Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Uang Negara Mampir ke Rekening Istri, Anak dan Teman
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 April 2011   08:38)

Pusat Pelaporan dan Ana­lisis Keuangan (PPATK) mene­mu­kan transaksi keuangan men­­cu­rigakan pada rekening 11 pri­badi kepala daerah di Su­matera Utara. Bahkan uang dari kas daerah itu ditransfer ke re­ke­ning anak dan istri. "Di Sumut termasuk tinggi kasus transaksi mencurigakan. Uang pemda di­tem­patkan di bank pribadi, bank anak, istri juga teman. Ka­rena sering kali pejabat daerah tidak bagus dalam mengelola ke­uangan," kata Kepala PPATK, Yunus Husein Kemarin.


Disebutkannya, 11 laporan yang sudah disampaikan ke pe­nyidik termasuk tinggi di In­do­nesia. Namun kasus itu juga terjadi di daerah lain di Indonesia.


 
Kate Middleton - Berbinar Bahagia Usai Dinikahi Pangeran William
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 April 2011   08:35)

Pangeran William ak­hir­nya resmi menikahi Kate Mid­dle­ton di Gereja West­min­s­­ter Ab­bey, Jumat (29/4). Raut mu­ka bahagia terlukis di wajah Kate usai prosesi ter­sebut dilakukan.


Saat berjalan menuju al­tar, Kate didampingi sang ayah Michael Middleton. Ia ter­lihat anggun mengenakan ga­un putih dengan train atau buntut yang cukup panjang. Wajahnya juga ditutupi oleh veil.


 
Jelang Mayday 1 Mei 2011 - Outsourching Itu Kejam dan tak Adil
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 April 2011   08:29)

Dinginnya udara pagi ma­sih menyelimuti Jalan Medan Be­lawan, Jumat (29/4). Lilis (24) ber­sama ratusan buruh Ka­wa­san Industri Medan Jalan Yos Su­darso bergegas mempersiapkan diri. "Aku mau berangkat ke pabrik dulu, hari ini aku usahakan pulang cepat, tidak ambil lembur, agar bisa cepat malam ini ke Kafe,” ujar Lilis kepada seorang temannya. Lilis adalah seorang buruh pabrik yang mem­­produksi kondom dan sa­rung tangan yang berlokasi di KIM Mabar, Medan Deli.


Saat disapa Jurnal Medan, Gadis asal Kecamatan Selesai Ka­­bupaten Langkat itu mengaku pe­­rusahaan berbahan baku la­teks tempatnya bekerja tak menyediakan bus karyawan seperti perusahaan lainnya, se­hingga para karyawan be­rang­kat sendiri-sendiri ke pabrik. "Un­tuk ongkos angkot kerja pu­lang pergi aku harus menyi­sih­kan Rp 200 ribu sebulan dari gaji yang diperoleh,” katanya.


 
Berharap FIFA datang ke Indonesia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 April 2011   08:45)

Kondisi sepakbola Indo­nesia menjelang pemilihan ke­tua umum PSSI dinilai masih belum baik. FIFA diharapkan da­tang ke Indonesia untuk bisa mengerti dan memahami si­tuasi­nya agar bisa memberikan keputusan tepat.


Sejauh ini Komite Nor­malisasi yang dibentuk FIFA telah melaksanakan tugasnya. Mereka sudah mengumumkan nama-nama calon ketua umum, wakil ketua umum dan Komite Eksekutif PSSI yang bakal ber-tarung di kongres pemilihan Mei mendatang.


 
Patung William-Kate Sekecil Lubang Jarum
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 April 2011   08:29)

Seorang seniman asal Birmingham, Inggris menghasilkan satu karya unik maha mini. Karyanya ini ia persembahkan untuk merayakan pernikahan kerajaan William dan Kate. Seniman ini telah mengukir sepasang patung berwujudkan Pangeran William dan Catherine Middleton dalam ukuran paling kecil.


Melansir Orange, Jumat (29/4), hasil karya sang seniman bernama Willard Wigan ini sungguh luar biasa. Patung yang ia ciptakan nyaris tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Pasalnya, ukuran patung yang ia buat lebih kecil dari lubang jarum.


 
Kasus Pengeroyokan Brigadir S Sinuhaji - Polisi Buru Lima Pelaku di Belawan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 30 April 2011   06:44)

Usai menangkap dua tersangka yang diduga kuat ikut mengeroyok Brigadir S Sinuhaji pada Rabu (20/4) lalu, pihak Poldasu kini memburu lima pelaku lainnya yang sudah masuk ke dalam Daftar Pen­carian Orang (DPO)
Kepala Bidang Humas Poldasu, AKBP Raden Heru Pra­koso menegaskan, dalam upaya membekuk kelima pelaku tersebut, pihak Poldasu kini konsentrasi di wilayah Belawan, karena disinyalir pelaku masih disana
“Setelah kita tangkap yang kemarin, sekarang Sudah ada Lima orang DPO kita, dan pencarian kita fokuskan ke wilayah Medan Utara, khusunya Bela­wan,” ucap Heru ketika ditemui Jurnal Medan, Jumat (29/4).


