5 bintang
Screenshot halaman depan BSE Kemdiknas
Screenshot halaman depan BSE Kemdiknas
Tak terasa tanggal telah berganti ke angka 19 Mei. Hasil Ujian Nasional untuk siswa-siswa tingkat akhir telah diumumkan hari Senin kemarin. Bulan Juli, yang merupakan awal tahun ajaran baru akan segera datang. Dan buku-buku pun akan segera kembali dibuka. Ngomong-ngomong soal buku pelajaran sekolah, tahukah anda bahwa di situs milik Kementerian Pendidikan Nasional terdapat banyak sekali buku-buku yang bisa anda download dengan gratis?
Jika anda memang belum mengetahuinya, segera saja buka browser anda dan langsung menuju situs BSE milik Kemdiknas di alamat: http://bse.kemdiknas.go.id. Jujur saja, situs ini adalah salah satu situs favorit saya, karena saya sangat suka membaca. Buku apa saja saya baca termasuk buku-buku sekolah SD, SMP, SMA maupun SMK.
Saat ini di situs BSE Kemdiknas telah terdapat 927 judul buku, terdiri dari 291 buku pelajaran SD, 154 buku SMP, 276 buku SMA, 204 buku SMK dan 2 judul buku bahasa.
Jika anda telah mengenal situs ini, mungkin anda tahu juga bahwa situs tersebut pernah pindah lokasi dari http://bse.depdiknas.go.id ke alamat yang sekarang di http://bse.kemdiknas.go.id. Ya, memang hanya beda depdiknas dan kemdiknas doang.
Untuk dapat mendownload buku-buku sekolah elektronik atau BSE di situs ini, anda diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Tapi jangan kuatir karena proses pendaftarannya mudah dan cepat. Setelah mendaftar anda boleh mendownload BSE-BSE tersebut sebanyak yang anda suka.
Bahkan, jika anda suka berdagang, anda diijinkan untuk mencetak ebook-ebook tersebut menjadi bentuk buku dan menjualnya. Dengan syarat anda tidak boleh menjual melebihi HET atau Harga Eceran Tertinggi yang sudah ditentukan.
Semua BSE atau e-book buku pelajaran di situs Kemdiknas ini disimpan dalam format PDF. Jadi anda harus mempunyai Acrobat Reader untuk membacanya. Jika anda belum memilikinya, anda dapat mengunduh Adobe Acrobat Reader yang link-nya sudah disediakan di situs BSE Kemdiknas ini.
Satu catatan yang perlu saya kemukakan, situs BSE Kemdiknas dioptimasi untuk browser Mozilla Firefox. Jadi agar semuanya berjalan lancar, sebaiknya anda pergunakan Mozilla Firefox untuk mengakses situs tersebut karena browser yang lain sering trouble menghadapi situs BSE Kemdiknas ini.

Catatan:
Alamat situs BSE Kemdiknas: http://bse.kemdiknas.go.id
 


Comments


Comments are closed.