Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Dijerat Pemalsuan Pita Cukai
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 31 May 2011   06:32)

Penahanan Philip Jong terkait dugaan pemalsuan pita cukai. Selain kasus peng­gelapan cukai, atau tidak me­lekatkan pita cukai pada mi­numan mengandung etil alkohol (MMEA) yang diproduksi PT Pheparin Ria, penyidik menemukan kasus adanya pemalsuan pita cukai.


Itu disampaikan Kabid Penindakan dan Pencegahan Bea Cukai, Cerah Bangun.


 
Antisipasi Kecurangan Panitia Acak Soal SNMPTN
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 31 May 2011   06:30)

Untuk mengantisipasi ke­cu­ranngan pada pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Per­guruan Tinggi (SNMPTN) yang dimulai Selasa (31/5), panitia memberlakukan sistem acak pada soal ujian, sama halnya se­perti pelaksanaan Ujian Na­sio­nal (UN).


“Pada SNMPTN 2011 ini sedikit berbeda dari tahun se­belumnya dengan memberlakukan sistem acak pada nas­kah soal ujian. Jadi antara se-sa­­ma peserta yang berdekatan tidak sama soal ujiannya,” ujar Ketua Panitia Lokal SNMPTN Unimed Prof Selamat Triono Ahmad, Senin (30/5).


 
Tak Sabar Timang Cucu
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 31 May 2011   06:29)

Pasangan artis Nia Rama­dhani dan Ardi Bakrie telah satu tahun menjadi suami-istri. Namun, belum ada tanda-tanda hadirnya buah hati di antara mereka. Hal itu membuat keluarga Nia tak sabar menimang cucu dari pernikahan itu.


Hal itu pun yang menjadi ha­rapan bagi Ayah Nia, Pria Ramadhani di ulang tahunnya yang ke-58. Menurutnya, dari awal pernikahan putrinya ter-sebut dirinya sudah berharap bisa cepat menimang cucu.


 
Pengurus Anggap Keuangan PSMS Urusan Internal
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 31 May 2011   06:28)

Pengurus PSMS menganggap laporan pertanggungjawaban keuangan PSMS tidak perlu disampaikan ke publik. Lapor­an itu hanya untuk internal pe-ngurus. PSMS dalam mengikuti Liga Thipone Divisi Utama 2010/2011 menghabiskan Rp11, 3 Miliar yang terdiri dari APBD kota Medan dengan be­sar Rp 7 M, dan sisanya Rp 4,3 M merupakan pemasukan dari sponsor, pinjaman dari pihak ketiga, dan penjualan tiket. “LPJ tak diperlukan. Itu hanya untuk internal,” sebut Manager PSMS Idris kepada Jurnal Medan.


Lebih lanjut ia mengatakan, laporan pertanggungjawaban PSMS ini bukan untuk dipublikasikan, tetapi laporan antara internal pengurus saja. Untuk diketahui, gaji pemain saja se­lama 10 bulan telah menelan bia­ya Rp 6 M. Belum lagi biaya, konsumsi pemain, biaya pertandingan tandang yang be­sar­nya bervariasi berdasarkan jauh daerah yang didatangi, biaya partai kandang, biaya latihan dan vitamin pemain. “Semua biaya pengeluaran dan penerimaan PSMS selama satu musim masih dikerjakan oleh staf PSMS” te­rangnya.


 
Arah - Bercermin Diri
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 31 May 2011   06:28)

MENYIMAK siaran televisi dan merenungi realitas hidup be­lakangan hari, kadang membuat saya tersenyum pahit. Ter­nyata jarak fisik dengan seluruh elemen bangsa begitu dekat, namun jarak peradaban begitu jauh.


Hampir setiap saat, kita diha­dapkan aneka informasi yang mem­buat kita secara sadar meng­­hina akal (dan fikiran), ka­rena kita lebih suka dengan ‘akal-akalan.’ Padahal, Tuhan memberikan kita akal (dan fikiran) supaya berfikir cerdas, bersikap ikhlas, dan bertindak bijak. Khasnya, dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi dalam realitas hidup sehari-hari.


 
Kumbang Raksasa Pemakan Anak Kura-kura
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 31 May 2011   06:22)

Seekor kumbang raksasa ditemukan tengah menyantap seekor anak kura-kura. Peristiwa langka ini diabadikan Dr Shin-ya Ohba, pakar serangga di Jepang.


Melansir BBC, Senin (30/5), kumbang tersebut dikenal sebagai kumbang raksasa air Kirkaldyia Deyrolli. Saat itu Dr Ohba terkejut melihat serangga langka tersebut menyantap seekor anak kura-kura di bagian barat Hyogo, Jepang.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Nilai Skuad Barca-MU, Dua Kali APBD Sumut
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 May 2011   01:22)

Bicara soal kemewahan, tahukah Anda berapa ni­lai gabungan dua skuad yang berlaga, kemarin di Wembley Stadium? €670,5 juta alias sekitar Rp8,15 triliun! Angka itu sama dengan 2 kali jumlah APBD Sumut yang Rp4,1 triliun.