Namun Heru tak mau mengungkapkan identitas para pelaku, apakah berasal dari masyarakat sipil atau aparat keamanan. Ia juga belum bersedia mengungkapkan identitas dua tersangka yang sudah dibekuk, meskipun Kapoldasu Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro telah mengatakan bahwa salah seorang tersangka yang telah dibekuk tersebut merupakan anggotanya sendiri.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Golkar Sumut Dikhawatirkan Bergejolak
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 29 April 2011   07:02)

Pasca diberhentikannya se­men­tara Ketua Golkar Sumut, Syam­sul Arifin SE, dari jabatannya, dikhawatirkan partai politik berlambang Pohon Beringin ini, bergejolak.


“Kekhawatiran ada. Karena Syamsul didukung banyak pi­hak,” kata Sekretaris Golkar Su­mut, Hardi Muliono saat ditanya ke­takutan terhadap potensi terjadinya gejolak, kepada Jurnal Medan, Kamis (28/4).


 
Di Hadapan Ulama dan Kepala Daerah - SBY: Cegah Gerakan yang Menodai Agama
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 29 April 2011   07:01)

Gerakan kelompok orang yang menodai dan merusak aja­r­an agama telah meresahkan komponen bangsa Indonesia. Ter­­masuk Presiden Susilo Bam­bang Yudhoyono (SBY).


Presiden SBY pun berharap pemuka agama berperan aktif mencegah gerakan yang me-nodai dan merusak ajaran aga­ma. Bupati dan walikota juga di­minta turun tangan.


 
Marissa Nasution - Tak Keberatan Beradegan Syur
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 29 April 2011   06:01)

Artis Marissa Nasu­tion mengaku tak ber­masalah saat diminta un­tuk beradegan syur da­lam sebuah film. Dia ber­prinsip, hal itu hanya ba­gian dari cerita sebuah film dan bukan cerminan dirinya yang sesungguhnya. Dalam film terbarunya, “Cowok Bikin Pusing” Marissa memang menjalani adegan ranjang dengan pria bule. Dalam film komedi itu, ia berperan se­bagai Angela, kekasih dari Oka yang diperankan aktor Nino Fernandez.


Dalam adegan ranjang dengan pria bule itu, aktris berdarah campuran Jerman-Batak itu hanya mengenakan selimut ber­wana putih untuk me­nutupi bagian dadanya.


 
38 Tahun tak Pernah Turunkan Tangan Kanan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 29 April 2011   06:41)

Meski tubuhnya hanya tinggal tulang dan kulit, namun seorang kakek Sadhu bernama Amar Bharati selama 38 tahun tak pernah menurunkan tangan kanannya.


Melansir Oddity central, Kamis (28/4), pertapa suci asal India ini mengklaim terus mengangkat tangan kanannya ke atas sejak 1973. Ini ia lakukan untuk nazar bagi Dewa Shiwa dan tangan kanannya ini sekarang dianggap sebagai bukti kecintaannya pada sang Dewa.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
50 Persen Bocoran Jawaban UN Benar - Guru Bantu Murid Jawab Soal Ujian
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 28 April 2011   06:59)

Kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2011 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih ditemukan di sejumlah sekolah di Medan.

Bentuk kecurangan tersebut berupa pemberian jawaban soal UN kepada para peserta ujian. Dari liputan Jurnal Medan terungkap pengakuan beberapa peserta ujian di sejumlah sekolah di kawasan Jalan SM Raja dan Jalan Pelajar Medan.


 
Sheila Marcia - Dua hari Jelang Nikah Sibuk Cari Duit
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 28 April 2011   06:35)

Pernikahan Sheila Mar­cia dan Kiki Mirano tinggal menghitung jam. Tepatnya, tinggal dua hari lagi. Namun, Sheila masih sibuk syuting.


"Sekarang masih di Jakarta, masih syuting. Baru besok berangkatnya," ungkap kuasa hu­kum­­nya, Ferry Juan saat dihubungi detikhot me­lalui telepon, Rabu (27/4).


 
Bandara Paling Ekstrim Sedunia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 28 April 2011   06:35)

Di pulau Saint Martin terdapat sebuah bandara yang paling ekstrim di dunia. Bandara Internasional Princess Juliana ini terletak di Karibia, sekitar 300 km timur Puerto Rico.


Namun, sebagaimana diberitakan situs Oddee baru-baru ini, kepemilikan pulau ini dibagi dua antara Belanda dan Prancis. Seiring waktu berjalan, Belanda hampir menguasai keseluruhan pulau ini.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Gatot dan Rahudman Tinjau UN di Medan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 April 2011   06:26)

Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat 2011 di Sumut hingga hari kedua, Selasa (26/4) berjalan lancar, meski masih ada ditemukan kendala kekurangan naskah soal dan Lembar Jawaban Komputer (LJK).


