5 bintang
Screenshot halaman depan Kaskus
Screenshot halaman depan Kaskus
Kalau anda sudah lama hilir mudik di internet, anda pasti kenal dengan situs yang satu ini. Ya, Kaskus. Situs yang didirikan pada tanggal 6 November 2000 oleh beberapa mahasiswa Indonesia yang kuliah di Amerika Serikat ini memang pantas diacungi jempol.
Kaskus yang kepanjangannya adalah Kasak Kusuk ini sengaja dirikan pada saat itu sebagai ajang komunikasi antar mahasiswa Indonesia baik yang belajar di Amerika maupun yang ada di tempat lain di seluruh dunia. Sekarang Kaskus menjadi situs komunitas, tak hanya bagi para mahasiswa, tapi juga bagi mereka yang berasal dari berbagai kalangan. Untuk menjadi anggota komunitas Kaskus, yang penting adalah bersedia menghargai hak orang lain untuk berfikir dan berbicara. Karena prinsip itulah yang dijunjung tinggi oleh Kaskus.
Sebagai situs komunitas terbesar di Indonesia, Kaskus mempunyai banyak kategori forum. Hampir semua yang menjadi kegemaran setiap orang ada di sana. Boleh saya sebutkan antara lain forum politik, komputer, film, musik, olagraga dan otomotif. Tak hanya itu, bahkan humor dan supranatural pun juga ada.
Masih ada lagi satu forum di Kaskus yang sangat terkenal, yaitu Forum Jual Beli (FJB). Saking terkenalnya dan juga karena banyaknya anggota yang bertransaksi di FJB Kaskus, maka di forum ini juga disediakn jasa Rekening Bersama alias RekBer. Pihak penjual dan pembeli dapat membayar atau menerima uang melalui RekBer ini.
Bagi anda yang baru pertama kali datang ke Kaskus mungkin agak sedikit bingung dengan navigasinya. Ya, maklumlah, di Kaskus ada banyak forum. Satu lagi, mungkin anda belum terbiasa dengan istilah-istilah yang ada di Kaskus seperti lounge, thread, spoiler dan sebagainya. Tapi tenang saja, lama-lama anda juga akan paham apa artinya.
Hal lain yang bisa saya catat di sini, Kaskus sudah mengalami banyak perkembangan. Dulu kayaknya nggak ada iklan di Kaskus, tapi sekarang sudah mulai ada. Juga ada KasPay dan Kaskus E Card. Menurut saya itu hal yang bagus dan bisa membuat Kaskus lebih berkembang lagi di masa depan.

Catatan:
Alamat situs Kaskus: http://www.kaskus.us

Comments are closed.