Dari nilai itu, lebih dari dua kali lipatnya ber­asal dari skuad Barcelona, yaitu €454 juta, sementara total banderol pasukan Man-ches­ter United ‘hanya’ €216,5 juta.


 
Besok, 31 Ribu Peserta Ikut SNMPTN 2011
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 May 2011   01:27)

Besok, Selasa (31/5) se­ren­tak digelar Seleksi Nasional Ma­suk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) se Indonesia. Untuk itu Ketua panitia lokal Uni­versitas Sumatera Utara (USU) Prof Zulkifli Nasution mengimbau agar para peserta meninjau lokasi ujian.


"Bagi calon peserta yang sudah memiliki kartu ujian di­harapkan untuk mencari atau meninjau lokasi tempat pelak­sa­naan ujian. Hal ini bertujuan agar pada saat waktu ujian ber­langsung, para peserta tidak lagi mencari-cari lokasi," ujar Zulkifli didampingi Ka HUmas Bisru Hafi di kampus USU, Padang Bulan Medan, Sabtu (28/5).


 
Poldasu Fokus 17 Kasus Korupsi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 May 2011   01:16)

Sepanjang tahun 2011, 17 kasus korupsi yang ada di Sumatera Utara ditangani Poldasu. Sembilan di antaranya telah memasuki tahap penyidikan dan dalam pengawasan ketat pihak Poldasu, sedangkan sisanya baru memasuki tahap pemberkasan.

Demikian disampaikan Di­rek­­torat Reserse Kriminal Khu­sus Poldasu, Kombes Pol Sa-dono Nugroho ketika dijum­pai di ruangan kerjanya akhir pekan lalu.


 
Modal Rp200 M, Tirtanadi Hanya untuk Medan dan DS
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 May 2011   01:21)

Penyertaan modal yang ter­tuang dalam Peraturan Dae­rah No 10 tahun 2009 tentang PDAM Sumut dipandang tak adil. Apalagi BUMD ini hanya me­layani sebagian kecil dari ke­butuhan air masyarakat Su-mut, dengan mayoritas pe­lang­gan warga kota Medan dan se­bagian masyarakat Deliser­dang.


Kondisi ini menunjukkan ketidak adilan bagi masyarakat Su­matera Utara. Karena dengan 12,9 juta penduduk. Padahal masyarakat Sumut juga turut memberikan kontribusi bagi Provinsi Sumut. Sementara yang dilayani PDAM Tirtanadi baru sekira 360 ribu pelanggan.


 
Anang Hadiahi Ashanty Mobil Mewah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 May 2011   01:20)

Hubungan Anang Her­man­­syah dengan teman duet sekaligus kekasihnya, Ashanty, semakin lengket. Dua hari setelah Ashanty menyatakan ingin mobil, Anang membelikannya mobil mewah.


"Senang dibelikan mobil. Ka­get juga soalnya kemarin itu cuma rencana-rencana saja, cuma lihat-lihat saja," tutur Ashanty yang diwawancara eksklusif oleh GoSpot.


 
Pria dengan Kaki Terbesar Sedunia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 May 2011   01:16)

Seorang pria asal Kepulauan Solomon, Australia bulan ini dinyatakan sebagai pria dengan ukuran kaki terbesar sedunia oleh Guinness World Record.


Melansir Scanpix.com, Minggu (29/5), Peter Iroga yang memang bertubuh kekar dengan tinggi badan mencapai 2,23 meter ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan sepatu yang pas buatnya. Kaki kanannya berukuran 36,5 sentimeter (14,4 inchi) sedangkan kaki kirinya berukuran 37,5 sentimeter (14,8 inchi).


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Philip Jong Bakal Menyusul Bebas?
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 28 May 2011   06:17)

Dalam perkara peng­gelapan pita cukai yang melibatkan Direktur PT Phe­parin Ria, Philip Jong jaksa ha­nya menuntut terdakwa Phi­lip Jong membayar ganti rugi sebesar Rp1,2 miliar subsider enam bulan kurungan. Ren­cananya, Senin mendatang ha­kim akan mengetuk palu vonis untuk Philip Jong. “Hasilnya tentu saja Philip Jong kemungkinan besar akan bebas dan hanya didenda ganti rugi Rp1,2 M,” ujar sumber Jurnal Medan di PN Medan.


Kasus itu pun langsung mendapat perhatian petinggi kejaksaan. Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajati Sumut) AK Basuni Masyarif segera memeriksa dua jaksa penuntut umum (JPU) terkait perkara penggelapan pita cukai yang melibatkan Direktur PT Pheparin Ria, Philip Jong.


 
Ucapan Rasis Bambang Soesatyo Terus Tuai Kecaman
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 28 May 2011   08:05)

Pernyataan anggota DPR RI Bambang Soesatyo pada Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengesankan sebagai suatu sikap yang tidak pantas dan kurang etika dalam bertutur kata, sehingga dapat me­ru­gikan diri sendiri.


“Sebagai angota DPR RI dia harus hati-hati dalam ber­bi­cara. Jelas kali pernyataannya itu memunculkan rasis. Dikha­watirkan bisa memperkeruh kondisi politik yang saat ini se­dang ‘panas’ dengan berbagai konflik,” ujar sosiolog dari Uni­versitas Sumatera Utara Prof Badaruddin kepada Jurnal Me­dan, Jumat (27/5).