Gatot Pudjo Nugroho di­dam­pingi Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Syaiful Syafri meninjau pelaksanaan di dua sekolah, yakni SMP Dharma Pertiwi dan SMP Negeri 2 Medan.


Hasil pantauan Jurnal Me­dan, Gatot hanya melihat siswa mengerjakan soal dari depan pintu ruangan dan memanggil pengawas keluar serta bebicara singkat di depan pintu ruangan ujian untuk mengetahui informasi tentang pengawasan.


 
Menyambut Hari Lembaga Pemasyarakatan di Medan - Uang Punya Kuasa hingga Olahraga Bersama
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 April 2011   06:20)

Hari ini, 27 April 2011, res­mi ditetapkan sebagai hari Lem­baga Pemasyarakatan di Indo­ne­sia. Di Medan, LP dan Rutan Tan­jung Gusta, menjadi tempat pem­­­binaan terhadap narapidana, anak didik pemasyarakatan, mau­pun tahanan yang dititipkan pi­hak kepolisian selama menjalani proses persidangan. Lalu, se­per­ti apa wajah LP dan Rutan Tan­jung Gusta saat ini.


 
Jupe Artis Terkenal, Hakim Beri Jadwal Khusus Sidang
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 April 2011   06:19)

Demi kelancaran persidangan kasus perseteruan artis Julia Perez (Jupe) dan Dewi Persik (Depe) Ketua Majelis Hakim Jesayas Tari­gan SH menyiapkan jadwal khusus untuk Jupe. Hal itu disampaikan Jesayas di tengah-tengah sidang perdana pelantun “Belah Duren” itu.


Kegiatan padat Jupe se­bagai artis menjadi alasan, ke­­napa sampai-sampai Ma­jelis Ha­kim bersedia me­nyiap­kan jadwal khusus un­tuknya.


"Karena melihat terdakwa adalah cukup terkenal maka kita akan siapkan jadwal khu­sus untuk persidangan, karena takut menghambat persidangan," tutur Jesa­yas Tari­gan di Pengadilan Ne­geri Ja­karta Timur, Selasa (26/4)


 
Lipan Raksasa di Galapagos
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 27 April 2011   06:19)

Di Kepulauan Galapagos terdapat satu spesies lipan terbesar sedunia. Panjang lipan Galapagos (Scolopendra Gala­pa­goen­sis) ini bisa mencapai 44-46 cm.


Disebabkan ukurannya yang besar, lipan ini bahkan mampu memangsa hewan yang besar juga. Menurut data, lipan Gala­pagos mampu menyerang tikus dan kelelawar dan bahkan pernah dijumpai hewan ini bertarung dengan seekor ular.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Pelantikan 35 Pejabat Eselon III Pemprovsu - Plt Gubsu Mengaku Ditawari Duit
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 April 2011   06:37)

Plt Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho mengaku dirinya ada ditawari sejumlah uang dalam menyusun dan menetapkan serta menempatkan pejabat di jajaran Pemprovsu. Ia tak merinci jumlahnya dan menolak tegas tawaran itu.

"Ya, ada yang berupaya memberi uang," kata Gatot ke­pada wartawan usai pelantikan 35 pejabat eselon III di jajaran Pem­prov Sumut di Medan, Senin.


 
Soal Keterbukaan Informasi Publik - Tunggu Panggilan Polisi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 April 2011   06:36)

Kabag Keuangan Pemko Medan Ahmad Sofyan mengaku hingga kini dirinya belum ada dipanggil oleh Kapoldasu terkait dirinya yang dilaporkan oleh sebuah lembaga atas dugaan tindak pidana pelanggaran pasal 52 Undang-Undang keterbukaan Informasi Publik No 14 tahun 2008. “Kita tunggu sajalah, la­gi­an jangan tanya saya soal itu, ta­nya ke Humas saja,” kata So­fyan yang ditemui wartawan di lantai II Balai Kota, Senin, (25/4).


 
Delapan Siswa UN di Penjara
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 April 2011   06:34)

Suasana lembaga pemasya­rakat (LP) Anak Kls IIA Jalan Pemasyarakatan Tj Gusta Me­dan sedikit berbeda dari hari bia­sanya. Sejumlah pejabat di Su­matera Utara menyempatkan waktunya ke lembaga tempat pembinaan bagi pelaku tindak pi­dana, Senin (25/4). Kunjungan sejumlah pejabat itu sebagai bentuk perhatian meninjau bagi 8 siswa yang sedang mengikuti Uji­an Nasional (UN) 2011. Me­reka terpaksa mengikuti UN di LP karena sedang menjalani pro­ses hukum. Ruangan perpusta­kaan Rumah Pintar LP Anak yang dijadikan lokasi ujian bagi 8 siswa itu berubah dan disusun de­ngan 8 kursi dan meja.


