5 bintang
Snapshot halaman depan NHK World
Screenshot halaman depan NHK World
はじめまして。
Hajimemashite.

Wah, keren ya tiba-tiba bisa ngomorng bahasa Jepang. Ya, 'hajimemashite' adalah salam dalam bahasa Jepang yang artinya 'senang berjumpa dengan anda'. Anda yang ingin belajar bahasa Jepang secara online, kini di situs NHK telah disediakan halaman khusus Belajar Bahasa Jepang. Baiklah, jika anda penasaran, baca review tentang situs ini selengkapnya di bawah ini.
Belajar Bahasa Jepang adalah salah satu rubrik yang ada di NHK World yang alamat situs induknya ada di http://www.nhk.or.jp. Anda tidak perlu bersusah payah mencari di mana letak halaman pelajaran bahasa Jepang tersebut, karena nanti di bagian paling akhir akan saya tuliskan link lengkapnya.
Anda tentu mengetahui bahwa NHK adalah nama salah satu perusahaan penyiaran di Jepang. Sedang domain or.jp menunjukkan bahwa situs tersebut adalah situs dari negara Jepang. Karena itu anda tak perlu ragu dengan kualitas situs ini. Maksud saya dalam hal yang berhubungan dengan pelajaran bahasa Jepang tentunya.
Pelajaran bahasa Jepang yang ada di situs ini sebenarnya adalah dokumentasi dari siaran radio NHK. Dimulai dari pelajaran 1 yang telah disiarkan pada tanggal 9 Mei 2011. Pada saat ini telah mencapai pelajaran ke 6 dari kurang lebih 50 pelajaran yang direncanakan. Jadi bisa dikatakan, jika anda mulai belajar pada minggu ini, anda belumlah terlalu terlambat.
Pelajaran disampaikan dengan sangat jelas oleh Mbak Lilis Ariwati dan Mas Rane Hafid. Beliau berdua sepertinya berasal dari Indonesia tapi saat ini sedang bekerja di NHK. Background cerita untuk pelajaran bahasa Jepang ini sangat bagus. Menceritakan tentang seorang profesional muda asal Vietnam bernama Kuon. Ia ditugaskan ke sebuah perusahaan elektronik di Jepang. Itu adalah kunjungan pertamanya. Sesampainya di Jepang tentu Kuon harus berbicara dalam bahasa Jepang. Kuon juga harus lebih mengenal tentang adat dan budaya Jepang.
Saya yang baru pertama kali ini belajar bahasa Jepang tak pernah mengira bahwa belajar belajar bahasa Jepang secara online itu bisa begitu menyenangkan. Apalagi di situs ini telah disediakan pula rekaman siaran pelajaran bahasa Jepang dalam format MP3 yang dapat kita unduh dengan gratis. Disediakan pula teks percakapannya lengkap dalam bahasa jepang dan indonesia dengan format PDF.
Bagi anda yang belum mengenal tulisan Jepang, di situs ini juga disediakan daftar suku kata bahasa Jepang yang terdiri dari 2 kelompok yaitu Hiragana dan Katakana. Semuanya lengkap dengan tombol bergambar speaker yang dapat anda klik jika anda ingin mendengarkan cara pelafalannya.
Sungguh, situs ini patut anda kunjungi, karena selain anda bisa belajar bahasa Jepang, dari situs ini anda dapat lebih mengenal budaya dan adat istiadat bangsa Jepang. Sayonara.

Catatan:
Alamat link Belajar Bahasa Jepang di NHK World:
http://www.nhk.or.jp/lesson/indonesian/learn/list/1.html

Comments are closed.