 
SBY di Simalungun, Kucurkan Rp1,8 T untuk Kawasan Industri
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 28 May 2011   06:04)

Sumut dapat kucuran dana Rp1,8 triliun yang bersumber dari APBN untuk pembangunan kawasan industri Kelapa Sawit di Sei Mangke, Simalungun. Itu disampaikan Presiden SBY dalam rangka peluncuran Master Plan Percepatan dan Per­luasan Pembangunan Eko­nomi Indonesia (MP3EI) 2010-2025, kemarin di Sei Mangke. Presiden menyampaikan itu kepada Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho ST melalui teleconference dengan sejumlah gubernur provinsi Papua, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Banten.


 
Satu Keluarga Berjari ‘Kepiting’
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 28 May 2011   08:48)

Satu keluarga mengalami kelainan pada jari tangan dan kakinya. Mulai dari yang tertua hingga usia balita dalam keluarga itu memiliki jari-jari mirip kepiting dengan tiga ruas jari yang hanya terbelah dua.


Melansir Harian Digital baru-baru ini, keluarga tersebut ditemukan di sebuah Kabupaten di Sinjai, Sulawesi Selatan ini. Salah seorang angota keluarga ini bernama Hasnia (34) menuturkan, di dalam keluarganya ada 15 orang yang memiliki jari ‘kepiting’. Mereka menganggap hal itu sebagai takdir Tuhan, tanpa pernah malu dengan warga lainnya.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Soal Bom, Satpol PP Jangan Buat Sensasi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 May 2011   06:55)

Satpol PP Pem­ko Medan di­nilai sengaja me­ngumbar sensasi da­lam pe-nanga­nan ben­da tas yang dicurigai bom, ke-marin. Seha­rusnya pengaman kantor wali-kota lebih jeli menangani hal-hal yang mencurigakan.


“Kita melihat sepertinya Satpol PP sengaja cari sensasi, saya katakan ini tidak perlu jangan terlalu berlebihanlah. Dalam menghapi sesuatu ter­kesan dikejar-kejar bayangan. Masa gara-gara tas begitu langsung dihebohkan, terakhir inilah yang membuat situasi tidak kondusif. Bisa waspada tapi jangan berlebihan sekali,” kata ang­gota DPRD Medan Paulus Si­nulingga di gedung dewan Kamis, (26/5).


 
Pengurus Bohong, Pemain PSMS Geram
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 May 2011   06:50)

Para punggawa Ayam Kinantan secara terbuka menunjukkan sikap geram kepada pengurus. Mereka menyesalkan sikap pengurus yang telah memberi informasi bohong kepada warga Medan.

Kebohongan itu terkait ha­sil pe­­me­rik­saan pe­ngurus terhadap pe­main yang telah me­nerima suap saat bertanding me­lawan Persiba Bantul, beberapa waktu lalu.


 
Pedagang Minta Pemko Langsung Kelola Pasar Petisah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 May 2011   06:49)

Ratusan pedagang Pasar Petisah Medan menolak keras pengutipan uang jaga malam dari pihak ketiga berkedok pemasangan kamera CCTV di Lantai I Tahap II Pasar Petisah Medan. Pedagang juga minta Pemko Medan mengambilalih pengelolaan Pasar Petisah agar pedagang tenang dan nyaman berjualan.


"Kami menantang rencana pengutipan uang jaga malam Rp2000 per kios kerjasama antara pengelola PT. Gunung Karya Kencana Sentosa (GKKS) dengan pihak ketiga DN. Pengutipan ini pemerasan dan memberatkan pedagang karena setiap bulannya telah membayar uang perawatan kepada PT. GKKS sebesar Rp 420.000," tegas beberapa pedagang pada Jurnal Medan di Pasar Petisah, Kamis (26/5).


 
Warga Medan Timur Keluhkan Pemadaman Listrik
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 May 2011   06:48)

Warga Ke­camatan Medan Ti­mur menge­luhkan pe­ma­daman listrik yang sering terjadi. Ridho, warga di Jalan Pelita VI Kelurahan Glu­gur Darat I mengatakan dalam seminggu terakhir sudah tiga kali listrik padam. "Ya sangat mengganggu matinya listrik, khususnya hal yang membutuhkan listrik seperti barang elektronik, handphone ni lobet susah jadinya komunikasi" ujarnya.


Hal senada, Walet (50) war­ga Jalan Bilal Kelurahan Pulo Brayan Darat I Kecamatan Me­dan Timur ia mengaku heran dan mempertanyakan kepada instansi terkait mengenai seringnya listrik padam di ka­wasannya. H. Sidiq, pengusaha air isi ulang juga mengeluhkan hal serupa. Ia mengatakan setiap 3 hari sekali listrik padam di kawasannya.


 
Tukul Panik Syahrini Pingsan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 May 2011   05:47)

Secara mengejut­kan Syahrini jatuh ping­san di acara 'Bukan Em­pat Mata' yang di pandu presenter Tukul Arwana. Tu­kul mengaku panik dan kaget melihat bintang tamunya jatuh ping­san.