Pada pelaksanaan UN utama SMP dan ujian UN susulan SMA ini tampak dikunjungi Kepala Di­nas Pendidikan Sumut Drs Syaiful Syafri MM, Ketua panitia UN yang juga Kepala Bidang Pen­didikan Dasar dan Me­ne­ngah Drs Ilyas Sitorus MPD, ke­pala Dinas Pendidikan Kota Me­dan diwakili sekretaris panitia UN Zul Hamid. Selain itu juga Kakanwil Hukum dan HAM Bal­dwin S serta Kalapas Anak Ar­fan BCIP.


 
Agnes Hinoptis Remaja Medan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 April 2011   06:32)

Agnes Monica hipnotis re­maja Medan. Teriakan histeris remaja Medan menggema saat Agnes muncul dari belakang pang­gung. Agnes yang tampil ber­sahaja mengenakan kemeja putih di halaman KFC Titi Ku­ning Medan, Senin (25/4) pukul 17.00 WIB, dengan suara emasnya mampu memukau ratusan penggemarnya yang memadati areal parkir KFC Store Titi Kuning dan di sepanjang Jalan Tritura Medan.


Ditanya sejumlah fans dan pengunjung lainnya, tentang kapan akan merilis lagu di luar negeri, ia optimis sekaligus minta doa dari seluruh peng­ge­­mar, kiranya obsesinya ter­se­­but bisa terwujud dengan baik.


 
Pria Polandia Ingin Menikahi Lukisan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 April 2011   06:29)

Terpesona dengan wajah yang anggun di dalam sebuah lukisan, Tomasz Ury­nowicz (37) akhirnya jatuh cinta pada wanita dalam luki­san itu.


Oddity Central, Senin (25/4) menulis, pria asal Nowa Huta, Polandia ini jatuh hati pa­da sosok wanita berambut cokelat yang tengah memba-wa pakaian untuk dicuci. Di be­lakang wanita itu terdapat se­jumlah pakaian yang tengah di­gantung.


 
Gosip Kantor
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 26 April 2011   06:29)

KELAKUAN Inong Melinda, bankir Citibank, telah mengimbas turunnya kepercayaan nasa­bah terhadap bank. Efeknya, keper­cayaan terhadap bank lain juga menurun. Apalagi, gosip pun merebah.


Ini kisah ringan obrolan wa­rung kopi tentang gosip kantor. Sebut sa­ja dialami oleh Koh Aming, seorang bankir, yang me­mandang ba­ha­ya­nya gosip kantoran (office rumours).


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
PD Pasar Usulkan Kenaikan Retribusi 100 Persen - Pedagang Tradisional Medan Menjerit
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 April 2011   06:40)

Sebanyak 2.500 pedagang tradisonal yang tergabung dalam Per­satuan Pedagang Pasar Tra­disional Kota Medan (P3TM) me­ngeluhkan kinerja PD Pasar Kota Medan. Masalah itu dipicu pungutan retribusi yang dilakukan Pe­rusahaan Daerah (PD) Pasar te­rus berlanjut mulai uang keamanan, kebersihan, jaga malam dan retribusi kios. Padahal fasilitas semakin buruk dan pengunjung makin sepi.


“Siapa yang tidak menjerit kayak begini? Tiap hari kami ba­yar terus uang retribusi, padahal fasilitas tidak dibenahi, pengunjung makin sepi,” tandas Sekretaris P3TM Akiel, kepada Jurnal Medan, di Petisah Minggu, (24/4).


 
Gatot Perjuangkan Sumut Dapat Bagi Hasil Pajak CPO
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 April 2011   06:39)

Pemerintah Sumatera Uta­ra, kini sedang memperjuangkan bagi hasil pajak yang bersumber dari ekspor CPO. Pasalnya selama ini Sumut belum mendapat bagi hasil, padahal kontribusi CPO dari daerah ini cukup besar.


Besaran bagi hasil ini ditargetkan mencapai 25 persen. "Kontribusi ekspor CPO dari Sumut sangat tinggi," kata Plt Gubernur Su­ma­tera Utara, Gatot Pudjo Nugroho kemarin (23/4) di Kantor Gu­ber­nur Jalan Pa­ngeran Diponegoro.


 
Dari Kunjungan Mendiknas Muhammad Nuh - Beasiswa untuk Guru, Soroti Sertifikasi dan Tantangan Jurnal Medan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 April 2011   06:14)

Kehadiran Mendiknas di Jurnal Medan disambut hangat oleh Wakil Pemimpin Redaksi Is­van Wahyudi. Saat itu Men­dik-nas hadir bersama Direktur Pem­belajaran dan Kemaha­sis­wa-an Kemendiknas Dr Ila Sa-hila, Kepala Badan Pengemba­ngan Sumber Daya Manusia Pen­­­didikan dan Penjaminan Mu­­tu Pendidikan Kemendiknas Prof Syawal Gultom, Kepala Di­nas Pendidikan Sumut Syaiful Syafri, Kadisdik Medan Hasan Basri, Kepala Lembaga Pen­ja­mi­nan Mutu Pendidikan (LPMP) Su­mut Drs Bambang Winardji MPd.


