3 bintang
Screenshot halaman depan UGM File Upload
Screenshot halaman depan UGM File Upload
Jika belum mengenal situs ini, ada baiknya jika anda menengoknya barang sebentar. Situs yang sangat sederhana ini telah mencapai angka 5 di Google Pagerank. Tak hanya itu, situ ini telah menampung file yang totalnya sekitar 394 Gb. Jumlah yang tidak sedikit.
Begitu masuk ke situs UGM File Upload, anda dapat langsung meng-upload file dari komputer anda dengan cara mem-browse-nya, lalu memberikan tanda centang (cek) di dalam kotak kecil di sebelah kiri tulisan: "Dengan meng-upload file ini maka anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku", kemudian klik tombol Upload di layar. Besar file yang boleh anda upload untuk setiap file-nya adalah 256 Mb. Syarat lainnya dapat saya kutipkan di bawah ini:
  1. Anda tidak diperbolehkan mengupload file yang melanggar copyright.
  2. Anda tidak diperbolehkan mengupload file-file ilegal.
  3. Anda bertanggung jawab dengan file yang anda upload.
  4. Pengelola web ini berhak untuk menghapus file-file yang di upload dengan alasan tertentu.
Salah satu hal yang saya sukai dari situs ini adalah tidak ada iklan. Jadinya kita bisa mengerjakan semuanya dengan cepat tanpa perlu menunggu loading iklan-iklan yang biasanya memakan waktu cukup lama.
Tapi ada juga beberapa kekurangan dari situs UGM File Upload ini. Antara lain, file yang kita upload tidak bisa di-link langsung dari situs atau blog kita. Maksud saya begini, misalnya saya meng-upload sebuah foto maka foto tersebut tidak dapat saya tampilkan di situs saya. Untuk mendownload file yang telah kita upload, mau tidak mau kita harus membuka sebuah link khusus. Link khusus ini adalah link yang diberikan oleh situs UGM File Upload pada saat kita meng-upload sebuah file. Catat baik-baik link tersebut sebab kalau hilang, anda tak akan dapat menemukan file anda lagi.
Kekurangan lainnya, file yang kita upload hanya bertahan selama 60 hari dihitung dari tanggal download terakhir. Jadi jika file kita tidak ada yang men-download, ya setelah 60 hari sudah pasti akan lenyap dihapus oleh sistem yang berjalan secara otomatis.

Catatan:
Alamat situs UGM File Upload: http://upload.ugm.ac.id

Comments are closed.