Hal itu disampaikan Tu­kul setelah menjengguk pelantun hits 'Kau Yang Memilih Aku' tersebut di Rumah Sakit Me­distra, Jakarta Selatan, Ka­mis (26/5). "Kaget dan pa-nik karena belum ada bintang tamu kayak se-perti itu," tuturnya.


 
Pernyataan Bambang Soesatyo Bukti Nasionalisme Luntur - PSMTI Surati BK DPR RI
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 May 2011   06:37)

Pernyataan anggota DPR RI, Bambang Soesatyo pada Men­teri Perdagangan Mari Elka Pangestu menunjukkan se­ma­kin lunturnya nilai-nilai na­sioanalisme bangsa. Selan itu, tin­dakan politisi Golkar ini di­nilai tidak mencerminkan prinsip BhinnekaTunggal Ika.


“Apa yang diucapkan dari mu­­lut, ti­dak akan bisa me­ngembalikan kata-kata yang su­dah terlanjur disampaikan. Kalaupun dia mau minta maaf, itu hanya untuk menetralisir saja,” kata Anggota DPRD Su­mut, Brilian Moktar yang dimintai tanggapannya terkait pernyataan ang­gota DPR RI, Bambang Soe­satyo, kemarin.


 
Berkemah Paling Ekstrem di Kanada
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 May 2011   06:16)

Menurut orang awam cara berkemah yang dilakukan para pecinta alam ini sangat ekstrem. Bukan ketinggian di pegunungan itu yang membuat mereka dinilai tangguh, akan tetapi cara mereka berkemah.


Melansir Daily Mail, Kamis (26/5), sejumlah orang yang mengaku dirinya penjelajah daredevil mendaki bukit bebatuan dan berkemah di ketinggian 12.120 meter bulan lalu. Cara mereka berkemah sangat mencengangkan.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
PSMTI Medan Desak Bambang Soesatyo Minta Maaf
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 May 2011   06:08)

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Medan mengecam ko­mentar rasis yang dilontar­kan an­g­gota DPR RI Bam­bang Soesatyo beberapa waktu lalu. Kecaman itu disampai-kan Ketua PSMTI Kota Medan Halim Loe saat menggelar jum­pa pers di sekretariat PSMTI Jl.Mustafa Me­dan, Se­lasa sore (24/5).


 
Pengurus Sengaja Rancang Kabar Suap Pemain PSMS
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 May 2011   06:07)

Andi Setiawan, kiper PSMS mengaku kecewa dengan pengurus yang sengaja menyebarkan isu suap pemain. Ia menegaskan para pemain telah ber­juang dengan mak­­simal, namun ma­lah diterpa oleh isu suap. "Saya benar-benar ke­ce­wa dengan pengurus yang tak bijak dalam meluruskan kasus du­gaan suap ini, " terang Andi, kemarin kepada Jurnal Medan. Apalagi ternyata di­ak­hirnya, pengurus PSMS meng­ambil keputusan soal suap hanya isapan jempol saja.


 
Lima Polisi Diberondong, Dua Tewas
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 May 2011   06:06)

Dua Petugas ke­po­lisian yang tengah berja­ga di BCA Palu, Su­lawesi Tengah, te­was di­tembak pria tak dikenal. Peristiwa ini terjadi secara mendadak. Tiba-tiba saja, 4 pria tidak dikenal da­tang dan membe­ron­dong tembakan. Pe­ristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.15 WITA, di JL Emy Sae­lan, Palu, Rabu (25/5). Pe­tugas yang tewas bernama Bripda Irbar dan Brip­da Yus­tidar. 2 Petugas kepolisian itu mengalami luka tembak di kepala dan dada.


Sedang seorang pe­tugas Bripda Dedy An­war mengalami lu­ka tembak di kaki. Pe­tu­gas kepolisian su­dah menyisir lo­ka­si. Lokasi sekitar juga su-dah dipasang police line.


 
Aksi Ciuman Rihanna dan Britney Spears Dikecam
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 May 2011   06:02)

Saat tampil di atas panggung Billboard Music Awards belum lama ini, Rihanna dan Britney Spears berciuman bak sepasang lesbian. Aksi mereka pun langsung mendapat kecaman dari beberapa pihak.


Seperti dilansir Aceshowbiz, Rabu (25/5), salah satu pihak yang mengecam adalah Parents Television Council (PTC), sebuah organisasi non-profit yang bertujuan untuk mengedukasi orangtua mengenai konten di televisi.


 
Kondisi Unik di Perbatasan AS-Meksiko
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 May 2011   06:58)

Sebuah kondisi unik terlihat di perbatasan antara Amerika Serikat (AS) dengan Meksiko tepatnya di pertemuan Kota San Diego, California di wilayah AS dengan Tijuana di wilayah Meksiko.