Langsung ke pokok persoal­an. Mendiknas langsung me­nyo­roti soal sertifikasi dan ka­bar bea­siswa. Kementerian Pen­di­di­kan Nasional (Kemdiknas) akan memberikan beasiswa terhadap guru-guru yang belum berkualifikasi D4 atau S-1. Pemberian bea­siswa ini terkait dengan kon­­­disi sekitar 50 persen lebih guru yang belum memenuhi kom­­petensi D4 atau S1. Aki­batnya, guru bersertifikasi se­cara nasional masih 27 persen atau 729.000 orang dari total 2,7 juta jumlah guru, sehingga 1.971.000 lagi belum disertifikasi.


 
Bunga Bangkai Sumatera Mekar di Swiss
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 25 April 2011   06:14)

Bagi warga Sumatera ini merupakan suatu kebanggaan, sedangkan bagi para ahli botani ini adalah momen yang paling menarik. Betapa tidak, mereka harus menunggu 75 tahun untuk dapat menyaksikan mekarnya ‘Bunga Bangkai’ asal Sumtra ini.


Melansir Daily Mail, Minggu (24/4), bunga yang dikenal dengan nama Titan Arum ini mulai merekah pada Sabtu (23/4) di University of Basel, Swiss dan diprediksi akan terus mereka hingga Senin.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Soal Penanganan Korupsi di Sumut - FITRA Kecewa Kinerja Kajatisu
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 April 2011   10:36)

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) A K Basuni Masyarif mengaku belum menguasai detail kasus yang sedang ditangani di Kejatisu. Dia meminta agar keterangan dapat diperoleh melalui Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasipenkum) Kejatisu.

“Kalau mau meminta kete­ra­ngan, pada kasipenkum, saya belum mengetahui secara terperinci semua,” kata Kajatisu pa­da Jurnal Medan, Kamis (21/4).


 
Walikota Marahi Camat dan Lurah di Rumah Dinas
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 April 2011   10:35)

Walikota Medan Ra­hud­m­an Harahap mendadak me­ngumpulkan camat dan lurah di Pendopo Rumah Dinas Kamis, malam pukul 21.30 WIB. Sampai di rumah dinas mereka pun kena marah oleh yang mengundang. “Saya beri satu minggu, urus kantormu, urus lingkung­an­mu, awas, kalau sampai ma­cam-macam, kalau tidak, habis kalian kubuat. Jangan kalau saya buka HT,pura-pura buka HT kalian satu-satu, tapi kalau sa­ya matikan tidur kalian se­mua, seolah-olah kalian main-main kulihat,” kata.


 
Anjing Buta Dituntun Seekor Angsa
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 April 2011   10:30)

Seekor anjing boxer jantan yang dalam mengalami kebutaan akhirnya mendapatkan teman sejatinya. Namun, sang sahabat sejati itu bukanlah sesama anjing melainkan seekor angsa.


Sebelumnya, sebagaimana diberitakan Metro, Jumat (22/4), anjing yang diberinama Bak itu mengalami kesulitan untuk berjalan kesana kemari. Kondisi penglihatannya yang buta membuatnya sulit melangkah.


 
Rahudman
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 23 April 2011   10:29)

BEBERAPA hari lalu, seorang sahabat lama datang ke Jakarta. Sambil menikmati kopi Thiam di salah satu sudut pusat belanja, dia berbincang tentang ‘kasus Rahudman,’ Walikota Medan. Pan­jang lebar dia bicara, saya hanya mendengarkannya saja.


Dia terdiam beberapa saat, ketika saya bilang, “Jangan terburu-buru berkesimpulan tentang seseorang, apalagi pejabat negara.” Di jaman ketika proses konsolidasi demokrasi tengah berlangsung, seringkali kita cenderung mudah mengambil kesimpulan. Padahal, belum tentu kesimpulan itu benar.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
31 Tahun Terendam Banjir - Reses DPRD Medan Sia-sia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 April 2011   06:52)

Warga komplek wartawan khususnya di Jalan Karikatur dan Jalan Offset Baru mengeluhkan seringnya mereka terendam banjir.

“Sudah 31 tahun asal hujan deras, tergenanglah disini, mulai dari ujung jalan Karikatur sampai ke simpang jalan Offset baru ketinggian airnya semata kakilah, ” ungkap Sandoko (58) Ke­pa­la Lingkungan XII Kelurahan Glu­gur Darat II Kecamatan Me­dan Timur ketika ditemui Jurnal Medan di Jalan Karikatu, Rabu (20/4).


Anehnya ia mengatakan ke­marin saat Reses anggota DPRD Me­dan di Kecamatan Medan Ti­mur tidak ada program untuk mem­perbaiki drainase di kompleks wartawan. “Upaya permohonan sudah sampai ke kantor kota dan DPRD Medan Komisi D dengan mengumpulkan tanda tangan warga tapi kata mereka masih diusulkan pada hal itu disampaikan sekitar 5 tahun lalu, ” katanya. Ia khawatir pe­lak­sanaan reses anggota DPRD hanya formalitas dan sia-sia.


