapur selama kurang lebih 1 jam. Ini dimaksudkan untuk memperbaiki tekstur bahan agar tidak terlalu lembek.

Foto irisan kentang direndam dalam air kapur
Irisan kentang direndam dalam air kapur agar lebih renyah
Pada saat menggoreng, pergunakan minyak yang cukup banyak. Minyak goreng yang terlampau sedikit menyebabkan sebagian keripik yang sedang digoreng tidak terendam minyak, sehingga tidak dapat matang dengan sempurna bahkan terkadang malah menjadi gosong.
Yang terakhir, tunggu hingga tidak ada lagi uap panas yang mengepul dari keripik yang anda goreng sebelum anda memasukkannya ke dalam wadah tertutup seperti toples, kaleng ataupun plastik pembungkus. Jika anda mengemas keripik dalam keadaan panas, hasilnya keripik akan cepat melempem dan tidak renyak lagi tentunya.




Leave a Reply.