Unique Daily, Rabu (25/5) menulis San Diego dan Tijuana membentuk satu wilayah metropolitan besar, yang kemudian menjadi wilayah metropolitan terbesar ke-21 di AS. Keduanya dipisahkan dengan tembok sepanjang 3.169 km, menurut angka yang diberikan oleh Batas Komisi Internasional dan Air.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Sapi di Inggris Dihibur Komedian
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 May 2011   06:43)

Ternyata bukan hanya manusia saja yang butuh hiburan komedi. Di Inggris, sapi-sapi di sana mendapat hiburan pertunjukan komedi yang dipandu para komedian.


Melansir Metro, Selasa (24/5) hiburan komedi ini rutin digelar di Peternakan Hertfordshire di Inggris. Acara yang dinamakan Mock the Week ini dilengkapi dengan panggung di sebuah lapangan dan sudah tentu yang menjadi penontonnya adalah para sapi.


 
Vicky Shu: Foto Hot Beredar, Itu Resiko!
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 May 2011   06:43)

BAGAIMANA res­pons pe­nyanyi cantik Vicky Shu tentang ma­rak­nya foto-foto syur se­lebriti yang ter­sebar? Vicky mengaku di­rinya tidak ta­kut foto­nya ter­se­bar. Apa­lagi ka­rena dia me­mang tidak pernah foto aneh-aneh.


“Kebetulan aku bu­kan tipe orang yang suka difoto, apalagi foto sen­diri. Kalau aku pribadi gak khawatir karena gak pernah foto yang aneh-aneh. Kedua, itu kita kembali ke diri kita. Kalau kita nggak pernah foto yang aneh-aneh, ya gak perlu takut. Kan ada orang yang takut menjaga file-filenya biar gak bocor, kalau aku sih jaga attitude aja sih," kata Vicky Shu ditemui di studio 4 RCTI, Senin (23/05).


 
Pelaku Usaha Kecil Sulit Dapatkan Kredit
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 May 2011   06:46)

Pelaku Usaha Mikro Ke­cil Menengah (UMKM) menganggap program Kredit Usaha Rakyat (KUR) masih sebatas wacana ketimbang pelaksanaannya. Banyak di­te­mukan ketentuan biaya agunan lebih besar dari jumlah kredit diajukan. Prose­dur­nya pun berbelit-belit. Ke­tua Forum Pemberdayaan UKM, sekaligus Ketua Kelom­pok Usaha Pengrajin Sepatu Kulit Kota Medan, Azri mengaku kecewa dengan kinerja pemerintah. Baginya, program KUR masih belum me­nyentuh pelaku usaha kecil.


Dikatakannya, rata-rata pe­ngusaha sepatu kulit yang di­ba­wahinya sulit untuk memperoleh KUR, alasannya harus memakai agunan. Namun yang terjadi saat ini, biaya agunan lebih besar dari jumlah kredit dimohonkan.


 
Maling Merajalela di Pasar Petisah
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 May 2011   06:48)

Ratusan pedagang Pasar Petisah Tahap II Lantai I resah dengan maraknya aksi pencurian. Dari delapan kali aksi pen­curian pembongkaran kios itu pedagang mengalami kerugian ratusan juta. Bebe­rapa pedagang pada Harian Jurnal di Pasar Petisah Me­dan, Selasa (24/5) menyebut­kan, sejak bulan April 2011 telah terjadi delapan kali aksi pencurian dan tiga orang secara resmi melaporkannya ke Polsek Medan Baru. Se­dangkan lima pedagang lagi, merasa enggan dan hanya me­la­porkannya ke PT. Gu­nung Karya Kencana Sentosa (PT.GKKS) selaku pengelola tempat perbelanjaan tersebut.


 
Kabar Pencopotan Bikin SKPD Pemko Ketakutan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 May 2011   06:50)

Dalam seminggu terakhir, dua pejabat teras Pemko Medan, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Purnama Dewi dan Sulaiman Asisten Umum dicopot dari jabatannya.

Belum diketahui secara pas­ti apa sebab dan musabab pen­copotan. Hanya beredar kabar pencopatan ini dikait-kaitkan dengan masalah kinerja masing-masing pejabat tersebut. Sumber Jurnal Medan di Balaikota menyampaikan ba­kal ada pejabat yang menyusul dicopot dari jabatannya. “Para pejabat itu mulai ketakutan, karena kinerjanya memang ku­rang baik,” sebut sumber tadi.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Demokrat Copot Nazaruddin
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 24 May 2011   06:48)

Dewan Kehormatan (DK) Partai Demokrat akhirnya mencopot M Nazaruddin dari posisi Bendahara Umum. Sejauh ini, posisinya sebagai anggota DPR RI tidak diganggu-gugat.
DK memandang opini yang berkembang terkait sepak terjang Nazaruddin telah menyudutkan Partai Demokrat.


"Memberhentikan atau mem­­­­­­­­­­­­­­­bebastugaskan Na­za­rud­din se­bagai Bendahara Umum," kata Sekretaris Dewan Kehor­ma­tan PD Amir Syamsudin dalam jum­pa pers di Gedung PD, Jl Kramat Raya, Jakarta, ta­di malam sekitar pukul 21.15 WIB.