 
Mimpi Ketemu Pria Berjubah Putih - Malasari, Warga Sergai, Langsung Hamil Enam Bulan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 April 2011   06:49)

Pasangan Iswanto (43) dan Irianti (38) pusing tujuh keliling. War­ga Dusun XI, Bingkat, Peg­a­ja­han Sergai ini mengaku tak ta­hu harus berbuat apa lagi sejak mengetahui putri mereka, Mala Sari (16) hamil. Umur keha­mi­lan­nya bahkan sudah masuk bu­lan ke enam. Iswanto menga­takan pihak keluarga sudah me­ngajak Mala bicara dari hati ke hati soal peristiwa ini.


 
Hari ini, Seminar Nasional Pedagang Tradisional Digelar - Jurnal Medan Teken MoU dengan P3TSU
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 April 2011   06:47)

Hari ini, Kamis (21/4), Per­satuan Pedagang Pasar Tra­disional Sumatera Utara (P3T Su­mut) menandatangani Me­mo­randum Of Understanding (MoU) dengan Jurnal Medan se­bagai media penampung aspirasi pe­dagang.
Penegasan itu disampaikan H Harmon Habib kepada Jurnal Medan, Rabu (20/4) di sela-sela persiapan acara seminar Na­sio­nal Peluang dan Tantangan Ma­sa Depan Pasar Tradisional di Aula Martabe Lantai II Kantor Gubsu, Hari ini (21/4) mulai pu­kul 08.30 sampai 12.00 WIB.


Turut hadir dalam pertemu­an itu Wapemred Jurnal Me­dan, Isvan Wahyudi, Manajer Sir­ku­lasi Ferry Wahyudi, Redaktur Pe­laksana Pandapotan Silalahi dan Redaktur Ekonomi, Erwan Ilyas. Sedang H Harmon yang juga Ketua Panitia seminar di­dampingi Sekretaris Arwin Ha­rahap, MSI, Bendahara Tomy Ja­putra dan anggota diantaranya Ir. Indra Sastria, Sabda Karo-ka­ro, Basri, Drs Abdul Manan, Ely Usman Beny, Mhd. Bahtera Gin-ting, SE, Rakhmad Irwan Da­ma­nik, Bambang, Muhammad Iqbal dan Ir. Ezikel TP Sirait.


 
Perempuan itu Gigih, Tabah dan Smart - Sumiati, Kartini Penarik Betor dari Tanjungbalai
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 April 2011   06:37)

Problem eko­nomi selalu membuat manusia harus memutar otak, ti­dak peduli harus me­lawan kodratnya untuk memenuhi ke­pentingan keluarga. Ini yang dira­sa­kan Sumiati Pan­jaitan (45) warga Pa­sar Baru Sei Tua­lang Raso Tan­jung­­balai. "Saya te­lah me­narik betor sekitar se­tahun membantu suami karena pendapatannya tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarga," ujarnya ke­pada Jurnal Medan di ka­wasan Mesjid Raya Tanjung­balai.


Suamiati menuturkan bah­wa keluarganya harus menyewa be­tor, rumah serta kebutuhan lainnya, sedangkan pendapatan suaminya tidak cukup untuk kepentingan keluarga, sebab pen­dapatan menarik betor ha­nya sekitar Rp 50.000 seha­ri, untuk sewa betor sekitar Rp25.000, bensin Rp 10.000, untuk belanja Rp 15.000 katanya.


 
Julia Perez - Siap Lahir Batin Jalani Sidang Perdana
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 April 2011   06:34)

Julia Perez akan menjalani sidang perdana kasus perseteruan dengan Dewi Persik, Selasa (26/4) pekan depan. Jupe mengaku siap lahir batin untuk menjalani sidang tersebut. "Siap lahir batin saja, mau apa lagi. Saya serahkan semua ke Majelis Hakim saja," tuturnya saat dihubungi lewat ponselnya, Rabu (20/4).


 
Ikan Duyung Mirip Manusia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 21 April 2011   06:20)

Penemuan seekor ikan duyung menggegerkan warga Desa Garanta, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulu­kum­ba, Sulawesi Selatan. Pasalnya ikan betina itu berwajah seperti manusia.


Selain wajah, tingkahnya pun menurut si pemilik ikan ini, Jumaring terlihat aneh, seperti manusia. Ikan ini kerap malu-malu ketika warga menonton langsung dari jarak dekat di sebuah kolam. Layaknya manusia, jika sudah capek bermain Putri Duyung hanya bisa terkapar dengan posisi terlentang.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Soal Fasilitas di Pasar Petisah - Walikota Medan Pernah Tegur Petinggi PD Pasar
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 20 April 2011   06:56)

Perbaikan fasilitas, merupakan keinginan pedagang pa­sar tradisional sejak dulu. Men­dapat­kan kenyamanan tidak hanya bagi penjual tetapi juga konsumen yang datang berbelanja, adalah angan-angan bagi tiap pedagang yang berjualan di pasar tradisional.