 
Niatnya untuk Tertibkan Wajah Kota
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 24 May 2011   06:37)

Bulan Juli 2011 rencananya Perda Tata Ruang Wilayah Kota sudah mulai diterapkan. Artinya dari sisi bentuk, fisik Kota Medan semua bakal lebih tertib dan teratur. Terutama soal pemetaan peruntukan wilayah-wilayah.

“Begitu Perda ini disahkan pada Paripurna tanggal 30 Mei, mungkin pada Juli 2011 sudah bisa diaplikasikan di lapangan dengan konsekuensinya. Mau tidak mau dengan diterapkannya ini konsekuensinya berlaku tegas misalnya apabila ada bangunan yang tidak sesuai dengan Perda, mau tidak mau harus dihancurkan, apalagi bangunannya hanya satu atau dua unit saja. Ini terpaksa dilakukan,” ka­ta Sekretaris Tim Pansus RTRW Kota Medan, Aripay Tambunan di gedung dewan, Senin, (23/5).


 
Hari Ini, Gubsu Buka Seminar “Ini Medan Demokrasi Bung”
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 24 May 2011   06:31)

Hari ini, Gubsu Gatot Pudjo Nugroho ST akan membuka ge­la­ran Pameran dan Rangkaian Se­minar Demokrasi Sumatera Utara yang mengambil tema “Ini Medan Demokrasi Bung” di Gelanggang Maha­siswa USU,” Itu disampaikan M Jai­lani MA se­laku organizing com­mittee dari Yayasan KKSP, kepada Jurnal Medan, ke­ma­rin.


Kegiatan yang diselenggarakan bersama oleh Frie­drich Ebert Stiftung (FES) In­do­nesia, Yayasan KKSP, Fakultas Ilmu So­sial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara dan Tempo Institute ini akan berlangsung dari tanggal 24 – 27 Mei 2011 mendatang.


 
Berlian Nasabah Pegadaian Raib
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 24 May 2011   06:31)

Motto Perum Pegadaian ada­lah ‘Mengatasi Masalah Tan­­pa Masalah’. Tapi tidak begitu dengan Suherdi Pinem. Soalnya sebagai nasabah di Pe­rum Pe­ga­dai­an Unit Raya, Ka­bupaten Si­ma­lungun dirinya jus­tru kesandung masalah sangat berat. Ba­gaimana tidak, ber­lian miliknya senilai kurang lebih Rp331.500.000 yang akan ditebus sebelum jatuh tempo dari kantor pegadaian itu, justru raib alias lenyap.


Tentu saja Suherdi Pinem tak terima. Melalui penasihat hukumnya Maria Purba SH.MH menempuh jalur hukum. Se­lain menggugat secara perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Si­ma­lu­ngun, kasus raibnya ber­lian se­nilai ratusan juta itu dilaporkan ke Polres Sima­lungun.


 
Menghilangkan ‘Penyakit Belanda’
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 24 May 2011   06:30)

SALAH satu gagasan penting Prof. Dr. Ahmad Fauzy, Guru Besar Ekonomi Sumberdaya Alam – Institut Pertanian Bogor yang perlu dipertimbangkan pemerintah kini, adalah menghilangkan Dutch Diseas. Pernyakit peninggalan penjajah Belanda. Yaitu: miskin persisten di negara kaya sumberdaya alam. Persis seperti yang kita alami kini.


Penjajahan panjang mereka, tak hanya meninggalkan jeratan utang luar negeri (lantaran utang pemerintah Hindia Belanda diakui sebagai utang Pemerintah Republik Indonesia) belaka. Bahkan menjerat kita selalu menjadi ‘anak jajahan’ dengan minda mereka dalam mengelola sumberdaya alam.


 
Tipeku Tinggi dan Putih, yang Pendek Maaf Deh
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 24 May 2011   06:22)

Hingga kini Syahrini be­lum punya pendamping. Mes­ki dulu digembar-gemborkan te­lah menjalin asmara dengan Anang, namun faktanya pe­nyanyi kelahiran Bogor itu masih jomblo.


Saat jumpa pers Syah­rini's Community di Co­me­dy Cafe, Sky Dinning, Pla­za Se­manggi, Senin (23/5), Syah­ri­ni mengungkapkan tipe pria yang diidamkannya. Seperti apa?


 
Rajan, Gajah yang Bisa Berenang
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 24 May 2011   06:16)

Inilah yang diklaim sebagai satu-satunya gajah yang bisa berenang. Kemampuan unik hewan besar bernama Rajan ini sekarang menjadi atraksi wisatawan yang menarik di Havelock Island, Kepulauan Andaman.


Melansir Daily Mail, Senin (23/5), gajah yang berusia 61 tahun ini dipelihara seorang pemandu yang disebut mahout bernama Nazrool (59). “Ketika dia sedang berenang banyak fotografer mengabadikannya. Sepertinya, dia tahu kalau sedang diperhatikan,” ujar Jody MacDonald fotografer yang mengamati kehidupan Rajan selama sepekan.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Godok Ranperda, DPRD Habiskan Rp3 Miliar - Segerakan Perda Tata Ruang Kota Medan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 May 2011   06:40)

Wakil ketua DPRD Medan Ikrimah Hamidi, mengatakan ranperda paling penting untuk diselesaikan segera adalah Ranperda RTRW. Pasalnya menurut dia, Ranperda RTRW ini menyangkut bentuk Kota Medan Metropolitan.


“Ranperda RTRW ini merupakan landasan untuk menentukan bentuk fisik Kota Medan sebagai dukungan untuk Medan sebagai Kota Metropolitan. Jadi gam­baran sebagai Kota Metro­po­litan itu bisa kita lihat,” ka­tanya.


 
Kisruh dan Molor, Gubsu Ambil Alih Seleksi KIP
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 May 2011   06:03)

Plt Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho, akan mengambil alih proses seleksi Komisi Informasi Publik (KIP) Sumut yang hingga kini terbeng­kalai. Padahal sesuai Jad­­wal, di awal tahun 2011, seyogianya, KIP di Su­mut sudah terbentuk.


"Sudah ada informasi yang masuk ke sa­ya. Secepatnya akan di­ambil-alih," kata Gatot di Kampus UMSU Medan, Sabtu (21/5), kemarin.


 
Disdik Sumut Anggarkan Rp 1 M untuk Lomba Seni
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 May 2011   06:46)

Dinas Pendi­dikan Suma­tera Utara mengalokasikan ang­­­­gar­an Rp 1.036.935.300 untuk program lomba seni siswa Sekolah Dasar (SD) tingkat pro­­vinsi. Per­lombaan ini, akan mencari tujuh orang pemenang masing-masing untuk juara I, II dan III. Be­lanja ini tertuang dalam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Di­nas Pendidikan tahun anggar­an 2011. Dari jumlah tersebut, Rp 225.900.000 merupakan belanja pegawai.


Selain itu, dalam program tersebut disebutkan pemberian uang saku bagi para 462 peserta lomba untuk tiga hari dengan besaran Rp 100 ribu per hari. Selanjutnya, alo-kasi ang­garan untuk uang saku pendam-ping sebanyak 33 orang dengan Rp 150 ribu per hari.


 
Pakai Atribut Polisi - Nadila Ernesta Berpose Nakal
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 May 2011   06:44)

BARU-baru ini beredar foto-foto nakal artis Nadila Ernesta di forum internet. Di salah satu fotonya, Nadila berpose nakal dengan mengenakan atribut kepolisian.


Bintang film horor 'Hantu Rumah Ampera' itu terlihat ber­pose cukup seksi. Nadila terlihat mengenakan bikini ber­warna hitam dan topi polisi.


 
50 Tahun Kepala Mereka Tetap Menyatu
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 May 2011   06:17)

Terlahir dengan kondisi kepala menyatu tidak membuat Lori dan Reba Schappell patah semangat. Kedua perempuan ini kerap tampil di beberapa serial TV. Bahkan Reba kini menjadi penyanyi country. Single pertamanya berjudul ''The Fear of Being Alone''.


Sebagaimana diberitakan ABC News baru-baru ini, keduanya lahir pada 18 September 1961 di Reading, Pennsylvania, Amerika dengan kondisi bagian belakang kepalanya menyatu menghadap berlawanan. Hal itu membuat mereka tidak pernah bisa saling berpandangan kecuali di depan cermin.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Pajak Daerah Jangan Memberatkan!
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 May 2011   05:28)

Pemko Medan memang sudah bisa menarik pajak sesuai amanah Perda sejak disahkan Kamis (24/3) lalu. Namun warga tetap berharap agar penarikan pajak itu jangan memberatkan tapi harus seimbang dengan pendapatan.

Pengamat sosial asal USU War­jio, Jumat (20/5) menga­takan Pemko Medan dan DRPD Medan harus mengkaji lebih men­dalam saat menjalankan Per­da ini. Artinya, kata dia, jangan sampai memberatkan war­ga.


 
Diduga Keracunan - 20 Mahasiswi Akbid Sari Mutiara Terkapar
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 May 2011   05:29)

Diduga keracunan, sebanyak 20 orang mahasiswi Akademi Keperawatan dan Kebidanan (D3) RS Sari Mutiara harus dira­wat di RS Sakit Mutiara Medan. Beberapa orang diantaranya sem­pat muntah, pingsan dan tak sadarkan diri, Jumat (20/5) malam.


Emerencia Manalu, salah satu korban mengatakan sekitar pukul 18.30 Wib, dirinya mengalami pusing setelah menyantap makan malam dengan menu, nasi, ikan tongkol dan sayur kol bersama temannya di asrama yang tak jauh dari RS Sari Mutiara.


 
Isu Suap Mengarah ke Vagner dan Andi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 May 2011   05:21)

Isu suap di skuad PSMS sa­at menghadapi Persiba Bantul di­telusuri manajemen. Di-curigai ada dua pe­main yang me­ne­rima suap, masing-masing se­besar Rp50 juta.


Berdasarkan informasi yang ber­kembang di Mess Kebun Bu­nga dan beberapa lokasi di Medan, pemain yang dicurigai itu mengarah kepada sosok Vag-ner Luis dan Andi Setiawan.