Tujuannya, agar eksistensi pasar tradisional tidak kalah dengan pasar modern. Mes­­ki­­pun Walikota Rahud­man pernah menegur pe­tinggi PD Pasar soal in­fra­struktur di Pasar Peti­sah, namun nyata­nya per­baikan tak kunjung tiba. Unek-unek ini di­ke­mukakan se­jum­lah pe­dagang di Pasar Peti­sah manakala Jurnal Medan bertanya seputar harapan mereka dari pengelola pasar.


 
Sjafaruddin, Kadispenda Sumut - “Kocok Ulang Siap, Ditunjuk pun Siap”
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 20 April 2011   06:56)

Sjafaruddin, Kepala Dinas Pendapatan (Ka­dis­­penda) Sumut mengaku tidak mengetahui perkembangan pe­ne­tapan Sekda Provsu.


"Belum tahu kabar­nya, hilang di telan bu­mi," katanya seraya ber­seloroh di sela-sela temu pers Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2011 tentang pajak daerah Provsu. Pria yang sudah 30 tahun menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini mengaku tidak tahu perkembangan calon Sekda yang kini sudah berada di Tim Penilai Akhir (TPA).


 
UN Hari ke-2 di Sumut - Irjen Depdiknas Bilang Lancar, Faktanya Tersendat
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 20 April 2011   06:45)

Memasuki ujian nasional (UN) hari ke dua, Selasa (19/4), kekurangan naskah soal dan indikasi kecurangan masih juga terjadi di Sumatera Utara. Kon­disi itu jelas-jelas terpantau dua Inspektorat Jenderal (Irjen) Dep­diknas sudah diturunkan un­tuk mengawasi jalannya UN berikut 1.900 pengawas dari per­guruan tinggi.
Terbukti, pada saat pemantauan hari pertama, Senin (18/4) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jalan Pancing Medan, salah seorang Irjen, Joko menyebutkan, UN berlangsung lancar dan aman. Ironisnya, di sejumlah sekolah kekurangan naskah soal.


Kunjungan Irjen Dikdiknas memantau dan mengawasi pelaksanaan UN mendapat so­ro­tan dari pengamat sosial dari Universitas Negeri Medan (Uni­med) Prof Bungaran Siman­juntak. Menurutnya, kunjungan kedua pejabat teras dari pusat itu cuma “plesiran” dan me­nghambur-hamburkan uang rak­yat dengan dalih memantau UN. “Itu pura-puranya aja mantau. Sama halnya dengan menteri yang juga mantau ke sekolah pada saat UN, cuma sekedar pencitraan tanpa ada perubahan dari pantauannya,” ujarnya ke­pada Jurnal Medan menanggapi pelanggaran dalam UN, Selasa (19/4). Jika benar-benar mau mem­per­baiki pendidikan, men­teri atau pejabat itu sidak saat guru sedang me­ngajar dan jangan hanya untuk publikasi. Dengan demikian akan mengetahui proses pembelajaran ter­se­but.


 
Kate Middleton - Putri Kerajaan Tercantik ke-3 di Dunia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 20 April 2011   06:32)

Pernikahan Kate Mid­dleton dengan Pangeran William akan meno­bat­­kan dirinya sebagai Put­ri Kera­jaan Tercantik nomor tiga di dunia. Posisi ter­se­but berada satu tingkat di atas mendiang Putri Diana.


Menurut sebuah polling yang dilakukan BeautifulPeople.com, Kate berhasil me­ngum­pulkan 84 persen suara dari 127 ribu res­ponden. Ia berada satu tingkat di atas mendiang Putri Diana yang mengumpulkan 82 persen suara dan berada di posisi 4. Ratu Rania dari Yordania men­duduki urutan kedua se­ba­gai Putri Kerajaan Tercantik di dunia. Istri Raja Abdullah II itu berhasil mengumpulkan 90 persen suara. Sementara itu, Putri Grace Kelly dari Monaco menduduki peringkat teratas sebagai Putri Kerajaan Tercantik di dunia. Grace juga terkenal sebagai aktis yang masuk nominasi Academy Awards berkat aktingnya di film 'The Country Girl'.


 
Primata Berkumis Putih
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 20 April 2011   06:32)

Panjang hewan ini hanya berkisar 24 hingga 26 cm dengan berat tubuh sekitar 300 sampai 400 gram. Namun, ada sesuatu yang unik pada primata ini, ia memiliki kumis panjang bewarna putih.


Primata ini biasa dikenal dengan nama Emperor Tamarin (Saguinus imperator) jenis primata yang mulai punah. Umumnya warna bulu tamarin ini adalah abu-abu dengan bintik kuning di dadanya.


 
 

Harian Global - Membangun Paradigma Baru

   Jurnal Medan

 
Teknisi Garuda Tewas Tersambar Petir
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 April 2011   07:07)

Teknisi pesawat Garuda Indonesia, Trisno, tewas tersambar petir di depan anaknya saat berteduh menghindari hujan di depan Perumahan Rispa, Senin (18/4) Jalan Brigjend Katamso Medan.