 
Amankan Jabatan, SKPD Rebutan Dekati PKS
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 May 2011   05:20)

Upaya untuk mengaman­kan kepentingan dan posisi ja­batan di jajaran Pemprovsu te­rasa kencang dalam seminggu terakhir. Para petinggi di Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) ada yang terang-terangan mendatangi Partai Keadilan Sejah­tera (PKS), yang dianggap sebagai pintu masuk ke Plt Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho. Hal itu diakui Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut, Hidayatullah, Ju­mat (20/5) di Gedung DPRDSU. “Yang datang ke kita banyak. Yang pasti banyak lah," katanya. Saat disinggung, siapa saja para petinggi SKPD itu, Hidayatullah mengaku tidak etis menyebutkannya. “Banyak. Yang pasti ba­nyak,” ulang Hidayatullah.


 
Perpustakaan untuk Numpang Buka Facebook
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 May 2011   05:18)

Beragam inovasi dilaku­kan agar minat baca masya­ra­kat un­tuk datang ke perpusta­kaan, mu­lai dari desain tempat agar pe­ngunjung merasa nyaman, lalu kelengkapan buku hingga fa­silitas berupa layanan internet gratis.


Perpustakaan kinipun tak ha­nya melulu sebagai tempat be­­lajar, dan dikusi saja, juga wi­­sata karena sudah ada arena ber­­main anak-anak.


 
Dibanding Anang, Ashanty Pilih Album
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 May 2011   05:16)

Apa yang membuat Anang dan Ashanty bersatu tampaknya juga menjadi penghalang bagi keduanya. Ashan­­ty mengaku lebih memilih memperjuangkan album daripada cepat-ce-pat menikah dengan Anang.


"Kita kan sekarang lagi promosi, masuk chart, kita lagi benar-benar memperjuangkan album kita, sayang banget kalau tiba-tiba kita menikah," ungkap Ashanty saat ditemui usai penunjukan dirinya sebagai duta bola voli di kantor Pe­ngu­rus Pusat PBVSI di Jakarta Sela­tan, Jumat (20/8).


 
Pria Tanpa Kaki, Andal Main Akrobat
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 May 2011   04:59)

Impian seorang pria yang kehilangan kedua kakinya untuk menjadi pemain akrobat akhirnya terwujud. Bertahun-tahun belajar menyeimbangkan tubuh secara otodidak menjadikannya pemain akrobat jalanan yang handal.


Lv Li (30) yang berasal dari Shidao, Provinsi Henan, China sejak kecil bekerja sebagai penyemir sepatu. Sebagaimana diberitakan Oddity Central, Jumat (20/5), Lv Li bercita-cita ingin menjadi pemain akrobat.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Kepentingan Rakyat itu Nomor Sekian
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 20 May 2011   06:38)

Pemekaran wilayah itu pa­da prinsipnya meliputi aspek eko­nomi dan aspek politik. Un­tuk usulan pemekaran yang baru saja diputuskan DPRD Su­mut lebih kental nuansa politik yang meliputi kepentingan elit dan kekuasaan. Semestinya yang harus diperhatikan adalah perkembangan ekonomi dan per­baikan infrastruktur. “Yang paling diuntungkan dalam pe-mekaran adalah aparatur sipil, ke­polisian dan militer, rakyat tak dapat apa-apa. Ini lebih cenderung pada bagi-bagi proyek. Betul-betul upaya menghancur­kan bangsa secara kolektif," se­but Pengamat sosial dan politik USU, Ahmad Taufan Damanik, kepada Jurnal Medan, beberapa waktu lalu menyikapi pemekar­an tiga calon provinsi di Sumut.


 
Lima Tahanan Polsek Medan Sunggal Kabur
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 20 May 2011   06:35)

Petugas Kepolisian Pol­sek­ta Medan Sunggal keco­long­an atas aksi lima tahanan yang ber­hasil melarikan diri dari sel ta­hanan, Kamis (19/5) sekira pu-kul 04.00 dini hari, kemarin. Ke­lima tahanan yang kabur dari sel tahanan melalui jerjak besi sel itu juga membobol asbes dan atap seng. Personil Polsekta Me­dan Sunggal yang tugas piket sama sekali tidak mengetahui aksi kawanan tersebut.


Sesuai dengan hasil CCTV yang terekam ketika tahanan ka­bur melarikan diri. Nama ta­ha­nan yang berhasil kabur me­larikan diri sel tahanan Polsekta Medan Sunggal antara lain: Fe­riansyah, Ismail, Joko Susilo, Anggi manurung dan Maret arifin.


 
35 Jam Berdiri di Atas Menara
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 20 May 2011   06:24)

Seorang ilusionis asal Israel mencoba memecahkan rekor dunia dengan berdiri di atas puncak menara setinggi 27 meter selama 35 jam lebih.


Sang ilusionis, Hezi Dean mulai melakukan aksinya itu di Rabin square di Tel Aviv, Israel kemarin pagi, Kamis (19/5). Sebagaimana diberitakan Daily Mail, upayanya ini dimaksudkan untuk me-ngalahkan rekor sebelumnya yang dipegang ilusionis asal Amerika, David Blaine. David Blaine berhasil bertahan selama 35 jam di atas menara pada 2002 di Bryant Park, New York City.