Korban merupakan pen­duduk Perumahan Johor Indah I Blok IV Nomor 4 Medan itu ba­ru tiba dari Padang. Mengendarai se­peda motor, ia berboncengan de­­ngan anaknya yang sa­at itu men­jemputnya di Ban­dara Polo­nia Medan .


 
Kekurangan, Lembar Soal UN pun Difotokopi
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 April 2011   06:58)

Yayasan Pendidikan NU (Nah­dalatul Ulama) Jalan Ga­per­ta Ujung H Manaf Lubis Medan terlambat mendapatkan soal Ujian Nasional, Senin (18/4). Bu­kan hanya terlambat, setelah da­tang pun lembar soalnya pun kurang. Lalu pihak sekolah pun tin­dakan dengan memfotokopi soal ujian yang kurang tersebut dengan didampingi dua orang petugas Kepolisian dari Polsek Hel­vetia.


 
Perkara Korupsi APBD 2007 - KPK Periksa Pejabat, Wartawan dan Pimpinan Ormas di Siantar
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 April 2011   06:21)

Sejumlah pejabat pemerintah, pimpinan ormas dan panitia kegiatan keagamaan termasuk sejumlah wartawan diperiksa di aula Polres Pematangsiantar, Se­nin (18/4). Pantauan Jurnal Me­dan, tidak sembarang orang bisa masuk ke aula tempat pemeriksaan berlangsung. “Hanya yang di­panggil (KPK) saja yang bisa naik (ke lantai dua),” sebut petugas provost berpangkat Briptu yang minta namanya tak ditulis­kan kepada Jurnal.


Secara bergantian, sejumlah saksi mulai berkeluaran dari ru­angan pemeriksaan. Di an­ta­ra­nya, Marihot Situmorang, di tahun 2007 lalu menjabat Asis­ten III Sekretariat Pemko Pe­ma­tangsiantar. Saat ini Marihot men­jabat Staf Ahli Walikota Pe­ma­tangsiantar. Terlihat juga Plt Kepala Badan Linmas, Gunawan Purba.
Baik Marihot dan Gunawan, ke­duanya tidak mengaku kalau kehadiran mereka di Polres Pe­ma­tangsiantar untuk me­menuhi panggilan KPK. Marihot mengaku menemui AKP Robert Gultom. Sedangkan Gunawan Purba mengaku menemui Kapolres.


 
KD Ngaku Hamil 4 Bulan, Ata Lemos Tertawa
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 April 2011   06:23)

Belum satu bulan usia pernika­han­­nya dengan Raul Lemos, pe­nyanyi Krisdayanti mengaku kalau dirinya sedang hamil 4 bulan. Men­dengar kabar tersebut, mantan istri Raul, Ata Lemos tertawa. "Ya (saya dan Raul) cerainya kan Desember, berarti belum cerai tapi (KD) udah bunting duluan," ucap Ata seraya ter­tawa saat dihubungi detikhot, Se­­nin (18/4).


Ata mengaku tidak kaget saat mendengar usia kehamilan KD. Ia pun sudah tidak peduli dengan ke­hi­dupan pasangan yang menikah pada 20 Maret 2011 itu. "Logis aja sih, mereka kan belum nikah udah kumpul kebo. Kalau ke Timor kan ting­gal bersama, bisa aja bunting. Bagaimana mau kaget, orang sebelum nikah juga kumpul bersama, apa bedanya?" tuturnya santai.


 
Kesederhanaan
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 April 2011   06:14)

Oleh: N Syamsuddin Ch Haesy

MARI bicara kesederhanaan. Usai meluncurkan Jurnal Medan (29/3) lalu, mobil dinas Plt Gu­bernur Sumatera Utara (Gubsu) mo­gok. “Carikan taksi,” begitu pe­rintah Plt Gubsu Gatot Pujo­nugro­ho kepada stafnya. Karena tak patut, saya mohon dia untuk ber­kenan menggunakan kenda­raan yang disiapkan mendadak oleh Jurnal Medan.


Dari sikapnya, meski baru kenal, saya percaya Pak Gatot termasuk pejabat negara yang sederhana. Kesederhanaan itu nampak tak hanya pada penampilannya, me­lainkan pada simplisitasnya dalam berfikir untuk mengatasi masalah.


 
Perpustakaan Terkecil se Dunia
(Harian Global - Membangun Paradigma Baru, 19 April 2011   06:09)

Sejak tahun 1972, pria satu ini mulai mengumpulkan buku-buku berukuran mini. Hingga kini sudah 4.500 buku yang dikoleksinya dan semuanya dalam ukuran kecil termasuk rekor buku dan suratkabar terkecil sedunia.


Oddity Central, Senin (18/4) menulis, Jozsef Tari bisa berbangga hati sebab hasil jerih payahnya sebagai kolektor buku-buku kecil menjadikan koleksinya sebagai perpusatakan terkecil sedunia.